SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ifa Isfansyah, Indonesia Mulai Krisis Kualitas Film

Senin, 19 Desember 2011 09:00 by wahyu | 4197 hits
Ifa  Isfansyah, Indonesia Mulai Krisis Kualitas Film
fib.ugm.ac.id

Dreamers.co.id – Perkembangan industri film di Indonesia semakin maju pesat. Meski demikian, ternyata perkembangan tersebut tak diikuti oleh kualitas film yang baik. Bahkan sutradara Ifa Ifansyah mengaku Indonesia krisis sinema berkualitas karena  industri cenderung mengejar keuntungan.

“Perkembangan sinema di Indonesia tahun ini cukup mengkhawatirkan karena lebih banyak menampilkan film bertema mistis,” ungkap Ifa Isfansyah di sela-sela acara Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) keenam di Yogyakarta.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan, walau Indonesia memiliki banyak literature sastra, tetapi tidak banyak industri film yang  mengangkat  tema sastra, film sekarang ini diproduksi hanya berorientasi mengejar keuntungan yang menyebabkan krisis film berkualitas.

“Jika dihitung kurang lebih hanya 10% sinema mengangkat tema dalam sastra, sedangkan 60% dari total sinema mengangkat tema mistis,” tuturnya.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Ifa juga mengatakan industri film Indonesia memiliki dua  tipe, yaitu tipe investor dan tipe independen. Untuk tahun ini lebih banyak pada tipe investor yang orientasinya berdagang. Sehingga yang tidak berkualitas lebih banyak bermunculan.

Sementara itu, industri film independen dengan dana minim harus berusaha keras tetap hidup dan menghasilkan karya yang benar-benar berkualitas.

“Sinema yang berkualitas bagus dalam satu bulan hanya tayang dua kali dan kondisi ini tidak sebanding dengan sinema lain hanya menitikberatkan pada cerita mistis,” tambahnya. (way)

Komentar
  • HOT !
    Boy group BTS baru saja sukses menyelesaikan rangkaian tur konser bertajuk ‘2017 BTS Live Trilogy Episode III: The Wings Tour – The Final’. Konser penutup atau encore ini digelar selama tiga hari di Gocheok Sky Dome, Seoul pada 8 hingga 10 Desember kemarin....
  • HOT !
    Setelah lebih dari satu tahun sejak ‘Sugar Man’ memutuskan untuk menyudahi masa tayangnya, program variety musik JTBC tersebut akhirnya memutuskan untuk memulai season kedua di awal tahun 2018 mendatang....
  • HOT !
    Perceraian antara Gracia Indri dan David 'Noah' memasuki babak baru. Rohman selaku pengacara Gracia mengungkapkan detail penyebab sang klien bersikeras untuk tetap bercerai dari Davd. Tak hanya masalah percekcokan biasa namun kabarnya telah mengarah ke KDRT....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)