home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagu Baru Jonghyun SHINee Dilarang Siar di KBS, Alasannya?

Kamis, 25 Januari 2018 14:30 by muthiasp | 1809 hits
Lagu Baru Jonghyun SHINee Dilarang Siar di KBS, Alasannya?
Image source: MBC

DREAMERS.ID - Korea Selatan termasuk negara yang ketat dalam menyaring konten untuk disiarkan di sistem penyiarannya, khususnya stasiun televisi publik KBS. Baru-baru ini, mereka mengumumkan melarang siar salah satu lagu dari album terbaru mendiang Jonghyun SHINee.

Dilansir dari laman Naver, Rabu (24/01), perwakilan KBS mengatakan bahwa lagu berjudul ‘Rewind’ dari album bertajuk ‘Poet | Artist’ yang resmi dirilis pada 23 Januari 2018 kemarin, tidak bisa disiarkan di seluruh portal penyiaran publiknya lantaran mengandung bahasa asing.

Potongan lirik yang dianggap bermasalah adalah "いち に さん も う一回だけ(も う一回だけ", yang sebenarnya berarti “Satu, dua, tiga. Satu kali lagi”. Lagu tersebut ditulis dan dikomposeri sendiri oleh Jonghyun, yang bercerita tentang perasaan lelahnya atas apapun yang dilakukan.

Baca juga: Kyuhyun Menangis Dedikasikan Penampilan Terakhir di 'KMS' untuk Jonghyun SHINee

Selain bahasa Jepang, lirik lagu tersebut sebenarnya juga terdapat potongan bahasa Jerman, Perancis, dan Latin. Pelarangan siar lantaran lirik lagu berbahasa Jepang bukan kali pertama dilakukan oleh KBS, sebelumnya mereka juga sempat memblokir lagu ‘DEMO_01’ milik PENTAGON, dan ‘Uh-ee’ Crayon Pop.

Meski demikian, album solo terbaru dan terakhir Jonghyun SHINee ‘Poet | Artist’ berhasil menduduki peringkat pertama iTunes album chart di 24 negara, yaitu Argentina, Brazil, Chili, Denmark, Estonia, Finlandia, Yunani, Guatemala, Hongkong, Jepang, Kazakhstan, Makau, Malaysia, Norwaygia, Paraguay, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Turki, dan Ukraina.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BTS memang telah sering mengatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan album baru untuk dirilis akhir tahun ini. Dan pada 28 September, informasi mengenai comeback BTS ini akhirnya diungkap oleh agensi....
  • HOT !
    Love Virtually menjadi salah satu judul dari dua series terakhir SF8, yang hadir dengan genre komedi romantis. Dikisahkan pada masa depan, lebih dari setengah populasi dunia menggunakan aplikasi virtual 'Love Virtually' untuk berkencan....
  • HOT !
    Program variety SuperM bertajuk SuperM's As We Wish akhirnya resmi ditayangkan per 25 September kemarin. Tantangan pertama yang mereka ambil adalah akting romantis dengan lawan main aktris cantik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)