SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:00 by zia92 | 1389 hits
Begini Cara Keren Dean Tanggapi Tuduhan Plagiat Lagu di 'Show Me The Money 6'
Image source: The Seoul Story

DREAMERS.ID - Solois sekaligus produser Dean diterpa isu plagiarisme setelah lagu ciptaannya berjudul ‘Where’ ditampilkan dalam program Mnet Show Me The Money 6. Dalam episode yang tayang pada 11 Agustus tersebut, Team Zico & Dean mengalahkan Team Jay Park & Dok2.

Namun karena battle itu, ada kecurigaan jika Team Zico & Dean telah menplagiat lagu DJ Khaled berjudul ‘I’m The One’. Terkait tuduhan tersebut, Dean pun langsung menanggapinya lewat sebuah postingan di akun Instagram pribadinya.

Di postingan pertama, yang sekarang sudah dihapus, Dean mengunggah sebuah video yang membandingkan antara ‘Where’ dan ‘I’m The One’ dan mengatakan, “Apanya yang plagiat? Kalau memakai synth bass adalah plagiarisme maka semuanya pasti plagiat. Diproduseri olehku. Aku bahkan tidak menggunakan lagu DJ Khaled untuk referensi.”

Baca juga: Nam Joo Hyuk Hingga Dean Masuk Daftar Vogue UK '50 Fittest Boys' Tahun Ini

Cowok 24 tahun itu menjelaskan, “Chord dan progresinya sangat berbeda, tapi kalau karena mood-nya yang sama, berarti semua lagu di dunia plagiat. Tolong jangan tunjukkan kebodohanmu. Catatan: kirimkan (lagu) ini ke DJ Khaled dan tanyakan padanya apakah itu plagiat atau tidak.”

Lalu di postingan kedua untuk menggantikan postingan pertama yang dihapus tadi, Dean memberikan penjelasan yang lebih mendalam. “Pertama-tama, ‘I’m The One’ ada di G sementara ‘Where’ di AB. Progresi chord, kunci, pola drum, dan semuanya berbeda. Apa yang kalian anggap serupa adalah synth bass dan instrumen tapi banyak genre yang menggunakan synth bass, tidak hanya hip-hop.”

Dean melanjutkan, “Jika itu plagiarisme karena instrumennya, maka semua lagu serupa yang dibuat oleh produser lain adalah plagiat. Ini mungkin sebuah pertunjukkan bagi sebagian orang, tapi bagi seorang seniman ini adalah produk (karya) dari banyaknya waktu dan tenaga dan ini hidup kita.”

(fzh/Soompi)

Komentar
  • HOT !
    Setelah tiga tahun hiatus, Epik High akhirnya akan comeback dengan merilis album pada 23 Oktober mendatang. Bukan Epik High namanya jika dalam album mereka tidak menggaet sederet musisi dan penyanyi populer untuk dijadikan featuring....
  • HOT !
    Sudah hampir tiga tahun Lee Hongki tak menyapa fansnya lewat proyek drama. Setelah sibuk dengan band nya FT Island yang telah menginjak usia 10 tahun dan juga profesi barunya sebagai penyiar radio, Hongki akhirnya dikonfirmasi akan kembali ke layar kaca....
  • HOT !
    Tidak hanya Indonesia yang tengah bersiap untuk pesta olahraga Asian Games 2018 saja, tetapi negara sahabat Korea Selatan juga akan menjadi tuan rumah dari olimpiade musim dingin pada 2018 mendatang, yang bertempat di Pyeongchang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Jeon Jungkook(BTS), Jeon Heejin(Loona), Jeon Wonwoo, Mingyu(seventeen) Bae Yoobin(OMG), Doyeon(IOI)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)