home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Grafik Desainer Swedia Tuduh SM Entertainment Plagiat Karyanya untuk Teaser EXO

Kamis, 15 Januari 2015 10:43 by citra09 | 6406 hits
Grafik Desainer Swedia Tuduh SM Entertainment Plagiat Karyanya untuk Teaser EXO
Image source: dkpopnews

DREAMERSRADIO.COM - SM Entertainment akhir-akhir ini sepertinya cukup sering berurusan dengan negara Swedia, yang sayangnya terkait hal yang kurang menyenangkan. Setelah beberapa waktu lalu salah satu boyband Swedia yaitu The Fooo Conspiracy dituduh meniru koreografi EXO, kini justru hal sebaliknya yang terjadi.

Kali ini giliran SM Entertainment yang dituduh melakukan plagiat teaser video untuk comeback EXO yang sebelumnya pernah ditayangkan di MAMA 2014. Dilansir Soompi, tuduhan ini dilayangkan oleh seorang grafik desainer asal Swedia yang menganggap grafik dalam teaser EXO tersebut adalah karyanya dan dua rekannya yang telah digunakan oleh SM tanpa izin.

Grafik desainer bernama Erik Soderberg tersebut pun semakin menguatkan bukti plagiat tersebut dengan mengunggah sebuah postingan di akun Tumblrnya, yaitu berupa perbandingan video teaser EXO dan grafik karyanya.


Image source: Soompi

Sebelumnya, postingan tersebut awalnya diunggah oleh pengguna tumblr bernama ‘orisonofkyungsoo’, di mana postingannya juga berisi perbandingan antara grafik teaser EXO dan grafik karya Erik Soderberg dan dua rekannya, yaitu Carlo Vega dan Alexander Nusic.

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

“Tolong lihatlah bahwa beberapa seni grafik bergerak dalam video ‘EXO 2015 Coming Soon’ digunakan tanpa izin dari seniman aslinya. Gambar di sebelah kanan adalah dari video EXO, dan di kolom sebelah kiri adalah dari seniman aslinya,” tulis ‘orisonofkyungsoo’ dalam postingannya.

Video teaser EXO tersebut pun sempat terhapus karena disebut sebagai pelanggaran hak cipta, sebelum akhirnya diuggah ulang ke YouTube. Gimana menurutmu, Dreamers?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)