SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

Kamis, 16 Februari 2017 12:00 by muthiasp | 2424 hits
Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak idola K-Pop yang merilis lagu, album, dan video musik di tengah malam atau tepat pukul 12 malam. Hal tersebut ternyata berdampak pada persaingan yang dinilai kurang adil. Untuk itu, sejumlah tangga lagu Korea memutuskan untuk mengubah sistem perhitungannya.

Pada 15 Februari 2017, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 mengumumkan bahwa mereka mengubah jadwal real-time charts, yang awalnya dimulai pada tengah malam menjadi jam 12 siang hingga 6 sore. Otomatis, hanya lagu yang rilis pada jam tersebut saja yang bisa masuk real-time charts.

“Tahun lalu, kami menerima peringatan dari Kementerian Kebudayaan tentang perilisan musik di malam hari, dan berdiskusi melalui Korea Music Content Industry Association (KMCIA). Kami pun memutuskan untuk membuat perubahan ini agar promosi chart stabil dan mencegah penyalahgunaan,” ujar perwakilan MelOn.

Baca juga: Taemin SHINee Ungkap Benda Persahabatan yang Dimiliki Bareng Squad-nya

Setelah aturan ini diberlakukan, maka para musisi yang merilis lagunya diluar jam yang ditentukan baru bisa masuk tangga lagu pada pukul 1 siang keesokkan harinya. Aturan ini berlaku untuk perilisan di hari kerja maupun akhir pekan. Cara ini dipilih setelah berbagai cara yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan tidak berhasil menanggulangi kecurangan.

Seperti yang diketahui, waktu tengah malam menjadi waktu favorit banyak artis untuk merilis lagunya. Di saat sedikit orang yang online, maka kesempatan bagi penggemarnya saja yang berkumpul, dengan begitu mudah bagi sang artis untuk memuncaki tangga lagu bahkan meraih predikat all kill, sampai praktik sajaegi (perusahaan sang artis membeli album artisnya sendiri) yang membuat persaingan dinilai tidak sehat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tinggal satu minggu lagi, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo akan segera mengikat janji sehidup semati di altar pernikahan. Baru baru ini, detil pesta pernikahan yang akan berlangsung tertutup itu terungkap ke media....
  • HOT !
    Saat baru menjalani ikatan pernikahan, memiliki anak menjadi impian bagi pasangan suami istri. Ada yang baru sebentar menikah langsung dikaruniai anak dan ada juga yang harus menunggu dalam waktu yang lama....
  • HOT !
    Kontroversi yang melibatkan Siwon dikarenakan kasus anjing peliharaannya berbuntut panjang. Tak hanya menuai pro kontra, tetapi sebagian netizen juga meminta member Super Junior tersebut mundur dari proyek drama terbarunya, ‘Revolutionary Love’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Jeon Jungkook(BTS), Jeon Heejin(Loona), Jeon Wonwoo, Mingyu(seventeen) Bae Yoobin(OMG), Doyeon(IOI)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)