SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:00 by zia92 | 1859 hits
Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'
Image source: The Seoul Story

DREAMERS.ID - Solois sekaligus produser Dean diterpa isu plagiarisme setelah lagu ciptaannya berjudul ‘Where’ ditampilkan dalam program Mnet Show Me The Money 6. Dalam episode yang tayang pada 11 Agustus tersebut, Team Zico & Dean mengalahkan Team Jay Park & Dok2.

Namun karena battle itu, ada kecurigaan jika Team Zico & Dean telah menplagiat lagu DJ Khaled berjudul ‘I’m The One’. Terkait tuduhan tersebut, Dean pun langsung menanggapinya lewat sebuah postingan di akun Instagram pribadinya.

Di postingan pertama, yang sekarang sudah dihapus, Dean mengunggah sebuah video yang membandingkan antara ‘Where’ dan ‘I’m The One’ dan mengatakan, “Apanya yang plagiat? Kalau memakai synth bass adalah plagiarisme maka semuanya pasti plagiat. Diproduseri olehku. Aku bahkan tidak menggunakan lagu DJ Khaled untuk referensi.”

Baca juga: Digelar Tertutup, Inilah Pemenang Korean HipHop Awards 2020

Cowok 24 tahun itu menjelaskan, “Chord dan progresinya sangat berbeda, tapi kalau karena mood-nya yang sama, berarti semua lagu di dunia plagiat. Tolong jangan tunjukkan kebodohanmu. Catatan: kirimkan (lagu) ini ke DJ Khaled dan tanyakan padanya apakah itu plagiat atau tidak.”

Lalu di postingan kedua untuk menggantikan postingan pertama yang dihapus tadi, Dean memberikan penjelasan yang lebih mendalam. “Pertama-tama, ‘I’m The One’ ada di G sementara ‘Where’ di AB. Progresi chord, kunci, pola drum, dan semuanya berbeda. Apa yang kalian anggap serupa adalah synth bass dan instrumen tapi banyak genre yang menggunakan synth bass, tidak hanya hip-hop.”

Dean melanjutkan, “Jika itu plagiarisme karena instrumennya, maka semua lagu serupa yang dibuat oleh produser lain adalah plagiat. Ini mungkin sebuah pertunjukkan bagi sebagian orang, tapi bagi seorang seniman ini adalah produk (karya) dari banyaknya waktu dan tenaga dan ini hidup kita.”

(fzh/Soompi)

Komentar
  • HOT !
    Irene dan Seulgi siap untuk segera debut sebagai sub unit pertama dari girl group Red Velvet. Tidak hanya penggemar, tetapi media Korea merilis analisa mengapa sub unit IRENE&SEULGI jadi yang paling dinantikan tahun ini....
  • HOT !
    Tak sabar menantikan kelanjutan drama ‘It’s Okay to Not Be Okay’, tvN baru saja merilis bocoran untuk episode terbarunya yang akan tayang pada 4 Juli. Episode mendatang bakal menampilkan ketegangan antara Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) dan dan Ga Moon Young (Seo Ye Ji)....
  • HOT !
    Mantan member AOA, Mina menghebohkan dan membuat fans khawatir setelah membuat pengakuan bahwa dirinya telah dibully saat masih bersama girl group tersebut. Pada 3 Juli, Mina mengunggah postingan panjang melalui akun Instagram pribadinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Jung Krystal f(x), Kang Minhyuk CNBLUE and other cast

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)