SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya, Drama Iris Menangkan Kasus Penjiplakan Yang Dituduhkan

Rabu, 14 Agustus 2013 12:00 by pearl | 2245 hits
Akhirnya, Drama Iris Menangkan Kasus Penjiplakan Yang Dituduhkan
dramawiki.com

DREAMERSRADIO.COM - Drama Iris yang terlibat kasus penjiplakan beberapa waktu lalu dengan seorang novelis akhirnya mencapai ujungnya.

Mr. Lee, sang novelis memperkarakan Taewon Entertainment sebagai rumah produksi Iris karena dianggap menyalin adegan yang ada didalam novelnya ke dalam beberapa adegan dalam drama. Ia pun menginginkan agar mereka stop mendistribusikan drama tersebut kemanapun.

Namun akhirnya Seoul Central District Court pun memutuskan untuk tidak menyetujui semua tuduhan Mr. Lee terhadap Taewon Entertainment pada 12 Agustus ini.

“Adegan yang dianggap menjiplak oleh Mr. Lee dari novel yang ia terbitkan tahun 2003 adalah sebuah ide abstrak yang juga tak dilindungi oleh hak cipta. Adegan tersebut melibatkan beberapa ekpresi yang tipikal dalam cerita mata-mata seperti ini dan juga mengenai Korea Utara/Selatan. Drama ini berbeda dari novel Mr. Lee dalam segi setting dan juga dialognya,”

Baca juga: 'Black Knight' Ep 1-4: Pertemuan Manis dan Konflik Reinkarnasi Masa Lalu di Masa Kini

Dilansir M Wave, Mr. Lee menganggap pihak produksi menjiplak karyanya yang sudah ia terbitkan jauh sebelum drama Iris dibuat. Namun kasus ini bukan kasus satu-satunya yang menimpa drama popular tahun 2010 ini dreamers!

Ditahun 2011 lalu, seorang penulis lainnya juga sempat memperkarakan masalah penjiplakan yang mirip dengan kasus ini ke pengadilan, namun pengadilan saat itu juga memutuskan kalau Taewon Entertainment tak bersalah.

Masalah mengenai penjiplakan cerita seperti ini sudah beberapa kali menimpa drama-drama popular korea. Beberapa waktu lalu juga drama SBS I Hear Your Voice juga sempat dianggap menjiplak sebuah cerita novel yang sudah lama terbit. Bagaimana menurut dreamers mengenai ini? (prl)

Komentar
  • HOT !
    Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 hari pertama akhirnya selesai digelar pada Sabtu (16/12) dini hari di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah satu penampil yang paling dinantikan Marshmello memukau partygoers melalui aksi panggungnya yang apik....
  • HOT !
    Terhitung memang hampir 3 tahun boy group ZE:A telah tak aktif melakukan promosi sebagai grup. Beberapa membernya pun diketahui telah memutuskan hengkang dari agensi yang membesarkan nama mereka, Star Empire Entertainment. Tak ayal, banyak dari netizen yang menganggap jika grup yang debut pada tahun 2010 ini telah bubar....
  • HOT !
    Penggemar Fall Out Boy dan BTS dikejutkan dengan proyek kolaborasi yang baru saja dirilis pada Jumat (15/12). Secara tiba tiba, band rock asal Amerika tersebut merilis lagu ‘Champion (Remix)’ yang berkolaborasi dengan leader BTS, RM....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)