SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Marvel Studio Akan Kehilangan Hak Cipta ’The Avengers’?

Sabtu, 28 Juni 2014 23:00 by Dits | 8717 hits
Duh, Marvel Studio Akan Kehilangan Hak Cipta ’The Avengers’?
www.comicvine.com

DREAMERSRADIO.COM - Marvel Studio dan studio besar lainnya dikabarkan terancam akan kehilangan hak cipta  ikon superhero seperti The Avengers, Spider-Man dan X-Men. Hal ini dikabarkan karena pihak ahli waris Jack Kirby menuntut hak cipta dari para karakter yang dimiliki studio tersebut dicabut.

Diketahui bahwa Jack Kirby adalah pencipta komik dari tokoh The Avengers, Spider-Man dan X-Men. Pada bulan Agustus 2013 lalu sebenarnya pihak Kirby pernah mengajukan tuntutan namun kalah dipengadilan 2nd Circuit Court of Appeals. 

Dilansir dari laman Digitalspy, ahli waris Kirby tidak bisa mencabut hak cipta Marvel terhadap karakter ikonik tersebut dikarenakan perkerjaan Kirby hanya sebagai pekerja paruh waktu, sehingga meski terlibat dalam pembuatan karakter namun dirinya tak punya hak sepenuhnya sebagai pemilik hak cipta.

Keputusan pengadilan membuat para komunitas penulis di Amerika marah, mereka merasa putusan tersebut menyalahi aturan, karya yang telah dibuat bisa saja tak diakui sebagai karya mereka. “Keputusan ini bisa membahayakan hak cipta penulis lainnya yang tergabung dalam Guild” ungkap perwakilan organisasi tersebut.

Baca juga: Putri Pencipta Spider-Man Kecam Disney dan Marvel, Mengapa?

Kini, sang ahli waris Jack Kirby pun mendapat dukungan dari organisasi perfilman seperti SAG (Screen Actors Guild), DGA (Directors Guild of America) dan WGA (Writers Guild of America). Bahkan Direksi Guild of America dan SAG-AFTRA mendesak Mahkamah Agung AS untuk pengajuan banding atas kasus tersebut.

Sampai saat ini pihak Marvel Studio belum memberi keterangan atas kasus yang diajukan pihak Kirby. Seperti diketahui bahwa Marvel Studio memegang hak cipta atas semua tokoh The Avengers. Sedangkan 20th Century Fox memiliki hak cipta untuk X-Men dan Fantastic Four, dan Sony Pictures untuk hak cipta Spider-Man.

Wah, semoga kasus ini cepat menemukan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak ya Dreamers 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini K Fans dari girl group ITZY menyadari sebuah hal yang yang membuat mereka kesal. Pasalnya, nama salah satu member ITZY, yakni Chaeryoung tidak muncul di list teratas pencarian dengan kata kunci ‘ITZY’....
  • HOT !
    Selama 25 tahun hidup, Sulli meninggalkan kenangan manis di hati para sahabatnya, termasuk IU. Pelantun lagu Through the Night itu diketahui berada di rumah duka Sulli sampai seluruh proses pemakaman selesai....
  • HOT !
    Girl group asuhan YG Entertainment, BLACKPINK kembali menuai prestasi Internasional. Grup yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa tersebut berhasil membawa pulang empat penghargaan di BREAKTUDO Awards 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)