home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cerita Lengkap Tasya Kamila Bisa Raih Beasiswa Bergengsi di Columbia University

Sabtu, 30 Juli 2016 10:20 by Dits | 3679 hits
Begini Cerita Lengkap Tasya Kamila Bisa Raih Beasiswa Bergengsi di Columbia University
image source: instagram.c

DREAMERS.ID - Kesibukannya sebagai seorang selebriti tanah air ternyata tak memperngaruhi Tasya Kamila dalam hal pendidikan. Pasalnya, mantan penyanyi cilik tersebut diketahui mendapatkan kesempatan beasiswa LPDP yang membawanya untuk meneruskan kuliah di salah satu universitas bergengsi dunia.

Luar biasanya lagi, jenjang yang diraihnya adalah pasca sarjana atau S2 di Columbia University jurusan public administration. Penyanyi berusia 23 tahun ini kabarnya akan menghabiskan 2 tahun di Amerika Serikat untuk melakoni studinya ini. Lantas apa hal menarik bagi Tasya dalam menjalani studi pertamanya di negeri orang ini?

"Aku belum pernah international school. Aku pengen menggali potensi aku seberapa jauh bisa menaklukan tantangan hidup di luar negeri sendiri," ucapnya pada Kamis (28/7) kemarin.

Dua minggu jelang keberangkatan-nya ke Amerika Serikat, Tasya juga belum tahu bagiamana kondisi kehidupan di sana. Namun, ia optimis bisa hidup mandiri di New York, kota tempat di mana kampusnya berada.

"Aku siap-siap aja. Aku enggak tahu gimana di sana, kalau kebayang bisa lah masak-masak dikit. Tempat tinggal gak jauh dari kampus. Aku bisa survive. Mungkin kalau aku udah di sana aku bisa curhat lagi," lanjutnya

Lebih lanjut ia pun berbagi cerita bagaimana bisa menembus Columbia University, Tasya sendiri mengakui telah melakukan serangkaian tes demi keperluan seleksi mahasiswa baru. Meskipun tak mudah, ia menjadikan hal tersebut sebagai suatu tantangan. Dari 400 orang yang masuk Columbia University di angkatannya kali ini, hanya 3 orang yang berasal dari Indonesia. 

"Gak semua orang bisa keterima (di kampus barunya). Menurut aku itu jadi tantangan. Aku sudah persiapkan dari Januari 2015. Alhasil perjuangan aku selama ini bisa dapat beasiswa dan mendapatkannya (jurusan public administration)," ceritanya.

Baca juga: Tasya Kamila-Randi Bachtiar Beberkan Nama Anak dan Cerita Haru Kelahiran Anak Pertama

Serangkaian tes yang dilewati Tasya antara lain adalah tes GRE yang berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa memahami bacaan yang rumit. Kemudian ada lagi tes spesifik yang terdiri dari matematika dan Bahasa Inggris, tes TOEFL, serta yang terakhir tesessay.

"Kalau kuliah di Amerika ada tes GRE. Tes spesifik itu ada matematika dan Bahasa Inggris. Aku juga ada TOEFL test. Setelah itu ada essay, ada batasan kata kalau kita jawabnya," ceritanya.

TOEFL yang digunakan dalam persyaratan masuk di Columbia University adalah TOEFL IBT yang tesnya menggunakan komputer. Di sini Tasya di uji kemampuan Reading, Listening, Writing dan Speaking. Skor maksimal dari ujian ini adalah 120 dan sekolahnya meminta untuk calon mahasiswa melebihi angka 100. Lalu, berapa skor Tasya?

"Sekarang kan paling tinggi 120. Sekolah aku minta 100. Aku di atas seratus," kata cewek yang sebelumnya berkuliah di Universitas Indonesia jurusan Akutansi ini.

Meski tak ada teman dekat, Tasya mengaku tak masalah dengan hal ini. "Kalau teman dekat (di sana) gak ada. Teman baru ada. Satu angkatan aku 400 orang, 3-nya orang Indonesia. Teman ku juga ada yang di sana, masih ada teman orang Indonesia sih," ucapnya.

"Alasan aku (ambil S2) itu karena aku punya obsesi untuk jadi Menteri yah. Aku penyuka lingkungan, dan aku mengenali potensi aku di situ. Bidang lingkungan aku geluti. Makanya aku belajar jurusan itu," tutupnya.

Wah.. salut dan semangat buat Tasya!^^

Source:
Komentar
  • HOT !
    Kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE semakin memanas. Kontroversi lain muncul setelah CEO label ADOR itu mengklaim bahwa pimpinan Bang Si Hyuk meniru idenya untuk menciptakan BTS....
  • HOT !
    ACEMAKER MOVIEWORKS mengumumkan bahwa film bertabur bintang Wonderland akan tayang perdana pada tanggal 5 Juni di bioskop Korea Selatan....
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)