SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Lulus Sensor, Film Tentang Indonesia Ini Berhasil Masuk Nominasi Oscar 2016

Kamis, 03 Maret 2016 23:00 by reinasoebisono | 2872 hits
Tidak Lulus Sensor, Film Tentang Indonesia Ini Berhasil Masuk Nominasi Oscar 2016
Image source: Youtube

DREAMERS.ID - Untuk 2 tahun berturut-turut film yang bercerita tentang Indonesia masuk nominasi Oscar. Memang bukan nominasi utama, tapi kategori Film Dokumenter merupakan satu kategori yang bergengsi karena sarat dengan film-film ‘kenyataan’ dan memberikan banyak pesan mendalam.

Di Oscar 2016 kemarin, satu film Indonesia tidak terkena euforia termasuk di dalam negeri sendiri. Karena bukan film pendek, ‘The Look of Silence’ atau ‘Senyap’ berhasil masuk dalam nominasi piala Oscar untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

‘Senyap’ bercerita tentang perjalanan seorang anggota keluarga korban pembantaian tertuduh Komunis tahun 1960-an di Sumatera Utara, ia bernama Adi Rukun dan berusaha menemui para pembunuh kakaknya.

Sayangnya, selain tidak memenangkan piala Oscar, film ini juga tidak lulus sensor di Indonesia. Pengajar Universitas Bina Nusantara yang juga kritikus film, Windu Jusuf mengatakan jika nominasi Oscar itu tidak terlalu penting karena hanya bersifat promosional, yang penting adalah keberhasilan film ‘Senyap’ dalam memperluas pembicaraan tentang peristiwa tahun 1965 di Indonesia.

Karena itu, ‘Senyap’ hanya disiarkan secara terbatas di Indonesia dan tidak diloloskan oleh Lembaga Sensor Film karena dikhawatirkan akan memicu konflik yang luas. Tahun lalu, sutradara ‘Senyap’, Joshua Oppenheimer juga mengukuhkan filmnya ‘Jagal’ atau ‘The Act of Killing’ di kategori Oscar yang sama.

Film ‘Jagal’ lebih menuturkan pembunuhan massal yang terjadi di Indonesia pada tahun 1965. Namun sayangnya lagi, film ini tidak berhasil mengalahkan pesaingnya dalam membawa pulang piala manusia emas.

(rei)

  • HOT !
    Park Hyungsik semakin mendalami aktingnya, dan kini ia sedang membintangi drama terbaru KBS ‘Suits’. Drama ini menjadi proyek akting keduanya setelah bergabung di agensi baru. Song Hye Kyo sebagai senior seagensi pun memberikan dukungan pada junior barunya itu....
  • HOT !
    Tidak semua niat baik memberikan dampak yang baik, seperti yang baru baru ini menimpa Suzy eks member miss A. Saat ia memberikan dukungan untuk Youtuber cantik yang menjadi korban pelecehan seksual, ternyata justru membuatnya bisa mendapatkan tuntutan hukum....
  • HOT !
    Selebgram Awkarin dan pedangdut Lucinta Luna kembali menjadi pembahasan hangat publik karena postingan di media sosial. Bermula dari curhatan tentang sakitnya haid dan sholat jumat, ‘Dear, Ka Lucinta’ yang dibuat Awkarin, berakhir saling sindir....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)