SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol

Selasa, 17 April 2018 08:15 by muthiasp | 3952 hits
'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Tepat di tanggal 16 April 2018 ini diperingati empat tahun tragedi memilukan tenggelamnya kapal Sewol. Seorang jurnalis bernama Kim Eo Jun membuat film dokumenter yang menceritakan tentang kronologi tenggelamnya kapal hingga dugaan adanya konspirasi.

Film tersebut berjudul ‘Intention’ yang resmi dirilis ke publik melalui beberapa bioskop lokal pada Kamis (12/04) lalu. Film ini disutradarai oleh Kim Ji Yeong dan diproduseri oleh jurnalis Kim Eo Jun. Dalam film itu memperlihatkan kronologi kecelakaan terbesar dalam sejarah Korsel dari hasil analisis data Automatic Identification System (AIS).

Seperti yang diketahui, kapal Sewol tenggelam di area perairan Jindo, Provinsi Jeolla Selatan, dalam perjalanan dari Incheon menuju Jeju. Tragedi itu menelan 304 korban jiwa termasuk 5 korban yang belum ditemukan. Banyak isu-isu negatif mengelilingi penanganan tragedi Sewol.

Diantaranya jaringan koneksi yang korup, dan rantai komando yang tidak efektif dalam operasi penyelamatan, dilihat dari fakta bahwa kebanyakan dari korban merupakan siswa siswi SMA yang menimbulkan kemarahan publik Korea. Sementara dilihat dari analisa pemerintah, ditemukan bahwa muatan kargo yang berlebih jadi penyebab kapal tenggelam.

Baca juga: Youngjae GOT7 Cover Lagu Ciptaan Korban Peringati 4 Tahun Tragedi Kapal Sewol

Namun, teori konspirasi sudah terlanjur banyak muncul. Film ‘Intention’ sendiri dibuat atas dasar fakta bahwa sebagian dari catatan AIS Sewol masih hilang, dan berdasarkan catatan lain Sewol sampai pada kesimpulan bahwa data pemerintah telah dicurangi.

Film ini mengklaim ada sejumlah tekanan yang tidak teratur ditambahkan ke sisi portnya, serta jangkar kiri diturunkan saat kapal berlayar, dan tersangkut di dasar laut. Dari video teaser digambarkan bagaimana tim Kim Eo Jun menganalisa segala dokumen yang berkaitan dengan tragedi tenggelamnya kapal Sewol, potongan video penyelamatan, hingga animasi korban yang terombang-ambing di dalam kapal.

Film ‘Intention’ dibuat dengan biaya cukup fantastis yaitu 2,3 miliar won atau setara dengan 29,5 miliar rupiah yang dikumpulkan melalui donasi. Aktor tampan Jung Woo Sung bahkan ikut serta menjadi narator atau pengisi suaranya, “Saya berpartisipasi dengan harapan banyak orang ingat tragedi Sewol, sekaligus peringatan empat tahun tragedinya,” ujar sang aktor.

(mth)

  • HOT !
    Salah satu member girl group Red Velvet, Joy terpaksa harus meninggalkan pertunjukkan konser ’Red Mare’ di Singapura lebih awal dari jadwal. Hal ini lantaran dirinya dilaporkan mengalami cedera di tengah tengah pertunjukkan....
  • HOT !
    Untuk kesekian kalinya, acara Korea Indonesia Film Festival kembali digelar lagi untuk tahun ini. Sederet film berkualitas dari negeri ginseng maupun tanah air pun akan ditayangkan dalam jangka waktu tiga hari. Simak jadwalnya berikut....
  • HOT !
    Arctic Monkeys mengeluarkan dua pengumuman sekaligus. Masing masing adalah rilisnya sebuah lagu yang belum pernah diperdengarkan bertajuk Anyways, serta sebuah mini dokumentasi bertitel 'Warp Speed Chic'. Kelak, direncanakan Anyways akan turut mengisi koleksi AM yang diwujudkan dalam bentuk piringan hitam 7 inci....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)