home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurangi 'Beban' Trainee, Pemerintah Resmi Ubah Aturan Kontrak Agensi Idola K-Pop

Selasa, 07 Maret 2017 16:15 by muthiasp | 6165 hits
Kurangi 'Beban' Trainee, Pemerintah Resmi Ubah Aturan Kontrak Agensi Idola K-Pop
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Setelah sebelumnya peraturan mengenai real-time chart resmi diubah oleh sejumlah tangga lagu musik Korea, kini ketentuan dari kontrak kerja para idola K-Pop juga ikut diubah oleh Fair Trade Commission (FTC) atau Komisi Perdagangan Korea Selatan pada hari ini (07/03).

Berdasarkan laporan FTC, ada delapan agensi yang pasal-pasal kontrak kerjanya terkena perubahan, mulai dari tiga agensi besar SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Lalu Cube Entertainment, Loen, FNC Entertainment, Jellyfish, hingga DSP Media.

Kontrak kerja memang sudah ditandatangani antara agensi dan kandidat yang berpotensi debut, maupun yang masih berstatus sebagai trainee. Sehingga agensi bisa secara hukum menjalankan proses pendidikan dan merawat trainee mereka. Total ada enam poin yang diubah FTC demi memperkuat hak-hak para trainee dan mengubah budaya kontrak.

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

Seperti dalam kontrak JYP, Cube, dan DSP Media yang sebelumnya terdapat ketentuan “memaksa trainee untuk menandatangani kontrak eksklusif”, diubah menjadi “memungkinkan para trainee untuk melanjutkan kontrak atau kontrak eksklusif dengan agensi hanya setelah kesepakatan bersama tercapai”.

Kemudian kontrak trainee LOEN, JYP, YG, Cube, dan DSP Media terdapat ketentuan “memberitahu trainee bahwa mereka bisa mengakhiri kontrak pada waktu tertentu dengan pemberitahuan tertulis, tetapi sekarang agensi harus menangguhkan kontrak untuk jangka waktu tertentu, sementara isu-isu yang bermasalah dapat diselesaikan”.

Sementara itu, ketentuan agensi bisa mengakhir kontrak tanpa alasan yang jelas pada kontrak trainee SM, FNC, dan DSP Media sekarang resmi dihapus. Alasan yang tidak jelas menjadi abstrak dan terkesan sewenang-wenang, seperti pencemaran nama baik perusahaan atau kerugian investasi.

(mth/Koreaboo)

Komentar
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....
  • HOT !
    Suho EXO telah menambahkan Jakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk tur solo pertamanya! Pada 18 April, SM Entertainment mengumumkan bahwa ‘2024 SUHO CONCERT ASIA TOUR’ akan digelar di Jakarta pada 10 Agustus di Tennis Indoor Senayan....
  • HOT !
    V BTS, yang saat ini bertugas di Unit Ssangyong Korps ke 2 Angkatan Darat, menunjukkan penampilannya sebagai prajurit yang gagah melalui video promosi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)