home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mitos Serta Ramalan Antara Golden Globes dan Oscar Sering Kejadian, Akankah Terulang?

Selasa, 09 Januari 2018 07:00 by reinasoebisono | 865 hits
Mitos Serta Ramalan Antara Golden Globes dan Oscar Sering Kejadian, Akankah Terulang?
Image source: Evening Standard

DREAMERS.ID - Gelaran Golden Globe Awards 2018 telah selesai dihelat dengan sederet momen-momen menarik di dalamnya. Tapi tahukah kamu jika Golden Globe Awards disebut sebagai ‘peramal’ hasil di academy Awards alias Oscar nanti?

Oscar memang selalu digelar sebulan setelah Golden Globe dan dipercaya adanya mitos kesamaan antara pemenang dari dua ajang penghargaan film bergengsi dunia itu. Melansir ABCNews via CNN Indonesia, pada 2013, pemenang Golden Globe punya peluang 80% memanangkan Oscar juga.

Lebih rincinya lagi, selama 20 tahun terakhir, Untuk kategori Film Terbaik, ada kesamaan sebesar 55 persen antara Golden Globe dan Academy Awards; Sutradara sebesar 60 persen; Aktor terbaik sebesar 60 persen; Aktor pendukung sebesar 65 persen; Aktris terbaik sebesar 85 persen; Aktris pendukung sebesar 55 persen; dan skenario terbaik sebesar 75 persen.

Namun angka tersebut masih berbentuk peluang, artinya masih ada banyak faktor yang membuat hasil keduanya berbeda, seperti yang terjadi pada tahun 2016. Kala itu, Golden Globe memilih 'The Revenant' sebagai Film Terbaik Drama dan 'The Martian' sebagai Film Terbaik Musikal/Komedi, namun Academy Awards justru memberikan Oscar kategori Film Terbaik untuk 'Spotlight'.

Baca juga: Setelah James Franco, Kini Aziz Ansari Juga Terlibat Kasus Pelecehan Seksual!

Salahs atu hal yang bisa membuat hasil berbeda adalah adanya perbedaan mendasar dalam memilih pemenang antara Golden Globe dan Oscar. Fyi, Golden Globe yang diadakan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA) memilih film terbaik dalam dua kategori, yaitu kategori drama dan musikal/komedi.

Sedangkan pihak The Academy selaku penyelenggara Oscar hanya memiliki satu kategori film terbaik. Meski tak disebutkan dalam titel, Oscar sejatinya hanya memilih film terbaik untuk genre drama. Begitu pula untuk nominasi aktor dan aktris.

Perbedaan lain dari Golden Globe dan Oscar jelas adalah para pemilihnya. Pemilih Golden Globe diisi oleh 90 jurnalis yang bertugas meliput dunia hiburan di Hollywoodke seluruh dunia. Sedangkan pemilih Oscar adalah lebih dari 6.000 anggota The Academy yang bekerja di industri perfilman, seperti aktor, sutradara, produser, bahkan teknisi pencahayaan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)