SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Album Taylor Swift Ternyata Jauh Lebih 'Keras' Ketimbang Metallica!

Selasa, 28 April 2015 18:18 by syaifan | 1616 hits
Wah, Album Taylor Swift Ternyata Jauh Lebih 'Keras' Ketimbang Metallica!
Image source: nydailynews

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah riset baru-baru ini menemukan bahwa musik yang dibawakan Taylor Swift dalam album ‘1989’ ternyata jauh lebih keras ketimbang album ‘Death Magnetic’ milik Metallica. Percaya atau tidak, itulah kenyataannya.

Mungkin agak sedikit membingungkan karena secara musik, Metallica jelas-jelas memainkan musik metal yang sarat distorsi dan kebisingan, sedangkan Taylor Swift menyanyikan lagu-lagu pop yang ceria atau kerap menampilkan instrumen akustik seperti gitar dan piano.

Dilaporkan Sydney Morning Herald, alasan musik Taylor Swift lebih keras ketimbang Metallica adalah secara kualitas album rekaman yang mengalami pengompresan atau penurunan Dynamic Range saat proses produksi.

Ian Shepherd, seorang penulis dan ahli tata suara asal Inggris adalah orang yang pertama kali menemukan hal ini beberapa waktu lalu. Risetnya menyebutkan, semakin kecil Dynamic Range atau disingkat DR sebuah album musik akan semakin sedikit berkurang kualitas musik yang ditampilkan.


Album '1989' Taylor Swift dan 'Death Magnetic' milik Metallica. (dreamersradio.com)

Baca juga: Gigi Hadid Dikritik Gara-gara Tak Ucapkan Ultah untuk Taylor Swift

Untuk album ‘1989’ milik Taylor Swift, hanya dikompres hingga tingkat DR 6. Jauh lebih baik ketimbang album ‘Death Magnetic’ Metallica yang dikompres hingga DR 3 sehingga kualitas suaranya tidak keluar maksimal.

Beberapa album musik yang rilis belakangan ini juga masih ada yang mengalami hal tersebut, namun album Taylor adalah salah satu yang cukup baik dan tinggi kualitas teknis musiknya. Beberapa album lain yang juga dianggap baik kualitas suaranya menurut Ian adalah ‘Random Access Memories’ dari Daft Punk dan ‘Lazaretto’ dari Jack White.

Meskipun begitu, bukan berarti kualitas suara rekaman Metallica buruk. Jauh sebelum era digital, band-band macam Metallica bahkan memiliki kualitas album rekaman yang jauh lebih baik seperti saat ini karena tidak dikompres terlalu banyak dan hadir DR 11.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Nama Abirama sebagai seorang musisi mungkin belum dikenal luas masyarakat. Hal ini maklum karena usia kariernya di industri musik tanah air yang baru memasuki usia 4 bulan. Namun siapa sangka musisi pendatang baru ini ternyata sempat belajar dari musisi dan produser senior David Foster....
  • HOT !
    Tidak terasa sebentar lagi tahun 2017 akan berakhir. Festival musik K Pop ‘SBS Gayo Daejun 2017’ pun sudah siap diselenggarakan, dan tentunya akan menyuguhkan penampilan apik dari sederet idola K Pop hingga tidak ketinggalan kolaborasi spesial....
  • HOT !
    Kerinduan fans untuk melihat Lay bersama member EXO lainnya sedikit terobati. Karena setelah cukup lama, satu satunya member EXO asal Tiongkok ini membagikan momen reuni kecil kecilan bersama Chen, Baekhyun, dan Xiumin....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)