SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Sejarah Lagu Kebangsaan 'Indonesia Raya'!

Minggu, 17 Agustus 2014 11:13 by syaifan | 12984 hits
Ini Sejarah Lagu Kebangsaan 'Indonesia Raya'!
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Bagi sebuah bangsa dan negara, salah satu identitas kebangsaan yang wajib dimiliki adalah lagu kebangsaan. Tentu saja lagu kebangsaan ini wajib dimiliki sebagai sebuah representasi dari sisi artistik dan keindahan suatu bangsa.

Menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita yang tercinta, kamu pasti tahu betul lagu apa yang akan paling sering diputarkan selama bulan Agustus ini. Yap, adalah lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya! Tapi, bagaimana sejarah lagu kebangsaan kita ini ya, Dreamers?

Dilansir dari berbagai sumber, lagu Indonesia Raya ini pertama kali diciptakan dan diaransemen oleh Wage Rudolf Supratman. Kemudian, lagu tersebut pun pertama kali diperdengarkan di hadapan publik saat Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta.

Naskah dari lagu Indonesia Raya tersebut pun disebarluaskan melalui koran Sin Po pada November 1928. Di naskah tersebut, Wage Rudolf Supratman menggunakan tangga nada C dengan catatan tambahan 'Djangan Terlaloe Tjepat'.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Setelah itu, lagu Indonesia Raya pun selalu dinyanyikan di setiap pembukaan rapat-rapat dan pertemuan partai politik dan lembaga kenegaraan lainnya. Sampai pada akhirnya, lagu tersebut dinyanyikan pada saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Berikutnya, Indonesia Raya pun menjadi lagu yang wajib dinyanyikan pada setiap upacara bendera.

Pada tahun 1950, lagu Indonesia Raya akhirnya direkam untuk pertama kalinya oleh seorang musisi asal Belanda bernama Jos Cleber. Dengan sedikit revisi dan restu dari Presiden Soekarno, lagu Indonesia Raya direkam dengan iringan dari Philharmonic Orchestra di sebuah studio di Bandar Lampung.

Hiduplah Indonesia Raya~ (syf)

  • HOT !
    Menantu dari Hatta Rajasa, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Adara Taista meninggal dunia di Tokyo, Jepang pada 19 Mei lalu. Istri dari Rasyid Rajasa ini menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Moriyama Memorial Tokyo. Rasyid dan Adara baru menikah selama lima bulan....
  • HOT !
    Sisi kocak memang sudah melekat dari sosok Eunkwang BTOB. Tak heran, banyak orang yang dengan mudah tertawa saat melihat idola K pop yang satu ini. Namun, siapa sangka jika perawakannya yang kocak tersebut mampu menaikan rating sebuah reality show yang dibintanginya....
  • HOT !
    Sudah menjadi rahasia publik jika bisa saja tumbuh benih benih cinta diantara aktor dan aktris yang pernah menjalani satu proyek bersama, khususnya yang memakan waktu lama seperti drama maupun film. Kali ini giliran Kim Jae Wook dan Lee El yang dirumorkan berkencan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)