SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Lebih Dalam Makna Lagu BTS 'Anpanman' yang Punya Pesan Tulus nan Inspiratif

Minggu, 03 Juni 2018 22:00 by zia92 | 7076 hits
Melihat Lebih Dalam Makna Lagu BTS 'Anpanman' yang Punya Pesan Tulus nan Inspiratif
Image source: MBC

DREAMERS.ID - BTS saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan promosi album comeback mereka ‘Love Yourself: Tear’. Selain lagu utama ‘Fake Love’, BTS juga membawakan track lainnya dalam album saat tampil di program musik, seperti ‘Airplane Pt. 2’ dan ‘Anpanman’.

Baru-baru ini ada sebuah ulasan tentang lirik dan dan tema lagu ‘Anpanman’ yang ditulis sepenuh hati oleh seseorang dan menarik perhatian. ‘Anpanman’ sendiri merupakan lagu upbeat dan fun yang terinspirasi oleh karakter kartun dan pahlawan roti kacang merah dengan nama yang sama.

Anpanman adalah tokoh utama dari dalam serial buku bergambar oleh kartunis Jepang bernama Takashi Yanase. Serial ini kemudian dibuat kartun animasi dan telah ditayangkan di NTV Jepang sejak 1988. Kartun ini juga populer di Korea pada tahun 1990-an.

Anpanman digambarkan sebagai manusia roti kacang merah dan merupakan sosok pahlawan terlemah di dunia. Dia tidak memiliki kekuatan super seperti Batman atau Superman, tapi merupakan pahlawan baik yang membantu mereka yang membutuhkan dan memberi bagian dari kepalnya yang terbuat dari roti kacang merah pada mereka yang lapar.

Jika Batman dan Superman adalah pahlawan bintang yang bisa terbang kemana saja dalam sekejap, Anpanman adalah pahlawan borjuis yang selalu dekat dan tetap di sisi orang-orang untuk waktu yang lama.

Nah, BTS, membandingkan diri mereka dengan karakter Anpanman ini. Ketujuh artis ini mengatakan bahwa mereka ingin menyampaikan keinginan mereka untuk memberikan harapan kepada orang-orang melalui musik dan penampilan mereka dalam lagu tersebut.

Dengan membandingkan diri mereka sebagai bukan pahlawan terkuat di dunia melainkan yang terlemah, BTS tetap setia pada pesan mereka dengan pemikiran bahwa dibandingkan menjadi pahlawan hanya karena kekuatan, kau sebenarnya bisa menjadi pahlawan bahkan jika kau lemah.

Ini mungkin menjadi titik kunci dari ‘Love Yourself: Tear’. Album ini mengatakan bahwa mencintai diri sendiri adalah awal dari cinta sejati, tapi bukan hanya bicara tentang bagian diri sendiri yang terkuat dan kita puas akan itu. Ini sejalan dengan pesan bahwa bahkan jika kau punya kelemahan dan penuh kekurangan, kau harus mencintai dirimu yang sesungguhnya.

Baca juga: #7MoreYearsofBTS, BTS Dipastikan Perpanjang Kontrak dengan Big Hit Entertainment!

Sang penulis review mengatakan bahwa lagu ‘Anpanman’ bagus karena kejujurannya. Saat orang menginginkan sesuatu yang tidak dapat mereka miliki, ada yang berbohong dan mengatakan, “Aku tidak menginginkannya.” Karena mereka tidak dapat memilikinya, mereka mengatakan tidak menginginkannya untuk menjaga harga diri.

Orang-orang semacam itu mungkin mencoba membodohi diri mereka sendiri dengan berpikir, “Aku tidak ingin menjadi superhero, aku keren seperti ini. Namun dalam lirik lagu ‘Anpanman’, mereka menerima kenyataan bahwa, “Menjadi pahlawan yang sangat keren adalah fantasiku, tapi aku bukan superhero.” Dalam sikap ingin menjadi superhero dan jujur mengakui bahwa kau bukan pahlawan, kau bisa merasa menghargai dan mencintai diri sendiri.

Ini adalah cara BTS menghibur orang lain. Mereka tidak memperingatkan orang dengan, “Jangan mencoba menjadi superhero hebat”, tidak berbohong seperti, “Aku tidak ingin menjadi superhero”, dan tidak berkecil hati melainkan, “Aku bukan superhero tapi manusia yang tidak istimewa.”

‘I’m a new generation Anpanman. I’m a new superhero Anpanman’ bisa jadi lirik yang paling bersinar dalam lagu ini. Dengan menyatakan, “Aku adalah superhero baru”, itu memberi kunci untuk mencintai diri sendiri dan mengatakan bahwa pahlawan yang lemah juga tetap seorang pahlawan.

Dalam lagunya BTS mengatakan, “Aku adalah Anpanman, pahlawan terlemah di dunia, dan pahlawan yang lemah juga pahlawan. Aku adalah superhero baru.” Itu merupakan sebuah kesimpulan keren yang penuh ketulusan.

Seperti lirik yang berbunyi, “Waiting for your Anpanman. Akankah kau mengumpulkan sedikit lebih banyak kekuatan. Aku akan menjadi kekuatanmu.” BTS bagai Anpanman yang tidak punya apa-apa untuk ditawarkan pada orang lain, sehingga memberikan bagian dari wajahnya (roti kacang merah). Dialah pahlawan generasi yang baru, tidak seperti Batman yang kuat dan penuh keahlian.”

Meskipun Anpanman mungkin adalah pahlawan yang penuh dengan kesalahan dan perjuangan, ia tahu bahwa ia adalah hasil dari seorang pembuat roti yang mencoba yang terbaik untuk membuatnya, sehingga ia dapat dengan yakin mengatakan bahwa ia adalah seorang pahlawan. Anpanman adalah pahlawan yang mungkin lembut, tapi tentu saja tidak lemah.

Bagaimana menurutmu tentang ulasan ini Dreamers?

(fzh/Soompi)

  • HOT !
    Sebelumnya drama terbaru tvN 'Encounter' atau yang sebelumnya dikenal dengan judul 'Boyfriend' menarik perhatian publik dengan foto teaser Song Hye Kyo. Kini giliran potongan cuplikan dari Park Bo Gum....
  • HOT !
    Sama sama sempat rehat dari layar kaca, Song Hye Kyo dan Park Bo Gum yang sangat dirindukan penggemar kini dipersatukan dalam sebuah drama ‘Encounter’ atau yang sebelumnya dikenal dengan judul ‘Boyfriend’. Drama ini pun sudah punya jadwal tayang pasti....
  • HOT !
    HyunA tidak berhenti membuat penggemarnya heboh. Baru saja diumumkan memilih untuk pisah jalan dengan Cube Entertainment, kini ia membuat media sosial heboh dengan mengunggah lagi momen kencan mesranya dengan E'Dawn PENTAGON....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)