SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Seluruhnya Sempurna, Dua Hal Ini Jadi Titik Kelemahan Drama 'Goblin'?

Senin, 09 Januari 2017 13:00 by muthiasp | 6746 hits
Tak Seluruhnya Sempurna, Dua Hal Ini Jadi Titik Kelemahan Drama 'Goblin'?
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Drama karya penulis fenomenal Kim Eun Sook, ‘Goblin’ sedang hangat diperbincangkan baik di negaranya sendiri maupun internasional. Drama ini menuai berbagai pujian, namun semuanya tidak ada yang sempurna karena beberapa pengamat justru menemukan kelemahan di dalamnya.

Dilansir dari KpopHerald, menurut ahli budaya Jung Duk Hyun sangat disayangkan Dewa digambarkan sebagai pria yang memiliki kekuatan luar biasa dan bisa menyelasaikan masalah apapun, “Dewa digambarkan berevolusi seperti manusia yang memiliki penampilan tampan. Sekarang kemampuan mereka melebihi kekuatan manusia pada umumnya,” ucap Jung Duk Hyun.

Menurut kritikus drama Kim Sun Young, drama ‘Goblin’ belum bisa lepas dari ‘Sindrom Cinderella’. Hal ini membuat penonton wanita terlena dengan karakter pria yang bisa menyelesaikan masalah apapun di jaman modern yang semakin sulit seperti ini, dan bisa saja jadi merendahkan derajat wanita.

Baca juga: Tampannya Suho EXO Jadi CEO Perusahaan IT Misterius di Teaser Drama 'Rich Man, Poor Woman'

“Dengan kemampuan itu, pria menjadi penyelamat bagi wanita. penonton wanita menemukan rasa nyaman dengan karakter seperti itu. Tapi dukungan berlebih pada karakter seperti itu dapat menyebabkan merendahnya status sosial wanita,” tambah pengamat budaya Ha Jae Geun.

Selain itu, metode penempatan iklan PPL (Product Placement) yang terlalu berlebihan juga dinilai jadi kelemahan drama ini. Di beberapa adegan, drama ‘Goblin’ terlalu mengekspos merk produk, seperti produk kecantikan tempat Goblin Kim Shin pernah bekerja, restoran makanan cepat saji, hingga kamera yang menjadi hadiah untuk Ji Eun Tak.

Meski begitu, hal ini biasanya berdampak baik bagi siklus perekonomian disana, “Setelah menonton tayangannya, mereka akan mencari secara online produk yang mereka sukai. Bloggers akan dibayar untuk membuat postingan yang membahas produknya, tepat setelah episode selesai tayang,” ungkap salah seorang sumber.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pada tahun 2013 lalu, grup musik Jonas Brothers resmi dinyatakan bubar. Meski tidak ada alasan yang jelas mengenai alasan mereka bubar, namun karena Nick, Kevin dan Joe adalah bersaudara, maka mereka masih sering berkumpul bersama. Nick dan Joe semakin aktif berkarier solo, sedangkan Kevin fokus terhadap keluarganya....
  • HOT !
    Pada November tahun lalu, boy group BTS dan agensi mengalakkan kampanye globlal yang disebut ‘Love Myself’ bersama lembaga UNICEF. Dan saat ini, donasi yang terkumpul melalui kampanye tersebut telah melampaui 600 juta won atau sekitar 7,4 miliar rupiah....
  • HOT !
    Bersamaan dengan JBJ, ada juga solois jebolan program survival ‘Produce 101’ musim pertama yang resmi comeback di hari yang sama. Yap, Kim Chungha baru saja merilis mini album keduanya yang bertajuk ‘OFFSET’, pada Rabu (17/01) sore....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)