home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Era 'Perang Konten' di Medsos Grup K-Pop, Netizen: Percuma Kalau Tidak Punya Bakat

Selasa, 22 Agustus 2017 07:00 by fzhchyn | 1660 hits
Era 'Perang Konten' di Medsos Grup K-Pop, Netizen: Percuma Kalau Tidak Punya Bakat
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Disadari atau tidak, saat ini adalah era di mana para grup idola K-Pop aktif menggunakan media sosial sebagai tempat mereka berinteraksi dengan penggemar. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, rasanya sulit bagi fans internasional untuk menyapa idola mereka.

Salah satu boy group yang menciptakan tren membuat konten di media sosial adalah BTS. Bisa dibilang, keaktifan mereka di berbagai platform adalah salah satu kunci kesuksesan grus asuhan Big Hit Entertainment tersebut.

Sejak debut bahkan sebelum resmi debut, BTS secara konsisten menyuguhkan konten sendiri dan berkomunikasi dengan fans melalui media sosial. Postingan-postingan mereka pula yang meningkatkan fandom global BTS.

Laman Osen mengatakan bahwa kasus kesuksesan BTS ini menjadi contoh atau model untuk para idol group junior. Banyak grup K-Pop baru yang membuat dan menampilkan konten untuk menarik fans sejak pra-debut. Semakin banyak konten yang dibuat, aktivitas di berbagai media juga meningkat seperti program reality di channel kabel serta media sosial dan V App.

Saat ini, membuat program reality sebelum debut bagai sebuah keharusan. MelOn dan Mnet bahkan ikut aktif mengoperasikan social channel mereka. “Untuk memperluas sebuah fandom, sangat penting untuk menampilkan konten yang menunjukkan karakter si artis selain lewat musik dan video musik. Ini adalah tren untuk membuat konten yang fresh dari idol group yang didukung oleh agensi untuk berkomunikasi dengan fans global melalui beragam saluran,” kata staf LOEN Entertainment.

Baca juga: 5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?

Meski begitu, netizen rupanya cukup skeptis dengan tren para grup K-Pop baru yang seakan ‘perang konten di media sosial’. Bagi mereka bakat yang dimiliki para group idola adalah hal yang terpenting.

“Sangat jelas kalau BTS memimpin budaya (media sosial) di idola K-Pop saat ini. Mereka adalah yang pertama membuat akun Twitter resmi dan membuat reality show sendiri. Tapi, kalau mereka tidak bagus dalam bernyanyi dan penampilan panggung, mereka tidak akan mendapat popularitas global. Sejujurnya, apa yang spesial dari melihat pria-pria Asia tertawa dalam sebuah show? (Mereka populer) karena musik mereka bagus,” komentar seorang netizen.

“Tentu saja membuat konten sangat penting, tapi itu percuma kalau mereka tidak punya bakat, berusaha keras, atau punya kepribadian dan sikap yang baik. BTS tidak mecapai level ini hanya dengan konten,” komentar netizen lainnya.

Kalau menurutmu bagaimana Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)