home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siapa Boyband Pelopor Hadirnya K-Pop Yang Masih Bertahan Hingga Sekarang?

Kamis, 24 Januari 2013 12:00 by citra09 | 7617 hits
Siapa Boyband Pelopor Hadirnya K-Pop Yang Masih Bertahan Hingga Sekarang?
dkpopnews.net

Gelombang k-pop saat ini memang tengah mendunia. Hampir semua kalangan sadar akan kehadiran gelombang k-pop di sekitar mereka, mulai dari musik hingga member para boyband dan girlband nya. Di tengah banyaknya boyband dan girlband rookie (pendatang baru) yang bermunculan, ada satu boyband legendaris Korea pelopor hadirnya K-pop di seluruh dunia yang masih bertahan hingga saat ini. Yap! Shinhwa.

Lalu, bagaimanakah perjalanan karir Shinhwa dari awal debut sampai sekarang?

Shinhwa adalah boyband Korea pelopor hadirnya k-pop yang debut pada Maret 1998, yang terdiri dari 6 member, yaitu Eric Mun, Lee Min Woo, Kim Dong Wan, Shin Hye Sung, Jun Jin, dan Andy Lee.  Dibawah naungan SM Entertainment, Shinhwa pada masa itu  sangat menikmati popularitasnya bersama dengan grup idola satu generasi lainnya, seperti H.O.T, S.E.S, Baby V.O.X, dan Fin K.L. Dalam bahasa Korea, Shinhwa berarti ‘legenda’.

Seiring berjalannya waktu dan usia para grup idola generasi satu tersebut, banyak dari mereka yang mulai ‘gugur’ dan lebih memilih jalan untuk bersolo karir, namun tidak untuk Shinhwa. Shinwa menjadi satu-satunya boyband yang pada saat itu masih mampu bertahan. Hingga akhirnya di tahun 2002, Shinhwa berhasil dinobatkan sebagai boyband yang paling bertahan lama hingga bisa merilis album ke-6. Berbagai penghargaan pun berhasil didapatkan berkat kerja keras Shinhwa pada masa itu.

Di  tahun 2003, Shinhwa memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama SM Entertainment dan bergabung bersama agensi Good Entertainment. Selama di Good Entertainment, Shinhwa malah memutuskan untuk menjalani karirnya secara individu. Di tahun 2006, Shinhwa akhirnya bersatu kembali dengan merilis sebuah album terbaru sambil merayakan 8 tahun eksistensi Shinhwa di panggung musik Korea.

Baca juga: Shinhwa WDJ Jadi Detektif Rahasia di MV 'Flash'

Sayangnya di tahun 2007, Shinhwa kembali berhiatus (vakum) setelah merayakan 9 tahun perjalanan mereka bersama-sama dan kembali menjalani aktivitas secara individu. Bahkan beberapa member membentuk agensi mereka sendiri-sendiri dan mulai mendebutkan berbagai grup idola baru. Sambil berhiatus, di tahun 2008 para member Shinhwa mulai menjalani Wajib Militer nya hingga tahun 2010. Meski vakum, Shinhwa berjanji akan kembali dalam waktu dekat.

Tahun 2011, Shinhwa pun menepati janji mereka. Shinhwa kembali hadir di industri hiburan Korea melalui agensi yang mereka bentuk sendiri, yaitu Shinhwa Company dengan Eric dan Min Woo sebagai CEO nya. Kemudian di bulan Maret tahun 2012, Shinhwa menggelar konferensi pers dalam rangka meluncurkan album ke-10 Shinhwa yang bertajuk The Return.

Bersama para idola k-pop generasi muda, Shinhwa pun tampil di berbagai panggung musik Korea untuk mempromosikan single dari album tersebut berjudul Venus. Tak hanya itu, Shinhwa pun langsung menggelar Konser comeback mereka yang bertajuk 2012 Shinhwa Grand Tour di Olympic Gymnastic Arena, Seoul, Korea Selatan sekaligus merayakan 14 tahun terbentuknya Shinhwa. Berbagai idola k-pop junior Shinhwa, seperti para member SNSD dan Super Junior pun hadir dalam konser tersebut demi memberikan dukungan kepada sang senior.

Hingga kini, Shinhwa masih terus betahan di tengah maraknya grup idola k-pop yang bermunculan. Bahkan di tahun 2013 ini, Shinhwa telah siap comeback dengan kembali meluncurkan sebuah album baru dan konser 15 tahun eksistensi mereka. Wow, Shinhwa jjang! Semoga idola k-pop lainnya juga bisa terus mempertahankan eksistensi mereka seperti Shinhwa ya, Dreamers^^

Komentar
  • HOT !
    Promotor Third Eye Management dan PK Entertainment mengumumkan bahwa tiket fanmeet pertama BABYMONSTER di Jakarta akan dijual mulai Kamis, 2 Mei 2024 pukul 10.00 WIB melalui situs www.babymonsterinjakarta.com....
  • HOT !
    CEO ADOR Min Hee Jin, yang saat ini hampir dipecat dari posisinya oleh HYBE, menyebut ILLIT sebagai “peniru NewJeans” dan menyebut girl group tersebut sebagai sumber perselisihannya dengan perusahaan induk....
  • HOT !
    Drama terbaru SBS Connection merilis poster karakter utama Ji Sung dan Jeon Mi Do sebagai detektif dan reporter. Drama bergenre thriller kriminal ini akan berpusat pada kasus narkoba....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)