SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi

Selasa, 08 Januari 2019 12:28 by muthiasp | 1369 hits
Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sasaeng fans merupakan penggemar yang menunjukkan sikap suka kepada idolanya dengan cara yang melewati batas, bahkan cenderung membahayakan. Namun jika ada langkah hukum yang ingin diambil untuk ‘melawan’ mereka, justru bisa merugikan bagi agensi?

Pada program radio CBS ‘Kim Hyun Jung’s News Show’, kritikus budaya Kim Sung Soo mengatakan bahwa akan sulit bagi agensi untuk mengambil langkah hukum dalam menindak sasaeng fans yang suka menjual informasi pribadi dari para idola K-Pop. Bahkan berpotensi merugikan investasi yang selama ini ditanam.

“Jika kau menangkap penjualnya, maka pembeli juga jadi kriminal. Namun, para pembeli itu adalah penggemar. Jika kalian mengambil langkah tegas ke jalur hukum, efeknya bisa lebih dari yang diinginkan oleh agensi. Promosi idola K-Pop itu pendek. Jika kontraknya 7 tahun, maka agensi menginvestasikan 4 tahun dan menuai keuntungan selama 3 tahun”.

Baca juga: Sudah Kantongi Bukti, JYP Entertainment Resmi Laporkan Sasaeng GOT7!

“Untuk agensi, resikonya terlalu besar,” jelas Kim Sung Soo. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa awalnya agensi-agensi yang mendorong kebocoran informasi seperti, 'Idola-idola tertentu akan ada di konser ini atau stasiun siaran ini’. Orang lain mungkin berpendapat jika metode pertama di mana fandom menjadi korban penjahat diajarkan oleh agensi sendiri.

Namun di sisi lain, beberapa jenis respon tegas diperlukan karena sesungguhnya penjualan informasi pribadi dapat menyebabkan dampak yang negatif dari segi emosional maupun materi. Serta tentunya membahayakan idola K-Pop sendiri jika sasaeng fans sudah bertindak di luar batas kewajaran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (28/05) sepertinya menjadi hari yang terbaik bagi NCT 127 dan juga para penggemar, karena akhirnya meraih trophy pertama mereka untuk ‘Punch’ di M!Countdown. Sayangnya, NCT 127 tidak hadir dalam acara Mnet tersebut....
  • HOT !
    Kurang lebih sudah dua bulan, para penikmat K Drama dihibur dengan penayangan drama tvN Hospital Playlist yang berakhir pada Kamis (28/5) malam. Para pemain pun menyampaikan salam perpisahan dan tidak sabar untuk kembali dengan musim kedua....
  • HOT !
    Park Hae Jin beberapa waktu lalu sempat mencuri perhatian lewat aksinya dalam membantu tugas pemadam kebakaran. Hal itu membuatnya menerima penghargaan layanan untuk pekerjaan sukarelawannya sebagai petugas pemadam kebakaran kehormatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)