SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Operation Chromite': Kisah Perjuangan Hidup dan Mati Dalam Pertahankan Wilayah Korea Selatan

Minggu, 18 September 2016 20:00 by arnanda | 1156 hits
'Operation Chromite': Kisah Perjuangan Hidup dan Mati Dalam Pertahankan Wilayah Korea Selatan
Image source: Taewon Ente

DREAMERS.ID - Sebelum menjadi sebuah negara maju seperti saat ini, Korea Selatan juga pernah mengalami masa-masa sulit saat negaranya dijajah. Meski telah menyatakan kemerdekaan di tahun 1950, namun warganya masih harus berjuang mempertahankan wilayahnya melalui jalur Incheon. Peristiwa bersejarah ini pun dikenal dengan ‘Battle of Incheon’.

Film ‘Operation Chromite’ bercerita tentang seorang Jendral Pasukan PBB yang bernama Douglas MacArthur (Liam Neeson) yang ditugaskan untuk mengerahkan pasukan militer untuk menghentikan agresi Korea Utara terhadap Korea Selatan pada 1950. Dalam menjalankan misinya, Douglas MacArthur membentuk sebuah tim operasi militer rahasia bernama Operation Chromite.

Misi dari tim ini adalah mengumpulkan berbagai informasi dari musuh di Incheon dan mendapatkan peta ranjau, menculik perwira nomor dua tertinggi di angkatan bersenjata Korea Utara (Lee Bum Soo) untuk mendapatkan intel tentang lokasi ranjau laut, dan menyalakan lampu di mercusuar Palmido untuk memberi isyarat pada pasukan PBB tersebut.

Baca juga: 'The Battleship Island': Perjuangan Warga Korea Keluar dari 'Pulau Neraka' di Jepang

Dalam menyelesaikan misi berisiko, Kapten Jang Hak Soo (Lee Jung Jae) dan timnya harus membuat pengorbanan yang luar biasa untuk memastikan kebebasan Korea Selatan. Mereka bahkan rela mengorbankan nyawa demi mempertahankan wilayah negaranya. Film ini juga mengangkat cerita perjuangan 8 tentara Korea Selatan yang memiliki peran penting dalam Pertempuran Incheon.

Lewat film ini, penonton seakan dibawa larut saat peristiwa perang Korea di tahun 1950. Efek cahaya hingga pemilihan efek suara yang pas makin menambah ketengangan saat peristiwa perjuangan ini terjadi. Meski demikian, ada beberapa scene dalam film ini yang menggantung karena tidak ditampilkan lebih mendetail.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Pertemanan Gigi Hadid dan Taylor Swift memang sudah terjalin sejak lama. Namun belakangan keduanya memang jarang bertemu karena kesibukan masing masing. Gigi disibukkan dengan kegiatan di dunia fashion, sementara Swift sibuk dengan album barunya....
  • HOT !
    Sudah cukup lama dinantikan usai hiatus arena wajib militer, Lee Seung Gi akhirnya siap kembali menghiasi layar kaca lewat drama maupun program variety terbaru. Hal ini ternyata sudah menjadi ambisinya sejak menyelesaikan wajib militer....
  • HOT !
    Digelar meriah pada 2 Desember lalu, ajang penghargaan MelOn Music Awards 2017 telah memberikan banyak penghargaan, termasuk Global Artist Award yang kembali dihadirkan setelah empat tahun tak ada artis yang layak menerimanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)