SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu 'I' Taeyeon SNSD Dituduh Plagiarisme, Ini Kata Sang Pengarang

Jumat, 30 Oktober 2015 13:02 by citra09 | 3530 hits
Lagu 'I' Taeyeon SNSD Dituduh Plagiarisme, Ini Kata Sang Pengarang
Image source: Mnet

DREAMERSRADIO.COM - Kontroversi plagiarisme kembali muncul di industri K-Pop. Kali ini, kontroversi tersebut melibatkan lagu debut solo member SNSD, Taeyeon yang berjudul ‘I’. Dilaporkan Allkpop, lagu tersebut disebut-sebut mirip dengan sebuah lagu india.

Kontroversi ini muncul setelah seorang netizen menulis postingan berjudul ‘Apakah lagu ‘I’ Taeyeon hasil plagiat? Ada lagu yang terdengar mirip,’ di forum komunitas online. Dalam postingannya, netizen tersebut menjelaskan bahwa lagu ‘I’ mirip dengan lagu India berjudul ‘Vaadi Pulla Vaadi’.

“Itu adalah lagu dari penyanyi India dan terdengar sama (dengan lagu ‘I’) dari awal. Lagu (‘Vaadi Pulla Vaadi’) tersebut dirilis pada Agustus 2014 oleh Tamizha. Meskipun lirik berbahasa India terdengar memusingkan, tapi kau bisa mendengar bahwa lagu latarnya sama. Lagu ini dirilis lebih dulu dari lagu Taeyeon,” tulis netizen tersebut, dikutip Allkpop.

Menanggapi kontroversi dan tuduhan tersebut, pengarang lagu ‘I’, yaitu Myah Marie pun akhirnya angkat bicara yang tertera pada kolom komentar di postingan tersebut. Dalam pernyataannya, Myah Marie mengungkapkan bahwa melodi tersebut tak memiliki hak cipta dan bebas digunakan siapapun, serta menegaskan bahwa lagu ‘I’ telah ditulis sejak tahun 2012.

Baca juga: 4 Bulan Berlalu, Taeyeon Tinggalkan Pesan Haru di Instagram Mendiang Jonghyun SHINee

“Aku pengarang lagu itu dan tak ada apapun yang diplagiat. (Mungkin) yang kalian maksud adalah melodi gitarnya yang bebas hak cipta yang bebas digunakan siapapun. Tolong pelajari musik lebih mendalam sebelum menyebarkan rumor seperti ini. Terima kasih dan selamat menikmati lagunya,” tulis Myah Marie.

Beberapa netizen juga mengungkapkan bahwa kesamaan melodi tersebut bisa saja terjadi karena memang SM telah membelinya secara legal, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Tak heran jika fans memang sering menemukan kemiripan lagu artis SM dengan musisi luar negeri.

Simak lagu India yang disebut-sebut mirip dengan lagu ‘I’ Taeyeon berikut ini: 

(ctr)

  • HOT !
    Kabar duka datang dari keluarga mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini kehilangan sang menantu, Adara Taista yang dikabarkan meninggal dunia di Tokyo, Jepang....
  • HOT !
    Member termuda alias maknae BTS, Jungkook baru baru ini membuat fans antusias dengan pernyataannya yang mengatakan bahwa ia akan menjadi member di grup selanjutnya yang membuat mixtape!...
  • HOT !
     Isu pelecehan seksual di Korea Selatan kembali memanas lantaran baru baru ini ada Youtuber cantik yang menjadi salah satu korban. Mendengar hal ini, publik semakin geram tak terkecuali Suzy....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)