SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pihak GDA Ungkap Bagaimana BTS dan iKON Bisa Menangkan Penghargaan Daesang

Senin, 07 Januari 2019 11:46 by zia92 | 1413 hits
Pihak GDA Ungkap Bagaimana BTS dan iKON Bisa Menangkan Penghargaan Daesang
Image source: JTBC

DREAMERS.ID - Resmi digelar selama dua hari pada 5 dan 6 Desember kemarin, ajang penghargaan 33rd Golden Disc Awards mengungkapkan detail di balik kemenangan BTS dan iKON yang meraih penghargaan tertinggi atau Daesang. Outlet berita Ilgan Sports merilis laporan yang menjelaskan bagaimana jajaran komite menentukan pilihan mereka.

Pada 6 Januari, BTS membawa pulang piala Daesang Album of the Year kedua dari ajang penghargaan ini dengan album ‘Love Yourself: Answer’. Sementara pada 5 Januari, iKON dianugerahi Daesang Digital Song of the Year untuk lagu hits mereka ‘Love Scenario’.

Menurut laporan, data untuk penghargaan Daesang didasarkan pada data penjualan album yang dirilis antara Desember 2017 hingga November 2018. Data penjualan diambil dari statistik Gaon Chart hingga Desember 2018. Dalam hal ini, seorang artis telah merilis lebih dari satu album dalam periode waktu tersebut, dan komite akan memilih album dengan penjualan tertinggi untuk masuk dalam nominasi.

Selain itu, dalam evaluasi untuk penghargaan Bonsang dna Daesang, album OST untuk variety maupun drama tidak dimasukkan. Album dianggap memenuhi syarat jika memiliki enam lagu baru atau lebih. Track seperti intro, outro, instrumental, dan versi lain dari lagu dalam album yang sama juga tidak termasuk.

Total nilai ditentukan 70 persen oleh penjualan serta 30 persen oleh evaluasi pakar dan komite. Data penjualan Gaon Chart diubah menjadi nilai dan digunakan sebagai standar untuk evaluasi kuantitatif, sedangkan evaluasi kualitatif dilakukan oleh komite eksekutif GDA, yang terdiri dari 30 ahli dari berbagai bidang termasuk distributor, produser TV, kritikus musik, dan reporter budaya pop.

Baca juga: Kisah Fiksi BTS Universe Dibuat Webtoon, Bakal Jawab Semua Teori Fans?

BTS yang memenangkan Daesang Album of the Year selama dua tahun berturut-turut, mencetak poin tertinggi dalam semua evaluasi dan tidak dapat disangkal sebagai pemenang Daesang tahun ini. BTS menaikkan nilai lebih tinggi lagi dengan penjualan album ‘Love Yourself: Answer’ yang melampaui 2 juta kopi.

Komite eksekutif semuanya memilih BTS dan mereka juga menerima 29 dari 30 suara dalam evaluasi Album of the Year. Dengan nilai hampir sempurna 99,7 poin, BTS berada jauh di depan nominasi lainnya. Tepat setelah BTS ada EXO yang menerima skor 55,6 poin. Sementara tiga album teratas yang dipilih komite adalah dari BTS, Wanna One, dan TWICE.

Ada sedikit kompetisi yang menarik dari artis YG Entertainment dalam kategori album GDA tahun ini. Penjualan album iKON dan BLACKPINK keduanya cukup tinggi dan keduanya juga memimpin dalam hal evaluasi kualitatif. BLACKPINK dan iKON hanya memiliki perbedaan kecil dalam skor mereka yaitu 3,4 poin.

‘Love Scenario’ milik KON menerima 17 dari 30 suara dalam evaluasi untuk Daesang Digital Song of the Year. Dalam evaluasi pilihan ganda, BTS, BLACKPINK, dan iKON menunjukkan skor tinggi dengan masing-masing 29, 27, dan 25 suara.

(fzh)

  • HOT !
    Yoo In Na akan segera kembali ke layar kaca dengan membintangi drama terbaru tvN ‘Touch Your Heart’ yang siap tayang perdana pada 6 Februari mendatang. Dalam wawancara baru baru ini, ia berbicara banyak tentang drama barunya tersebut....
  • HOT !
    Dari rumor hingga akhirnya dikonfirmasi bakal debut, sub unit terbaru NCT yang bernama WayV terus menarik perhatian publik. Kini, WayV pun resmi debut dengan membawakan versi Tiongkok dari lagu NCT 127 ‘Regular’....
  • HOT !
    Stray Kids tidak hanya menarik perhatian karena lagu lagunya saja, melainkan juga pesona masing masing dari setiap membernya. Seperti si maknae I.N yang khas dengan behelnya. Jelang ke Indonesia, I.N pun siap tampil beda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LatifahNL999
Cast : Nana || Chanyeol || Lizzy || Baekhyun || Eyoung || Luhan || Others

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)