SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

Kamis, 16 Februari 2017 12:00 by muthiasp_ | 1775 hits
Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak idola K-Pop yang merilis lagu, album, dan video musik di tengah malam atau tepat pukul 12 malam. Hal tersebut ternyata berdampak pada persaingan yang dinilai kurang adil. Untuk itu, sejumlah tangga lagu Korea memutuskan untuk mengubah sistem perhitungannya.

Pada 15 Februari 2017, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 mengumumkan bahwa mereka mengubah jadwal real-time charts, yang awalnya dimulai pada tengah malam menjadi jam 12 siang hingga 6 sore. Otomatis, hanya lagu yang rilis pada jam tersebut saja yang bisa masuk real-time charts.

“Tahun lalu, kami menerima peringatan dari Kementerian Kebudayaan tentang perilisan musik di malam hari, dan berdiskusi melalui Korea Music Content Industry Association (KMCIA). Kami pun memutuskan untuk membuat perubahan ini agar promosi chart stabil dan mencegah penyalahgunaan,” ujar perwakilan MelOn.

Setelah aturan ini diberlakukan, maka para musisi yang merilis lagunya diluar jam yang ditentukan baru bisa masuk tangga lagu pada pukul 1 siang keesokkan harinya. Aturan ini berlaku untuk perilisan di hari kerja maupun akhir pekan. Cara ini dipilih setelah berbagai cara yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan tidak berhasil menanggulangi kecurangan.

Seperti yang diketahui, waktu tengah malam menjadi waktu favorit banyak artis untuk merilis lagunya. Di saat sedikit orang yang online, maka kesempatan bagi penggemarnya saja yang berkumpul, dengan begitu mudah bagi sang artis untuk memuncaki tangga lagu bahkan meraih predikat all kill, sampai praktik sajaegi (perusahaan sang artis membeli album artisnya sendiri) yang membuat persaingan dinilai tidak sehat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tak lagi ‘terlarang’, hutan terlarang alias Forbidden Forest dalam film ‘Harry Potter’ kini boleh dikunjungi oleh siapapun karena Studio Tour milik Warner Bros di London akhirnya telah resmi meluncurkan Forbidden Forest....
  • HOT !
    Liam Payne dan Cheryl Cole tengah merasakan bahagia setelah keduanya dikaruniai anak pertama mereka. Pada Rabu (22/3) lalu, mantan juri ‘The X Factor’ itu melahirkan buah hatinya bersama Liam yang diketahui berjenis kelamin laki laki....
  • HOT !
    Setelah sukses membintangi drama ‘Goblin’ beberapa waktu lalu, Gong Yoo pun siap menyapa para penggemarnya dengan lebih dekat lewat gelaran fanmeeting. Selain Korea yang bakal menjadi negara pembuka, Taiwan dan Hong Kong pun telah dikonfirmasi menjadi negara tujuan fanmeeting aktor tampan ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : parkminha
Cast : oh sehun krystal jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)