SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?

Senin, 19 Juni 2017 15:33 by muthiasp | 955 hits
Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?
Image source: fuse.tv

DREAMERS.ID - Gaon Chart akhirnya angkat bicara terkait nasib perhitungan penjualan album baru G-Dragon yang berbentuk USB. Meski tetap tidak bisa dimasukkan dalam kategori album fisik, namun tampaknya Gaon akan mempertimbangkan untuk menghitungnya secara digital, dilihat dari aturan yang sudah dibuat.

“Kami menulis ini untuk memberitahu kalian tentang ‘Kwon Ji Yong USB’, yang akan rilis tanggal 19 Juni di Gaon Chart. Pertama, Gaon Chart adalah tangga musik publik di Korea yang sudah didirikan pada 2010. Kami sudah menetapkan regulasi pengumpulan data dan menjaga aturan pertama kita sejak itu”.

Berdasarkan Hukum Hak Cipta yang mengatakan jika ‘album’ adalah bentuk fisik yang terdapat musik atau lagu di dalamnya, seperti CD, tape, piringan hitam, atau USB, maka album USB ‘Kwon Ji Yong’ bisa disebut sebagai ‘album’. Namun, pengertian Gaon Chart berbeda, dan membatasi hanya menghitung musik atau lagu yang terikat dengan benda fisik.

Baca juga: G-Dragon Hingga PSY Bakal Ambil Bagian di Program Survival 'YG-Style Produce 101'?

“Hal itu karena jika kami membuat ‘lagu digital’ sebagai ‘album’ juga, pembatas diantara tangga musik digital, download chart, dan album chart akan hancur,” ujarnya.

Untuk itu, Gaon Chart telah memutuskan bahwa 'Kwon Ji Yong USB' sebenarnya adalah layanan download sesuai dengan undang-undang hak cipta. Dengan begitu, penjualan akan masuk ke kategori digital dan download chart. Keputusan itu pun masih bersifat sementara, karena masih akan ada perundingan dengan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga untuk membahas perubahan tren ini.

“Kami Gaon Chart mendukung aktif untuk Kwon Ji Yong dan YG Entertainment atas tantangan yang mereka lempar ke pasar musik yang sudah terpaku selama bertahun-tahun. Gaon Chart dan juga Korea Music Content Industry Association yang mengelola tangga musik akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki sarana industri musik. Terima kasih,” tutupnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kebahagian dari pasangan selebriti, Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan semakin bertambah menjelang perayaan idul fitri di tahun ini. Pasalnya, keduanya baru saja mendapat karunia terindah yaitu seorang buah hati sudah lama dinantikan....
  • HOT !
    Menuju masa liburan panjang, sederet film film baik dari dalam maupun luar negeri bersaing mendapat perhatian penonton untuk datang ke bioskop. Namun ada dua film tersohor Hollywood yang memang dinantikan namun mandapat kritikan kurang baik dari publik....
  • HOT !
    Lebaran menjadi momen bahagia untuk bisa berkumpul bersama keluarga, termasuk Syahrini. Penyanyi yang kini tengah merintis bisnis kue tersebut rencananya akan mengajak 25 anggota keluarganya untuk pergi berlebaran sekaligus liburan ke luar negeri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)