SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu 'I' Taeyeon SNSD Dituduh Plagiarisme, Ini Kata Sang Pengarang

Jumat, 30 Oktober 2015 13:02 by citra09 | 3482 hits
Lagu 'I' Taeyeon SNSD Dituduh Plagiarisme, Ini Kata Sang Pengarang
Image source: Mnet

DREAMERSRADIO.COM - Kontroversi plagiarisme kembali muncul di industri K-Pop. Kali ini, kontroversi tersebut melibatkan lagu debut solo member SNSD, Taeyeon yang berjudul ‘I’. Dilaporkan Allkpop, lagu tersebut disebut-sebut mirip dengan sebuah lagu india.

Kontroversi ini muncul setelah seorang netizen menulis postingan berjudul ‘Apakah lagu ‘I’ Taeyeon hasil plagiat? Ada lagu yang terdengar mirip,’ di forum komunitas online. Dalam postingannya, netizen tersebut menjelaskan bahwa lagu ‘I’ mirip dengan lagu India berjudul ‘Vaadi Pulla Vaadi’.

“Itu adalah lagu dari penyanyi India dan terdengar sama (dengan lagu ‘I’) dari awal. Lagu (‘Vaadi Pulla Vaadi’) tersebut dirilis pada Agustus 2014 oleh Tamizha. Meskipun lirik berbahasa India terdengar memusingkan, tapi kau bisa mendengar bahwa lagu latarnya sama. Lagu ini dirilis lebih dulu dari lagu Taeyeon,” tulis netizen tersebut, dikutip Allkpop.

Menanggapi kontroversi dan tuduhan tersebut, pengarang lagu ‘I’, yaitu Myah Marie pun akhirnya angkat bicara yang tertera pada kolom komentar di postingan tersebut. Dalam pernyataannya, Myah Marie mengungkapkan bahwa melodi tersebut tak memiliki hak cipta dan bebas digunakan siapapun, serta menegaskan bahwa lagu ‘I’ telah ditulis sejak tahun 2012.

Baca juga: Semarak Akhir Tahun, Deretan Idola K-Pop Ini Siapkan Comeback Spesial di Desember 2017!

“Aku pengarang lagu itu dan tak ada apapun yang diplagiat. (Mungkin) yang kalian maksud adalah melodi gitarnya yang bebas hak cipta yang bebas digunakan siapapun. Tolong pelajari musik lebih mendalam sebelum menyebarkan rumor seperti ini. Terima kasih dan selamat menikmati lagunya,” tulis Myah Marie.

Beberapa netizen juga mengungkapkan bahwa kesamaan melodi tersebut bisa saja terjadi karena memang SM telah membelinya secara legal, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Tak heran jika fans memang sering menemukan kemiripan lagu artis SM dengan musisi luar negeri.

Simak lagu India yang disebut-sebut mirip dengan lagu ‘I’ Taeyeon berikut ini: 

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Satu lagi musisi internasional yang siap menyapa penggemar musik Tanah Air. Yup, The Chainsmokers dipastikan menggelar konser di Jakarta untuk pertama kalinya. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh promotor Townsquare Entertainment dan Third Eye Management (TEM)....
  • HOT !
    Sejak resmi menikah pada 31 Oktober 2017 kemarin dna pulang bulan madu, jarang terlihat kebersamaan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dihadapan publik. Baru baru ini mereka akhirnya muncul saat sedang melakukan kencan romantis dengan menonton konser....
  • HOT !
    Ajang penghargaan musik bergengsi yang rutin digelar setiap tahun, ‘32nd Golden Disc Awards’ akan segera digelar pada 10 11 Januari 2018 mendatang. Baru baru ini, tim penyelenggara mengumumkan sederet musisi dan idola K Pop yang masuk ke nominasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)