home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?

Senin, 19 Juni 2017 15:33 by muthiasp | 1272 hits
Gaon Chart Akhirnya Buka Suara Soal Album USB G-Dragon, Jadi Masuk Kategori Digital?
Image source: fuse.tv

DREAMERS.ID - Gaon Chart akhirnya angkat bicara terkait nasib perhitungan penjualan album baru G-Dragon yang berbentuk USB. Meski tetap tidak bisa dimasukkan dalam kategori album fisik, namun tampaknya Gaon akan mempertimbangkan untuk menghitungnya secara digital, dilihat dari aturan yang sudah dibuat.

“Kami menulis ini untuk memberitahu kalian tentang ‘Kwon Ji Yong USB’, yang akan rilis tanggal 19 Juni di Gaon Chart. Pertama, Gaon Chart adalah tangga musik publik di Korea yang sudah didirikan pada 2010. Kami sudah menetapkan regulasi pengumpulan data dan menjaga aturan pertama kita sejak itu”.

Berdasarkan Hukum Hak Cipta yang mengatakan jika ‘album’ adalah bentuk fisik yang terdapat musik atau lagu di dalamnya, seperti CD, tape, piringan hitam, atau USB, maka album USB ‘Kwon Ji Yong’ bisa disebut sebagai ‘album’. Namun, pengertian Gaon Chart berbeda, dan membatasi hanya menghitung musik atau lagu yang terikat dengan benda fisik.

Baca juga: G-Dragon Konfirmasi Rencana Comeback Tahun Ini

“Hal itu karena jika kami membuat ‘lagu digital’ sebagai ‘album’ juga, pembatas diantara tangga musik digital, download chart, dan album chart akan hancur,” ujarnya.

Untuk itu, Gaon Chart telah memutuskan bahwa 'Kwon Ji Yong USB' sebenarnya adalah layanan download sesuai dengan undang-undang hak cipta. Dengan begitu, penjualan akan masuk ke kategori digital dan download chart. Keputusan itu pun masih bersifat sementara, karena masih akan ada perundingan dengan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga untuk membahas perubahan tren ini.

“Kami Gaon Chart mendukung aktif untuk Kwon Ji Yong dan YG Entertainment atas tantangan yang mereka lempar ke pasar musik yang sudah terpaku selama bertahun-tahun. Gaon Chart dan juga Korea Music Content Industry Association yang mengelola tangga musik akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki sarana industri musik. Terima kasih,” tutupnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pada 18 April pukul 6 sore KST, RIIZE merilis Impossible bersama dengan video musiknya. Lagu ini merupakan single prolog sebelum perilisan mini album pertama RIIZING pada 29 April....
  • HOT !
    Kim Sae Ron baru baru ini dilaporkan akan tampil dalam drama teater ‘Dongchimi’, yang akan berlangsung di CTS Art Hall dari tanggal 3 hingga 12 Mei. Namun, menurut seorang pejabat, aktris tersebut tidak lagi menjadi bagian dari pemerannya....
  • HOT !
    Awal bulan ini, Zico dikabarkan akan merilis lagu yang berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK. Meski tidak secara detail dikonfirmasi agensi, dia memberikan bocoran melalui Instagramnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)