SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol

Selasa, 17 April 2018 08:15 by muthiasp | 8457 hits
'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Tepat di tanggal 16 April 2018 ini diperingati empat tahun tragedi memilukan tenggelamnya kapal Sewol. Seorang jurnalis bernama Kim Eo Jun membuat film dokumenter yang menceritakan tentang kronologi tenggelamnya kapal hingga dugaan adanya konspirasi.

Film tersebut berjudul ‘Intention’ yang resmi dirilis ke publik melalui beberapa bioskop lokal pada Kamis (12/04) lalu. Film ini disutradarai oleh Kim Ji Yeong dan diproduseri oleh jurnalis Kim Eo Jun. Dalam film itu memperlihatkan kronologi kecelakaan terbesar dalam sejarah Korsel dari hasil analisis data Automatic Identification System (AIS).

Seperti yang diketahui, kapal Sewol tenggelam di area perairan Jindo, Provinsi Jeolla Selatan, dalam perjalanan dari Incheon menuju Jeju. Tragedi itu menelan 304 korban jiwa termasuk 5 korban yang belum ditemukan. Banyak isu-isu negatif mengelilingi penanganan tragedi Sewol.

Diantaranya jaringan koneksi yang korup, dan rantai komando yang tidak efektif dalam operasi penyelamatan, dilihat dari fakta bahwa kebanyakan dari korban merupakan siswa siswi SMA yang menimbulkan kemarahan publik Korea. Sementara dilihat dari analisa pemerintah, ditemukan bahwa muatan kargo yang berlebih jadi penyebab kapal tenggelam.

Baca juga: Youngjae GOT7 Cover Lagu Ciptaan Korban Peringati 4 Tahun Tragedi Kapal Sewol

Namun, teori konspirasi sudah terlanjur banyak muncul. Film ‘Intention’ sendiri dibuat atas dasar fakta bahwa sebagian dari catatan AIS Sewol masih hilang, dan berdasarkan catatan lain Sewol sampai pada kesimpulan bahwa data pemerintah telah dicurangi.

Film ini mengklaim ada sejumlah tekanan yang tidak teratur ditambahkan ke sisi portnya, serta jangkar kiri diturunkan saat kapal berlayar, dan tersangkut di dasar laut. Dari video teaser digambarkan bagaimana tim Kim Eo Jun menganalisa segala dokumen yang berkaitan dengan tragedi tenggelamnya kapal Sewol, potongan video penyelamatan, hingga animasi korban yang terombang-ambing di dalam kapal.

Film ‘Intention’ dibuat dengan biaya cukup fantastis yaitu 2,3 miliar won atau setara dengan 29,5 miliar rupiah yang dikumpulkan melalui donasi. Aktor tampan Jung Woo Sung bahkan ikut serta menjadi narator atau pengisi suaranya, “Saya berpartisipasi dengan harapan banyak orang ingat tragedi Sewol, sekaligus peringatan empat tahun tragedinya,” ujar sang aktor.

(mth)

  • HOT !
    Proses pemeriksaan pada kasus yang melibatkan Seungri masih terus berjalan. Baru baru ini, ia dicurigai telah menghapus bukti di ponsel miliknya, yang menghubungkannya dengan polisi....
  • HOT !
    Hanya seminggu setelah mengumumkan siap comeback pada April mendatang, BTS sudah memecahkan rekor baru. Angka pre order untuk penjualan album terbaru mereka telah melampaui 2 juta kopi!...
  • HOT !
    Pada tahun 2018 kemarin, stasiun televisi kabel OCN sukses membuat gebrakan dengan drama bergenre exorcism yang kini menjadi tren, yaitu 'The Guest'. Drama Korea itu pun kini ditaksir untuk dibuat versi filmnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)