home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Shaun Bantah Tudingan Lakukan Sajaegi, Bukti Pernah Kerjasama Bareng EXO Hingga BTS

Selasa, 17 Juli 2018 12:44 by muthiasp | 4359 hits
Shaun Bantah Tudingan Lakukan Sajaegi, Bukti Pernah Kerjasama Bareng EXO Hingga BTS
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Usai Nilo, muncul lagi salah satu solois pria Korea yang diduga melakukan praktik kecurangan berupa manipulasi atau yang biasa disebut sebagai sajaegi. Ia pun langsung menyatakan bantahan dan ternyata sudah pernah bekerjasama dengan EXO hingga BTS.

Solois Shaun dituding melakukan sajaegi lantaran lagu ‘Way Back Home’ yang dirilis pada 27 Juni bersama dengan album ‘Take’ mendadak berada di peringkat satu di portal musik terbesar di Korea, yaitu Genie, Oleh Music, dan Bugs, mengalahkan TWICE ‘Dance the Night Away’, BLACKPINK ‘DDU-DU DDU-DU’, dan A-Pink ‘I’m So Sick’. Serta berada di posisi ketiga di MelOn, dan posisi lima di Mnet.

DCTOM Entertainment selaku agensi yang menaunginya sudah sempat membantah tuduhan tersebut dan mengklarifikasi jika bukan sajaegi melainkan viral marketing lah yang diterapkannya. Bersamaan dengan itu, Shaun sendiri juga ikut mengeluarkan bantahan.

“Ini bukan manipulasi chart. Sebagai musisi, aku hanya bekerja keras membuat musik, tapi tidak menganalisa bagaimana lagu ini bisa menjadi nomor satu di streaming chart portal musik. Agensi mungkin sudah merilis pernyataan resmi, tapi aku hanya tahu bahwa ini dampak dari Facebook Marketing,” jelasnya.

Baca juga: 8 Lagu Korea yang Viral di Tiktok Sepanjang 2020

Lebih lanjut, Shaun mengatakan, “Aku ingin mengatakan kenapa itu bukan, kenapa itu tidak adil dalam pesan yang lebih panjang, tapi aku pikir itu bukan cara yang benar. Tapi, aku ingin mengatakan bahwa aku membuat musik, aku punya kebanggaan tidak pernah melakukan sesuatu yang memalukan seperti memanipulasi chart”.

Shaun diketahui sebagai anggota band The KOXX yang sekarang aktif menjadi DJ dan produser. Meski lagu ‘Way Back Home’ sebelumnya tidak mendapat perhatian lebih dari publik tetapi sering diputarkan di kafe, restoran, atau menjadi backsound sejumlah acara televisi, hingga mendapat dukungan dari aktris Lee Yoo Bi dan solois Younha.

Selama karirnya sebagai DJ EDM, Shaun ternyata sudah pernah bekerja sama membuat lagu hits untuk EXO, BTS, Epik High, f(x), dan idola K-Pop lainnya. Ia juga ikut andil berkolaborasi dalam penampilan apik EXO di Upacara Penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)