home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fans Idola K-Pop? Simak Aturan Baru Gaon Chart Terkait Sistem Penghargaan Album Hingga Streaming!

Jumat, 20 April 2018 16:14 by muthiasp | 1564 hits
Fans Idola K-Pop? Simak Aturan Baru Gaon Chart Terkait Sistem Penghargaan Album Hingga Streaming!
Image source: Allkpop

DREAMERS.ID - Gaon Chart menjadi salah satu portal musik terbesar yang ada di Korea Selatan, dan juga menjadi penilaian bergengsi bagi pencapaian para idola K-Pop. Pada Jumat (20/04), Gaon Chart baru saja mengumumkan adanya perubahan sistem sertifikasi atau penghargaan.

Dilansir dari laman Naver, Korea Music Content Industry Association (KMCIA) mengumumkan bahwa Gaon Chart akan menerapkan sistem sertifikasi baru pada sebuah album/lagu berdasarkan penjualan album/lagu, unduhan atau download, dan streaming.

Album akan diberikan sertifikasi ‘Platinum’ saat penjualan mencapai 250 ribu kopi dan ‘Million’ saat album terjual satu juta kopi. Sertifikasi ‘Platinum’ untuk download diberikan kepada lagu yang sudah diunduh sebanyak 2,5 juta kali, dan ‘Million’ juga total unduhan mencapai 10 juta.


Image source: Soompi

Sementara untuk ranah streaming, sertifikasi ‘Platinum’ diberikan kepada karya yang sudah didengarkan secara online sebanyak 100 juta, sementara ‘Million’ untuk yang sudah didengarkan sebanyak satu miliar kali. Aturan baru ini berlaku untuk seluruh album dan lagu yang dirilis setelah 1 Januari 2018.

Baca juga: Gaon Chart Ganti Nama Menjadi 'Circle Chart', Ubah Sistem Lebih Global

Sekretaris Umum dari Korea Music Content Industry Association menjelaskan banyak banyak negara termasuk Amerika, Inggris, dan Jepang sudah menerapkan sertifikasi seperti ini. Namun di Korea belum dan banyak pertanyaan serta permintaan dari Gaon Chart untuk penghargaan seperti ini.

“Kami putuskan untuk menerapkan sertifikasi berdasarkan data Gaon Chart karena sistem seperti itu dibutuhkan untuk negara dengan konsumsi musik yang aktif,” tandasnya.

Siap dukung idola K-Pop kesayangan kamu dengan aturan baru Gaon Chart ini, Dreamers?

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....
  • HOT !
    Suho EXO telah menambahkan Jakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk tur solo pertamanya! Pada 18 April, SM Entertainment mengumumkan bahwa ‘2024 SUHO CONCERT ASIA TOUR’ akan digelar di Jakarta pada 10 Agustus di Tennis Indoor Senayan....
  • HOT !
    V BTS, yang saat ini bertugas di Unit Ssangyong Korps ke 2 Angkatan Darat, menunjukkan penampilannya sebagai prajurit yang gagah melalui video promosi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)