SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pelanggaran Hak Cipta, CNBLUE Kena Denda Hingga 170 Juta

Kamis, 04 Februari 2016 15:02 by citra09 | 3277 hits
Pelanggaran Hak Cipta, CNBLUE Kena Denda Hingga 170 Juta
Image source: The Class

DREAMERS.ID - Konflik antara CNBLUE dan band indie Crying Nut terkait pelanggaran hak cipta yang dimulai tahun 2013 lalu kini mencapai titik temu. Setelah bergulir cukup lama, CNBLUE kini dinyatakan bersalah dan dimintai denda hingga 15 juta won atau sekitar Rp 170 juta.

CNBLUE dinyatakan bersalah setelah diketahui membawakan lagu milik Crying Nut yang berjudul ‘Deadlu Offside’, yaitu lagu resmi Piala Dunia 2002 tanpa izin. Pada 3 Februari, jaksa penuntut dari Pengadilan Pusat Seoul meminta agensi CNBLUE, FNC Entertainment untuk membayar 15 juta won atas kerugian yang diterima Crying Nut.

“Dalam siaran televisi, CNBLUE mengambil lagu Crying Nut tanpa izin dan menggunakan instrument yang telah dibuat Crying Nut, kemudian berpura-pura menyanyikan lagu tersebut. Ini jelas adalah sebuah pelanggaran hak cipta,” ungkap jaksa penuntut, dikutip Soompi.

Ia menambahkan, “Itu bahkan bukan sebuah penampilan live, tetapi penampilan yang direkam. CNBLUE mengklaim bahwa itu bukanlah pelanggaran hak cipta karena masalahnya terdapat pada perusahaan penyiaran yang telah menyiapkan semuanya. Tetapi tetap saja itu adalah tindakan yang lalai dan disengaja,” lanjutnya lagi.

Baca juga: Persaingan Super Ketat, Berikut Daftar Nominasi Mnet 'MAMA 2017'! (Part 1)

Kasus ini bermula di awal tahun 2013 lalu saat Crying Nut mengajukan gugatan hukum pelanggaran hak cipta melawan CNBLUE, yang diketahui menggunakan lagu mereka tanpa izin dan mengambil keuntungan dengan memasukan penampilan tersebut menjadi DVD.

Saat itu, Crying Nut menuturkan, “Kami memberikan izin CNBLUE menggunakan lagu kami karena mereka mengatakan akan menyanyikannya dengan cara mereka sendiri. Tapi mereka melakukan lip-sync dengan menggunakan lagu yang sama. Terlebih lagi, mereka memasukan penampilan itu ke dalam DVD dan menjualnya di Jepang. Kami kaget melihat bahwa DVD itu diperjual belikan.”

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Disamping kesibukkannya menjalani pekerjaan sebagai idola K Pop, namun mereka tidak lupa menyisihkan waktu untuk melakukan kebaikan lewat gerakan sosial. Seperti para member grup dan solois ini yang menggalakkan kampanye adopsi....
  • HOT !
    Boy group BTS dikabarkan telah pindah ke hunian baru pada awal bulan Desember ini. Dalam sebuah laporan, grup beranggotakan tujuh member tersebut saat ini tinggal di Hannam The Hill, komplek apartemen mewah di Yongsan gu, Seoul, Korea Selatan....
  • HOT !
    Seungri baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 27 tahun internasional, dan 28 tahun umur Korea Selatan, pada Selasa (12/12). Sebelum itu, ia sudah lebih dahulu menggelar pesta meriah di sebuah pulau dan dilanjutkan dengan aksi sosial....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)