SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada

Kamis, 16 Februari 2017 13:07 by muthiasp | 3639 hits
Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 yang menjadi situs musik populer K-Pop di Korea Selatan, memutuskan untuk mengubah aturan perhitungan real-time charts, yang menurut Kementerian Kebudayaan membuat persaingan kurang sehat.

Bukan tengah malam lagi, aturan baru menyatakan bahwa hanya lagu yang rilis pada jam 12 siang – 6 sore lah yang bisa masuk real-time charts. Rilis lewat dari jam yang sudah ditentukan baru bisa masuk ke tangga lagu pukul 1 siang keesokan harinya.

Sayangnya, keputusan tersebut mendapatkan protes dari sejumlah penggemar idola K-Pop lewat tagar #MusicChart_ReformProtest yang trending di Korea. Mereka menolak perubahan ini yang dianggap seperti menyalahkan mereka.

“Siapa yang menikmati musik secara legal kalau bukan fans idola K-Pop, siapa yang beli hak streaming setiap bulan dan mengunduh musik (dari situs musik Korea)? Situs musik membuat five-minute charts dan grafik dan lainnya, dan sekarang mereka mengambil langkah melawan fans. Kenapa tidak kau salahkan semua orang yang tidak mendengarkan musik di tengah malam?”

Beberapa sumber insider dunia hiburan Korea juga ragu dengan perubahan ini. Salah satu sumber mengatakan bahwa dengan menghapus aturan perilisan tengah malam belum pasti efektif, apalagi untuk mencegah sajaegi. Sementara yang lain mengusulkan lebih baik membuat kriteria yang transparan.

Baca juga: Penantian 4 Tahun, WINNER Sukses Puncaki Tangga Musik Lokal Hingga Internasional!

“Jika mereka ingin membuat tangga musik yang adil, mereka harus lebih dahulu membuat kriteria transparan untuk tangga lagu. Mereka akan lebih baik menyingkirkan semua grafik real-time charts dan sisakan saja tangga lagu harian dan minggun, atau keseluruhan”.

Hmm.. bagaimana menurut kalian, Dreamers?

Artikel Terkait:

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

(mth)

  • HOT !
    SHINee belum lama ini baru saja merilis album Jepang terbaru bertajuk ‘SHINee The Best From Now On’, pada 18 April kemarin. Album ini pun sukses meledak di pasaran dan mendominasi tangga musik lokal Jepang hingga internasional....
  • HOT !
    Karakter Woo Do Hwan dalam drama MBC ‘Tempted’ memang membuat banyak penonton wanita jatuh hati. Namun pesona casanova nya itu tak hanya ditampilkan saat berperan sebagai Kwon Si Hyun, tapi juga saat di belakang layar....
  • HOT !
    Salah satu boy group populer Korea, B1A4 belakangan tengah jadi perbincangan para penggemar. Pasalnya, kontrak grup naungan WM Entertainment ini diumumkan habis di hari ini (23/4). Namun, hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut tentang perpanjangan kontrak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)