SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

Kamis, 16 Februari 2017 12:00 by muthiasp | 2633 hits
Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak idola K-Pop yang merilis lagu, album, dan video musik di tengah malam atau tepat pukul 12 malam. Hal tersebut ternyata berdampak pada persaingan yang dinilai kurang adil. Untuk itu, sejumlah tangga lagu Korea memutuskan untuk mengubah sistem perhitungannya.

Pada 15 Februari 2017, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 mengumumkan bahwa mereka mengubah jadwal real-time charts, yang awalnya dimulai pada tengah malam menjadi jam 12 siang hingga 6 sore. Otomatis, hanya lagu yang rilis pada jam tersebut saja yang bisa masuk real-time charts.

“Tahun lalu, kami menerima peringatan dari Kementerian Kebudayaan tentang perilisan musik di malam hari, dan berdiskusi melalui Korea Music Content Industry Association (KMCIA). Kami pun memutuskan untuk membuat perubahan ini agar promosi chart stabil dan mencegah penyalahgunaan,” ujar perwakilan MelOn.

Baca juga: Yonghwa CNBLUE Disebut Sebagai Idola K-Pop yang Masuk Universitas Bergengsi Lewat 'Orang Dalam'

Setelah aturan ini diberlakukan, maka para musisi yang merilis lagunya diluar jam yang ditentukan baru bisa masuk tangga lagu pada pukul 1 siang keesokkan harinya. Aturan ini berlaku untuk perilisan di hari kerja maupun akhir pekan. Cara ini dipilih setelah berbagai cara yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan tidak berhasil menanggulangi kecurangan.

Seperti yang diketahui, waktu tengah malam menjadi waktu favorit banyak artis untuk merilis lagunya. Di saat sedikit orang yang online, maka kesempatan bagi penggemarnya saja yang berkumpul, dengan begitu mudah bagi sang artis untuk memuncaki tangga lagu bahkan meraih predikat all kill, sampai praktik sajaegi (perusahaan sang artis membeli album artisnya sendiri) yang membuat persaingan dinilai tidak sehat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pada tahun 2013 lalu, grup musik Jonas Brothers resmi dinyatakan bubar. Meski tidak ada alasan yang jelas mengenai alasan mereka bubar, namun karena Nick, Kevin dan Joe adalah bersaudara, maka mereka masih sering berkumpul bersama. Nick dan Joe semakin aktif berkarier solo, sedangkan Kevin fokus terhadap keluarganya....
  • HOT !
    Pada November tahun lalu, boy group BTS dan agensi mengalakkan kampanye globlal yang disebut ‘Love Myself’ bersama lembaga UNICEF. Dan saat ini, donasi yang terkumpul melalui kampanye tersebut telah melampaui 600 juta won atau sekitar 7,4 miliar rupiah....
  • HOT !
    Bersamaan dengan JBJ, ada juga solois jebolan program survival ‘Produce 101’ musim pertama yang resmi comeback di hari yang sama. Yap, Kim Chungha baru saja merilis mini album keduanya yang bertajuk ‘OFFSET’, pada Rabu (17/01) sore....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)