SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

Kamis, 16 Februari 2017 12:00 by muthiasp_ | 1676 hits
Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak idola K-Pop yang merilis lagu, album, dan video musik di tengah malam atau tepat pukul 12 malam. Hal tersebut ternyata berdampak pada persaingan yang dinilai kurang adil. Untuk itu, sejumlah tangga lagu Korea memutuskan untuk mengubah sistem perhitungannya.

Pada 15 Februari 2017, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 mengumumkan bahwa mereka mengubah jadwal real-time charts, yang awalnya dimulai pada tengah malam menjadi jam 12 siang hingga 6 sore. Otomatis, hanya lagu yang rilis pada jam tersebut saja yang bisa masuk real-time charts.

“Tahun lalu, kami menerima peringatan dari Kementerian Kebudayaan tentang perilisan musik di malam hari, dan berdiskusi melalui Korea Music Content Industry Association (KMCIA). Kami pun memutuskan untuk membuat perubahan ini agar promosi chart stabil dan mencegah penyalahgunaan,” ujar perwakilan MelOn.

Setelah aturan ini diberlakukan, maka para musisi yang merilis lagunya diluar jam yang ditentukan baru bisa masuk tangga lagu pada pukul 1 siang keesokkan harinya. Aturan ini berlaku untuk perilisan di hari kerja maupun akhir pekan. Cara ini dipilih setelah berbagai cara yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan tidak berhasil menanggulangi kecurangan.

Seperti yang diketahui, waktu tengah malam menjadi waktu favorit banyak artis untuk merilis lagunya. Di saat sedikit orang yang online, maka kesempatan bagi penggemarnya saja yang berkumpul, dengan begitu mudah bagi sang artis untuk memuncaki tangga lagu bahkan meraih predikat all kill, sampai praktik sajaegi (perusahaan sang artis membeli album artisnya sendiri) yang membuat persaingan dinilai tidak sehat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Panggung ‘6th Gaon Chart Music Awards’ yang digelar pada Rabu (22/02) malam lalu, tidak hanya menyisakan rasa bangga maupun bahagia, tetapi juga kontroversi yang cukup panas. Pasalnya, aksi panggung BTS diduga memplagiat T.O.P Big Bang....
  • HOT !
    Pesona Bali untuk menarik pengunjung untuk menyambanginya memang belum surut. Tak hanya kerap dijadikan lokasi pemotretran sederet selebriti Korea, belum lama ini dikabarkan jika Pulau Dewata tersebut juga akan dijadikan lokasi syuting sebuah reality baru yang diproduseri oleh produser terkenal Korea, Na Young Suk....
  • HOT !
    Salah satu drama pra produksi KBS, ‘Uncontrollably Fond’ memang tercatat tak terlalu menuai sukses di Korea meski dibintangi dua bintang besar, Kim Woo Bin dan Suzy miss A. Namun, sebuah kabar mengejutkan baru saja dilaporkan dimana drama ini kabarnya justru laris manis dan diminati penonton di China....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Monie47
Cast : All Member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)