SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Grafik Desainer Swedia Tuduh SM Entertainment Plagiat Karyanya untuk Teaser EXO

Kamis, 15 Januari 2015 10:43 by citra09 | 5918 hits
Grafik Desainer Swedia Tuduh SM Entertainment Plagiat Karyanya untuk Teaser EXO
Image source: dkpopnews

DREAMERSRADIO.COM - SM Entertainment akhir-akhir ini sepertinya cukup sering berurusan dengan negara Swedia, yang sayangnya terkait hal yang kurang menyenangkan. Setelah beberapa waktu lalu salah satu boyband Swedia yaitu The Fooo Conspiracy dituduh meniru koreografi EXO, kini justru hal sebaliknya yang terjadi.

Kali ini giliran SM Entertainment yang dituduh melakukan plagiat teaser video untuk comeback EXO yang sebelumnya pernah ditayangkan di MAMA 2014. Dilansir Soompi, tuduhan ini dilayangkan oleh seorang grafik desainer asal Swedia yang menganggap grafik dalam teaser EXO tersebut adalah karyanya dan dua rekannya yang telah digunakan oleh SM tanpa izin.

Grafik desainer bernama Erik Soderberg tersebut pun semakin menguatkan bukti plagiat tersebut dengan mengunggah sebuah postingan di akun Tumblrnya, yaitu berupa perbandingan video teaser EXO dan grafik karyanya.


Image source: Soompi

Sebelumnya, postingan tersebut awalnya diunggah oleh pengguna tumblr bernama ‘orisonofkyungsoo’, di mana postingannya juga berisi perbandingan antara grafik teaser EXO dan grafik karya Erik Soderberg dan dua rekannya, yaitu Carlo Vega dan Alexander Nusic.

Baca juga: Ini Tiga Dancer Terbaik di SM Entertainment Pilihan Taemin SHINee, Setuju?

“Tolong lihatlah bahwa beberapa seni grafik bergerak dalam video ‘EXO 2015 Coming Soon’ digunakan tanpa izin dari seniman aslinya. Gambar di sebelah kanan adalah dari video EXO, dan di kolom sebelah kiri adalah dari seniman aslinya,” tulis ‘orisonofkyungsoo’ dalam postingannya.

Video teaser EXO tersebut pun sempat terhapus karena disebut sebagai pelanggaran hak cipta, sebelum akhirnya diuggah ulang ke YouTube. Gimana menurutmu, Dreamers?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Pertemanan Gigi Hadid dan Taylor Swift memang sudah terjalin sejak lama. Namun belakangan keduanya memang jarang bertemu karena kesibukan masing masing. Gigi disibukkan dengan kegiatan di dunia fashion, sementara Swift sibuk dengan album barunya....
  • HOT !
    Sudah cukup lama dinantikan usai hiatus arena wajib militer, Lee Seung Gi akhirnya siap kembali menghiasi layar kaca lewat drama maupun program variety terbaru. Hal ini ternyata sudah menjadi ambisinya sejak menyelesaikan wajib militer....
  • HOT !
    Digelar meriah pada 2 Desember lalu, ajang penghargaan MelOn Music Awards 2017 telah memberikan banyak penghargaan, termasuk Global Artist Award yang kembali dihadirkan setelah empat tahun tak ada artis yang layak menerimanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)