SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kembali Dicap Rasis, Peraih Oscar dan Istri Will Smith Ancam Boikot Gelaran ‘The Academy Awards’

Kamis, 21 Januari 2016 17:02 by reinasoebisono | 2030 hits
Kembali Dicap Rasis, Peraih Oscar dan Istri Will Smith Ancam Boikot Gelaran ‘The Academy Awards’
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Isu rasisme kembali memanas di dunia perfilman dunia menyusul perilisan daftar nominasi piala Oscar 2016. Gelaran paling bergengsi, The Academy Awards ke-88 membuat beberapa aktor dan aktris kulit hitam angkat bicara.

Sama seperti tahun lalu, tidak ada satupun aktor atau aktris berkulit hitam yang masuk nominasi Oscars tahun ini. Peraih Oscar kategori Aktris Pendukung Terbaik tahun 2014, Lupita Nyong’o mengungkapkan rasa kecewanya dan menyatakan jika ia bersama para sahabat yang menginginkan perubahan.

“Aku kecewa dengan minimnya perbedaan dalam nominasi Academy Awards tahun ini. Hal ini membuatku tanpa sadar berprasangka dan mempertanyakan di mana kehormatan budaya kita,” tulis Lupita di akun Instagramnya.


Lupita Nyong'o dan Jada Pinkett Smith (popsugar, vogue)

Senada dengan Lupita, aktris yang juga istri dari Will Smith, Jada Pinkett Smith mengkonfirmasi ketidakhadirannya di gelaran Oscar dan mengancam akan memboikot acara yang dianggap rasis tersebut. Ibu dari Jaden Smith itu menantikan perubahan di Oscar-Oscar selanjutnya.

Banyak yang mempertanyakan keputusan The Academy dalam penilaiannya tahun ini dan berasumsi sudah cukup menghadirkan MC berkulit hitam, Chris Rock untuk menunjukkan perbedaan. Aktor Spike Lee dan musisi Snoop Dogg juga mengungkapkan kekesalan yang sama.

Baca juga: Mantan Seleb Korea Ini Ungkap Pengalaman Rasisme yang Diterima di Jepang

“Persetan dengan Oscars. Semua film bagus dan semua sampah menakjubkan ini terus dicuri dari kita.. F you!” tulis Snoop Dogg.


Snoop Dogg, Chris Rock, Whoopi Goldberg (digitalspy, variety, justjared)

Sementara itu, musisi kulit hitam lainnya, 50 Cent memohon host Chris Rock untuk hengkang dari MC Oscars sebagai bentuk solidaritas. Namun aktris Whoopi Goldberg menentang pemboikotan semacam itu karena dinilai sama buruknya dengan orang-orang pendiskriminasi tersebut.

Isu rasisme dan diskriminasi terhadap artis kulit hitam memang selalu terjadi setiap tahun di ajang penghargaan film dunia. Sikap whitewashed yang meninggikan sosok kulit putih selalu menarik respon negatif dari berbagai kalangan. Namun belum ada tanggapan dari pihak Academy Awards sendiri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Berjarak cukup lama dari perilisan album sebelumnya di bulan April 2017 kemarin, Taeyeon akhirnya comeback dengan meluncurkan album spesial bulan Desember untuk menyambut hari raya natal yang bertajuk ‘This Christmas – Winter is Coming’ pada Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Menyusul Lay EXO yang dikonfirmasi jadi MC dalam program survival ‘Model Idol Trainee’, belum lama ini beberapa idola K Pop yang berasal dari Tiongkok juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut sebagai mentornya....
  • HOT !
    Keluarga kecil Titi Kamal dan Christian Sugiono semakin ramai dengan kehadiran anak laki laki kedua yang dilahirkan Titi lewat persalinan cesar di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta selatan, pada 5 Desember kemarin. Buah hati keduanya pun diberi nama Kai Attar Sugiono....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)