DREAMERS.ID - SM Entertainment sejak lama dikenal sebagai agensi idola K-Pop ternama di industri hiburan Korea Selatan, yang terbukti lewat kesuksesannya dalam menelurkan idola dengan musik berkualitas hingga pemasarannya yang selalu berhasil.
Namun, belum lama ini, agensi yang menaungi grup idola papan atas seperti Super Junior hingga EXO ini telah menuai kritikan di kalangan fans. Penyebabnya karena akhir-akhir ini, SM dianggap selalu menggunakan template konsep serupa untuk comeback para artisnya.
Berdasarkan penemuan para fans, awalnya SM Entertainment terlihat mencoba untuk membuat konsep yang ‘menyegarkan’, dengan mengusung warna-warna background yang cerah hingga penggunaan huruf basic sehingga terlihat lebih fun.
Namun, SM ternyata dianggap selalu menggunakan konsep serupa untuk comeback atau debut para artisnya yang selanjutnya. Penggunaan konsep serupa ini bisa terlihat dari album debut solo Tiffany SNSD, yaitu ‘I Just Wanna Dance’, teaser foto EXO untuk lagu ‘Lucky One’, hingga album comeback solo Jonghyun SHINee.
Baca juga: SM Entertainment Rencana Debutkan Girl Group Baru 5 Tahun Setelah aespa
Tak hanya itu, warna-warna cerah serupa yang nyaris mirip dengan artis sebelumnya juga terlihat di album solo Luna f(x), yaitu ‘Free Somebody’ serta album solo terbaru Taeyeon yang berjudul ‘Why’. Jika diperhatikan baik-baik, konsep debut NCT pun juga menggunakan template serupa.Para fans melihat bahwa hampir semua foto dan sampul album para artis SM tersebut seperti menggunakan template yang sama, hanya saja diganti dengan warna berbeda. Bagaimana menurutmu, Dreamers?
(ctr)