home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya, Drama Iris Menangkan Kasus Penjiplakan Yang Dituduhkan

Rabu, 14 Agustus 2013 12:00 by pearl | 2405 hits
Akhirnya, Drama Iris Menangkan Kasus Penjiplakan Yang Dituduhkan
dramawiki.com

DREAMERSRADIO.COM - Drama Iris yang terlibat kasus penjiplakan beberapa waktu lalu dengan seorang novelis akhirnya mencapai ujungnya.

Mr. Lee, sang novelis memperkarakan Taewon Entertainment sebagai rumah produksi Iris karena dianggap menyalin adegan yang ada didalam novelnya ke dalam beberapa adegan dalam drama. Ia pun menginginkan agar mereka stop mendistribusikan drama tersebut kemanapun.

Namun akhirnya Seoul Central District Court pun memutuskan untuk tidak menyetujui semua tuduhan Mr. Lee terhadap Taewon Entertainment pada 12 Agustus ini.

“Adegan yang dianggap menjiplak oleh Mr. Lee dari novel yang ia terbitkan tahun 2003 adalah sebuah ide abstrak yang juga tak dilindungi oleh hak cipta. Adegan tersebut melibatkan beberapa ekpresi yang tipikal dalam cerita mata-mata seperti ini dan juga mengenai Korea Utara/Selatan. Drama ini berbeda dari novel Mr. Lee dalam segi setting dan juga dialognya,”

Baca juga: Ji Sung dan Jeon Mi Do Unjuk Chemistry untuk Drama Baru SBS 'Connection'

Dilansir M Wave, Mr. Lee menganggap pihak produksi menjiplak karyanya yang sudah ia terbitkan jauh sebelum drama Iris dibuat. Namun kasus ini bukan kasus satu-satunya yang menimpa drama popular tahun 2010 ini dreamers!

Ditahun 2011 lalu, seorang penulis lainnya juga sempat memperkarakan masalah penjiplakan yang mirip dengan kasus ini ke pengadilan, namun pengadilan saat itu juga memutuskan kalau Taewon Entertainment tak bersalah.

Masalah mengenai penjiplakan cerita seperti ini sudah beberapa kali menimpa drama-drama popular korea. Beberapa waktu lalu juga drama SBS I Hear Your Voice juga sempat dianggap menjiplak sebuah cerita novel yang sudah lama terbit. Bagaimana menurut dreamers mengenai ini? (prl)

Komentar
  • HOT !
    Pada 18 April pukul 6 sore KST, RIIZE merilis Impossible bersama dengan video musiknya. Lagu ini merupakan single prolog sebelum perilisan mini album pertama RIIZING pada 29 April....
  • HOT !
    Kim Sae Ron baru baru ini dilaporkan akan tampil dalam drama teater ‘Dongchimi’, yang akan berlangsung di CTS Art Hall dari tanggal 3 hingga 12 Mei. Namun, menurut seorang pejabat, aktris tersebut tidak lagi menjadi bagian dari pemerannya....
  • HOT !
    Awal bulan ini, Zico dikabarkan akan merilis lagu yang berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK. Meski tidak secara detail dikonfirmasi agensi, dia memberikan bocoran melalui Instagramnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)