SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada

Kamis, 16 Februari 2017 13:07 by muthiasp | 3179 hits
Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 yang menjadi situs musik populer K-Pop di Korea Selatan, memutuskan untuk mengubah aturan perhitungan real-time charts, yang menurut Kementerian Kebudayaan membuat persaingan kurang sehat.

Bukan tengah malam lagi, aturan baru menyatakan bahwa hanya lagu yang rilis pada jam 12 siang – 6 sore lah yang bisa masuk real-time charts. Rilis lewat dari jam yang sudah ditentukan baru bisa masuk ke tangga lagu pukul 1 siang keesokan harinya.

Sayangnya, keputusan tersebut mendapatkan protes dari sejumlah penggemar idola K-Pop lewat tagar #MusicChart_ReformProtest yang trending di Korea. Mereka menolak perubahan ini yang dianggap seperti menyalahkan mereka.

“Siapa yang menikmati musik secara legal kalau bukan fans idola K-Pop, siapa yang beli hak streaming setiap bulan dan mengunduh musik (dari situs musik Korea)? Situs musik membuat five-minute charts dan grafik dan lainnya, dan sekarang mereka mengambil langkah melawan fans. Kenapa tidak kau salahkan semua orang yang tidak mendengarkan musik di tengah malam?”

Beberapa sumber insider dunia hiburan Korea juga ragu dengan perubahan ini. Salah satu sumber mengatakan bahwa dengan menghapus aturan perilisan tengah malam belum pasti efektif, apalagi untuk mencegah sajaegi. Sementara yang lain mengusulkan lebih baik membuat kriteria yang transparan.

Baca juga: Album Debutnya Sukses, Wanna One Siap Luncurkan Mini Figur Eksklusif Edisi Terbatas!

“Jika mereka ingin membuat tangga musik yang adil, mereka harus lebih dahulu membuat kriteria transparan untuk tangga lagu. Mereka akan lebih baik menyingkirkan semua grafik real-time charts dan sisakan saja tangga lagu harian dan minggun, atau keseluruhan”.

Hmm.. bagaimana menurut kalian, Dreamers?

Artikel Terkait:

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Setiap grup K Pop selalu tinggal di dorm atau rumah asrama dalam beberapa tahun di awal karir mereka. Big Bang yang baru saja menginjak usia 11 tahun pada 19 Agustus lalu tentu telah lama meninggalkan kehidupan dormitory dan tinggal di hunian masing masing....
  • HOT !
    Kata kata ‘Eta Terangkanlah’ memang tengah populer di kalangan warga tanah air saat ini. Mulai dari meme hingga video kocak dengan kata populer tersebut sudah menyebar luas di dunia maya. Namun, seperti apa jika kata itu diucapkan oleh seorang idola K pop?...
  • HOT !
    Pengalaman buruk menimpa Taeyeon saat tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (17/8) malam. Taeyeon yang diundang dalam gelaran acara ‘Countdown Asia Games 2018’ ini sempat lunglai hingga terjatuh ke lantai karena situasi memanas di Bandara saat para fans berusaha mendekat hingga membuat kericuhan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : nikenazizah95
Cast : Kwon Jiyong (G Dragon), Sehun, Baekhyun, author (as @nicken95)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)