home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ifa Isfansyah, Indonesia Mulai Krisis Kualitas Film

Senin, 19 Desember 2011 09:00 by wahyu | 4422 hits
Ifa  Isfansyah, Indonesia Mulai Krisis Kualitas Film
fib.ugm.ac.id

Dreamers.co.id – Perkembangan industri film di Indonesia semakin maju pesat. Meski demikian, ternyata perkembangan tersebut tak diikuti oleh kualitas film yang baik. Bahkan sutradara Ifa Ifansyah mengaku Indonesia krisis sinema berkualitas karena  industri cenderung mengejar keuntungan.

“Perkembangan sinema di Indonesia tahun ini cukup mengkhawatirkan karena lebih banyak menampilkan film bertema mistis,” ungkap Ifa Isfansyah di sela-sela acara Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) keenam di Yogyakarta.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan, walau Indonesia memiliki banyak literature sastra, tetapi tidak banyak industri film yang  mengangkat  tema sastra, film sekarang ini diproduksi hanya berorientasi mengejar keuntungan yang menyebabkan krisis film berkualitas.

“Jika dihitung kurang lebih hanya 10% sinema mengangkat tema dalam sastra, sedangkan 60% dari total sinema mengangkat tema mistis,” tuturnya.

Baca juga: akmu

Ifa juga mengatakan industri film Indonesia memiliki dua  tipe, yaitu tipe investor dan tipe independen. Untuk tahun ini lebih banyak pada tipe investor yang orientasinya berdagang. Sehingga yang tidak berkualitas lebih banyak bermunculan.

Sementara itu, industri film independen dengan dana minim harus berusaha keras tetap hidup dan menghasilkan karya yang benar-benar berkualitas.

“Sinema yang berkualitas bagus dalam satu bulan hanya tayang dua kali dan kondisi ini tidak sebanding dengan sinema lain hanya menitikberatkan pada cerita mistis,” tambahnya. (way)

Komentar
  • HOT !
    G Dragon telah dikonfirmasi sedang mempersiapkan album baru untuk dirilis tahun ini. Kabarnya, album tersebut akan dilepas pada bulan Agustus....
  • HOT !
    Awal bulan ini, Zico dikabarkan akan merilis lagu yang berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK. Meski tidak secara detail dikonfirmasi agensi, dia memberikan bocoran melalui Instagramnya....
  • HOT !
    We The Fest 2024 telah mengumumkan line up fase pertama yang diisi oleh sejumlah musisi ternama Indonesia maupun luar negeri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)