SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Sajaegi, Gerakan Streaming Fans Picu Rencana Realtime Chart Akan Dihapus?

Rabu, 16 Mei 2018 12:19 by muthiasp | 739 hits
Selain Sajaegi, Gerakan Streaming Fans Picu Rencana Realtime Chart Akan Dihapus?
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sajaegi atau trik manipulasi tangga musik masih menjadi masalah besar di industri musik Korea. Belum lama ini skandal sajaegi kembali panas dibahas saat grup MOMOLAND dan solois Nilo diduga melakukan hal tersebut. Akibatnya, muncul wacana perubahan aturan baru.

Dilansir dari laman outlet berita lokal setempat, OSEN (15/05), kementerian dilaporkan sedang dalam tahap mengumpulkan pendapat dari para perwakilan situs musik, dan mulai diskusi tentang hal tersebut. Perwakilan itu juga fokus pada mereka yang berada di Korea Music Content Association (KOMCA).

Perwakilan dari KOMCA dan berbagai situs musik sudah setuju dengan wacana tersebut demi mengakhiri praktik manipulasi tangga musik digital secara ilegal, serta karena proses penghentian itu tidak hanya selesai dengan cara penyelidikan.

Baca juga: Meski Hype Dimana-mana, TXT Masih Tak Bisa Kalahkan Sunmi di Rumah Sendiri

Mereka menilai bahwa isu tentang sistem tangga lagu realtime chart mendorong adanya praktik manipulasi. Untuk itu memungkinkan adanya diskusi tentang perubahan sistem atau menghapusnya.

Tidak sedikit orang yang memang sudah khawatir dengan realtime charts per jam, yang mana menunjukkan grafis pergerakan lagu-lagu di peringkat atas dalam jangka waktu lima menit. Beberapa percaya bahwa itulah yang menyebabkan terjadinya manipulasi, streaming berlebihan dari para penggemar, dan obsesi masuk ke dalam chart.

Saat ini, KOMCA dan perwakilan dari setiap portal musik Korea sedang dalam tahap diskusi tentang cara kerja realtime charts dan rencana-rencana selanjutnya, dibawah pengawasan kementerian.

(mth)

  • HOT !
    Proses pemeriksaan pada kasus yang melibatkan Seungri masih terus berjalan. Baru baru ini, ia dicurigai telah menghapus bukti di ponsel miliknya, yang menghubungkannya dengan polisi....
  • HOT !
    Hanya seminggu setelah mengumumkan siap comeback pada April mendatang, BTS sudah memecahkan rekor baru. Angka pre order untuk penjualan album terbaru mereka telah melampaui 2 juta kopi!...
  • HOT !
    Pada tahun 2018 kemarin, stasiun televisi kabel OCN sukses membuat gebrakan dengan drama bergenre exorcism yang kini menjadi tren, yaitu 'The Guest'. Drama Korea itu pun kini ditaksir untuk dibuat versi filmnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)