home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dipuncaki 'Big 3', Inilah Top 10 Girl Group dengan Penjualan Album Terbanyak Selama 2018

Jumat, 05 Oktober 2018 19:19 by fzhchyn | 13596 hits
Dipuncaki 'Big 3', Inilah Top 10 Girl Group dengan Penjualan Album Terbanyak Selama 2018
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selama tahun 2018, banyak group K-Pop merilis album baru dan lagu-lagunya berhasil merajai chart musik. Namun jika berbicara soal penjualan album fisik, boy group biasanya lebih menjual dan laris jika dibandingkan girl group.

Meski begitu, beberapa girl group tetap ada yang menunjukkan kekuatannya dalam hal penjualan album fisik. Menurut data terbaru dari Gaon dan Oricon, ada 10 girl group teratas yang memiliki angka penjualan album tertinggi selama tahun 2018 ini.

Peringkat pertama tak diragukan lagi datang dari TWICE dengan distribusi album sebanyak 1.339.636 kopi dalam delamapan bulan pertama di tahun 2018, mendapat 56,5 persen. Para gadis asuhan JYP Entertainment ini telah bekerja keras baik di pasar Korea dan Jepang, serta secara konsisten memuncaki tangga lagu, mendominasi album fisik dan digital.

Baca juga: Penjualan Bulanan Album K-Pop Tembus 10 Juta Kopi untuk Pertama Kalinya

Lagu ‘What is Love?’ dan ‘Dance the Night Away’ yang rilis di Korea atau ‘Candy Pop – BDZ Album’ yang rilis di Jepang juga membantu TWICE untuk membuktikan gelar mereka sebagai girl group paling kuat di industri K-Pop saat ini.

Di posisi kedua ada girl group asuhan SM Entertainment, Red Velvet dengan mini album ‘Summer Magic’ yang rilis Agustus lalu. Album ini berhasil terjual sebanyak 286.042 kopi dengan memperoleh 12,1 persen dalam chart. Tiga posisi teratas merupakan artis dari agensi raksasa ‘BIG 3’, di mana BLACKPINK, girl group asuhan YG Entertainment berada di posisi ketiga dengan penjualan album ‘Square Up’ sebanyak 236.000 kopi, mendapat 10 persen.

Tujuh sisanya merupakan nama-nama yang tidak asing bagi netizen dan penikmat musik K-Pop, yaitu GFRIEND dengan 6,3 persen, MAMAMOO 3,6 persen, APINK 3,5 persen, MOMOLAND 2,7 persen, Cosmic Girls 1,9 persen, Lovelyz 1,8 persen. Khususnya, girl group rookie LOONA juga muncul di No. 10 dalam chart dengan penjualan album 41.583 kopi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....
  • HOT !
    Doyoung menjadi anggota NCT selanjutnya yang resmi debut solo dengan merilis album pertama YOUTH pada 22 April pukul 6 sore KST, beserta lagu utama Little Light dan video musiknya....
  • HOT !
    Ji Chang Wook akan kembali ke Indonesia setelah dua tahun. Dia dikonfirmasi akan menggelar fansign di Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)