SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Seluruhnya Sempurna, Dua Hal Ini Jadi Titik Kelemahan Drama 'Goblin'?

Senin, 09 Januari 2017 13:00 by muthiasp | 7071 hits
Tak Seluruhnya Sempurna, Dua Hal Ini Jadi Titik Kelemahan Drama 'Goblin'?
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Drama karya penulis fenomenal Kim Eun Sook, ‘Goblin’ sedang hangat diperbincangkan baik di negaranya sendiri maupun internasional. Drama ini menuai berbagai pujian, namun semuanya tidak ada yang sempurna karena beberapa pengamat justru menemukan kelemahan di dalamnya.

Dilansir dari KpopHerald, menurut ahli budaya Jung Duk Hyun sangat disayangkan Dewa digambarkan sebagai pria yang memiliki kekuatan luar biasa dan bisa menyelasaikan masalah apapun, “Dewa digambarkan berevolusi seperti manusia yang memiliki penampilan tampan. Sekarang kemampuan mereka melebihi kekuatan manusia pada umumnya,” ucap Jung Duk Hyun.

Menurut kritikus drama Kim Sun Young, drama ‘Goblin’ belum bisa lepas dari ‘Sindrom Cinderella’. Hal ini membuat penonton wanita terlena dengan karakter pria yang bisa menyelesaikan masalah apapun di jaman modern yang semakin sulit seperti ini, dan bisa saja jadi merendahkan derajat wanita.

Baca juga: Produksi Drama Korea Tambah Pasal #MeToo di Daftar Peraturan Kontrak Kerja Terbaru

“Dengan kemampuan itu, pria menjadi penyelamat bagi wanita. penonton wanita menemukan rasa nyaman dengan karakter seperti itu. Tapi dukungan berlebih pada karakter seperti itu dapat menyebabkan merendahnya status sosial wanita,” tambah pengamat budaya Ha Jae Geun.

Selain itu, metode penempatan iklan PPL (Product Placement) yang terlalu berlebihan juga dinilai jadi kelemahan drama ini. Di beberapa adegan, drama ‘Goblin’ terlalu mengekspos merk produk, seperti produk kecantikan tempat Goblin Kim Shin pernah bekerja, restoran makanan cepat saji, hingga kamera yang menjadi hadiah untuk Ji Eun Tak.

Meski begitu, hal ini biasanya berdampak baik bagi siklus perekonomian disana, “Setelah menonton tayangannya, mereka akan mencari secara online produk yang mereka sukai. Bloggers akan dibayar untuk membuat postingan yang membahas produknya, tepat setelah episode selesai tayang,” ungkap salah seorang sumber.

(mth)

  • HOT !
    Salah satu pertanyaan yang sering diberikan kepada BTS dalam beberapa tahun terakhir ini mungkin tentang apa rahasia kesuksesan mereka. Bagaimana tidak? Mereka memulai karir sebagai sebuah grup hip hop yang kurang dikenal hingga akhirnya meraih kesuksesan yang terasa seperti mimpi yang tidak masuk akal....
  • HOT !
    Pada Jumat (25/05), boy group SHINee sedang merayakan hari ulang tahun debutnya yang sudah menginjak satu dekade alias sepuluh tahun. Satu per satu dari membernya pun menulis sendiri surat ucapan terima kasih untuk para penggemar yang berisi makna menyentuh dan janji manis....
  • HOT !
    Album baru BTS ‘Love Yourself: Tear’ baru saja memecahkan rekor penjualan yang fantastis dalam waktu singkat! Full album ketiga mereka ini rilis pada 18 Mei lalu dengan menampilkan lagu utama ‘Fake Love’....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)