SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?

Senin, 19 Juni 2017 15:33 by muthiasp | 1033 hits
Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?
Image source: fuse.tv

DREAMERS.ID - Gaon Chart akhirnya angkat bicara terkait nasib perhitungan penjualan album baru G-Dragon yang berbentuk USB. Meski tetap tidak bisa dimasukkan dalam kategori album fisik, namun tampaknya Gaon akan mempertimbangkan untuk menghitungnya secara digital, dilihat dari aturan yang sudah dibuat.

“Kami menulis ini untuk memberitahu kalian tentang ‘Kwon Ji Yong USB’, yang akan rilis tanggal 19 Juni di Gaon Chart. Pertama, Gaon Chart adalah tangga musik publik di Korea yang sudah didirikan pada 2010. Kami sudah menetapkan regulasi pengumpulan data dan menjaga aturan pertama kita sejak itu”.

Berdasarkan Hukum Hak Cipta yang mengatakan jika ‘album’ adalah bentuk fisik yang terdapat musik atau lagu di dalamnya, seperti CD, tape, piringan hitam, atau USB, maka album USB ‘Kwon Ji Yong’ bisa disebut sebagai ‘album’. Namun, pengertian Gaon Chart berbeda, dan membatasi hanya menghitung musik atau lagu yang terikat dengan benda fisik.

Baca juga: Donasi Hampir 1 Miliar di Hari Ultah, G-Dragon: Aku Ingin Kita Hidup di Dunia yang Damai

“Hal itu karena jika kami membuat ‘lagu digital’ sebagai ‘album’ juga, pembatas diantara tangga musik digital, download chart, dan album chart akan hancur,” ujarnya.

Untuk itu, Gaon Chart telah memutuskan bahwa 'Kwon Ji Yong USB' sebenarnya adalah layanan download sesuai dengan undang-undang hak cipta. Dengan begitu, penjualan akan masuk ke kategori digital dan download chart. Keputusan itu pun masih bersifat sementara, karena masih akan ada perundingan dengan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga untuk membahas perubahan tren ini.

“Kami Gaon Chart mendukung aktif untuk Kwon Ji Yong dan YG Entertainment atas tantangan yang mereka lempar ke pasar musik yang sudah terpaku selama bertahun-tahun. Gaon Chart dan juga Korea Music Content Industry Association yang mengelola tangga musik akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki sarana industri musik. Terima kasih,” tutupnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    17 Agustus menjadi hari yang penting dan bersejarah, di mana mengingatkan bangsa Indonesia pada perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan tanah air. Sehubungan dengan itu, apa sih arti merdeka menurut Dalila Azkadiputri atau lebih dikenal dengan Dea yang juga mantan vokalis Hivi?...
  • HOT !
    Sempat beredar kabar kalau Ben Affleck akan hengkang dari film 'The Batman'. Kabar tersebut muncul saat adik dari Ben, Casey Affleck berbicara mengenai rumor kakaknya dalam film ‘The Batman’. Ia menyebut kakaknya tidak akan kembali memerankan Batman. ...
  • HOT !
    Katy Perry mengumumkan bahwa konsernya Witness: The Tour yang akan dimulai di Columbus, Ohio, pada 7 September 2017 itu mengalami penundaan. Katy meminta maaf kepada para fans yang sudah menantikan konsernya tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : nikenazizah95
Cast : Kwon Jiyong (G Dragon), Sehun, Baekhyun, author (as @nicken95)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)