home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Marvel Studio Akan Kehilangan Hak Cipta ’The Avengers’?

Sabtu, 28 Juni 2014 23:00 by Dits | 9407 hits
Duh, Marvel Studio Akan Kehilangan Hak Cipta ’The Avengers’?
www.comicvine.com

DREAMERSRADIO.COM - Marvel Studio dan studio besar lainnya dikabarkan terancam akan kehilangan hak cipta  ikon superhero seperti The Avengers, Spider-Man dan X-Men. Hal ini dikabarkan karena pihak ahli waris Jack Kirby menuntut hak cipta dari para karakter yang dimiliki studio tersebut dicabut.

Diketahui bahwa Jack Kirby adalah pencipta komik dari tokoh The Avengers, Spider-Man dan X-Men. Pada bulan Agustus 2013 lalu sebenarnya pihak Kirby pernah mengajukan tuntutan namun kalah dipengadilan 2nd Circuit Court of Appeals. 

Dilansir dari laman Digitalspy, ahli waris Kirby tidak bisa mencabut hak cipta Marvel terhadap karakter ikonik tersebut dikarenakan perkerjaan Kirby hanya sebagai pekerja paruh waktu, sehingga meski terlibat dalam pembuatan karakter namun dirinya tak punya hak sepenuhnya sebagai pemilik hak cipta.

Keputusan pengadilan membuat para komunitas penulis di Amerika marah, mereka merasa putusan tersebut menyalahi aturan, karya yang telah dibuat bisa saja tak diakui sebagai karya mereka. “Keputusan ini bisa membahayakan hak cipta penulis lainnya yang tergabung dalam Guild” ungkap perwakilan organisasi tersebut.

Baca juga: Disney Undur Perilisan Beberapa Film Marvel

Kini, sang ahli waris Jack Kirby pun mendapat dukungan dari organisasi perfilman seperti SAG (Screen Actors Guild), DGA (Directors Guild of America) dan WGA (Writers Guild of America). Bahkan Direksi Guild of America dan SAG-AFTRA mendesak Mahkamah Agung AS untuk pengajuan banding atas kasus tersebut.

Sampai saat ini pihak Marvel Studio belum memberi keterangan atas kasus yang diajukan pihak Kirby. Seperti diketahui bahwa Marvel Studio memegang hak cipta atas semua tokoh The Avengers. Sedangkan 20th Century Fox memiliki hak cipta untuk X-Men dan Fantastic Four, dan Sony Pictures untuk hak cipta Spider-Man.

Wah, semoga kasus ini cepat menemukan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak ya Dreamers 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)