SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warga Korea Ajukan Petisi ke Pemerintah Terkait Karakter Yoo Yeon Seok di Drama 'Mr. Sunshine'

Selasa, 07 Agustus 2018 18:10 by muthiasp | 3497 hits
Warga Korea Ajukan Petisi ke Pemerintah Terkait Karakter Yoo Yeon Seok di Drama 'Mr. Sunshine'
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Drama tvN ‘Mr. Sunshine’ rupanya tidak hanya menarik perhatian publik lantaran produksinya yang seperti film blockbuster maupun alur ceritanya, tetapi juga salah satu karakter yang dinilai bertentangan dengan sejarah yang ada hingga diajukan petisi ke pemerintah.

Adalah karakter Yoo Yeon Seok yang memang sudah menuai kontroversi sejak episode pertama. Aktor tampan itu memerankan karakter Goo Dong Mae pemimpin Black Dragon Society, kumpulan gangster yang memihak ke Jepang. Dalam dramanya, Goo Dong Mae digambarkan memiliki hati yang luluh dengan wanita Korea yaitu Go Ae Shin.

Penggambaran karakter pro-Jepang yang manis ini tidak bisa diterima oleh sebagian penonton sehingga muncul petisi ke pemerintah melalui situs resmi Istana Kepresidenan, agar mengambil tindakan tegas ke drama besutan penulis handal Kim Eun Sook dan sutradara Lee Eung Bok itu, “Mohon Ambil Langkah Tegas ke Drama Pembelokan Sejarah seperti ‘Mr. Sunshine”.

Si pembuat petisi menjelaskan alasannya menyebut drama ini membelokan sejarah, “Jepang dahulunya negara penyerang selama penjajahan Jepang dan perang. Dalam sejarah sebenarnya di mana ada korban yang jelas itu berbahaya untuk digambarkan latar belakang cerita seperti ‘Dia tidak punya pilihan’ pada karakter yang posisinya adalah penyerang”.


Baca juga: Mr. Sunshine, Kim Nam Gil, Hingga Kim Jaejoong Menangkan Penghargaan 'Asia Contents Awards'

Tim produksi lantas menanggapi keluhan dari pembuat petisi itu. Mereka mengetahui jika ada isu yang bisa memberatkan sejarah, “Di samping fiksi, ada drama yang secara akurat mewakili sentimen orang Joseon (Korea Selatan) tanpa ketidaktepatan. Kami terus melihat produksi yang menunjukkan bagaimana budaya Joseon ‘tidak beradab’”.

“Selain karakter utama wanita Go Ae Shin, karakter lain juga menggiring (cerita) drama ini termasuk karakter pendukung Jepang. Motivasi mereka adalah juga menggambarkan Joseon bukan sebagai negara yang menjadi korban, tetapi lebih ke ‘membawanya (masalah) ke diri mereka sendiri’,” jelas perwakilan tim ‘Mr. Sunshine’.

Untuk itu sepanjang sepuluh episode yang sudah tayang dimunculkan juga karakter pengkhianat dari Joseon yang membelot ke Jepang atau negara asing lain demi menyelamatkan diri sendiri. Drama ‘Mr. Sunshine’ sendiri berlatar belakang awal tahun 1900an, tepat sebelum invasi Jepang ke Korea.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Salah satu member boygrup naungan Pledis Entertainment, Seungkwan SEVENTEEN dikonfirmasi akan membintangi sebuah variety show JTBC berjudul ‘5 Bros’. Pelantun lagu ‘Home’ tersebut akan menjadi anak bungsu di acara tersebut....
  • HOT !
    Simon Cowell yang sukses menggagas grup One Direction, Little Mix dan Fifth Harmony memprediksi bahwa Harry Styles, Louis Tomlinson, Niall Horan, Liam Payne akan kembali bersatu untuk menjalani konser tur!...
  • HOT !
    Pada Selasa (13/11) channel youtube NCT Daily kembali merilis konten Youtube yang menampilkan kegiatan NCT Dream saat mereka berkunjung ke Indonesia pada 10 September 2019 yang lalu dalam acara ‘Korean Wave’ yang diselenggarakan di salah satu statiun televisi swasta di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)