SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi

Selasa, 08 Januari 2019 12:28 by muthiasp | 1246 hits
Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sasaeng fans merupakan penggemar yang menunjukkan sikap suka kepada idolanya dengan cara yang melewati batas, bahkan cenderung membahayakan. Namun jika ada langkah hukum yang ingin diambil untuk ‘melawan’ mereka, justru bisa merugikan bagi agensi?

Pada program radio CBS ‘Kim Hyun Jung’s News Show’, kritikus budaya Kim Sung Soo mengatakan bahwa akan sulit bagi agensi untuk mengambil langkah hukum dalam menindak sasaeng fans yang suka menjual informasi pribadi dari para idola K-Pop. Bahkan berpotensi merugikan investasi yang selama ini ditanam.

“Jika kau menangkap penjualnya, maka pembeli juga jadi kriminal. Namun, para pembeli itu adalah penggemar. Jika kalian mengambil langkah tegas ke jalur hukum, efeknya bisa lebih dari yang diinginkan oleh agensi. Promosi idola K-Pop itu pendek. Jika kontraknya 7 tahun, maka agensi menginvestasikan 4 tahun dan menuai keuntungan selama 3 tahun”.

Baca juga: Diduga Sasaeng Fans, Big Hit Jelaskan Sosok Wanita di Pintu Kamar Hotel BTS

“Untuk agensi, resikonya terlalu besar,” jelas Kim Sung Soo. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa awalnya agensi-agensi yang mendorong kebocoran informasi seperti, 'Idola-idola tertentu akan ada di konser ini atau stasiun siaran ini’. Orang lain mungkin berpendapat jika metode pertama di mana fandom menjadi korban penjahat diajarkan oleh agensi sendiri.

Namun di sisi lain, beberapa jenis respon tegas diperlukan karena sesungguhnya penjualan informasi pribadi dapat menyebabkan dampak yang negatif dari segi emosional maupun materi. Serta tentunya membahayakan idola K-Pop sendiri jika sasaeng fans sudah bertindak di luar batas kewajaran.

(mth)

  • HOT !
    Meski sudah resmi menikah dengan Reino Barack, Syahrini kembali diterpa gossip miring. Syahrini disebut memiliki hubungan dengan seseorang yang disebut ‘Pak Haji’. Sebagai sahabat, Hotman Paris pun angkat bicara soal isu tersebut....
  • HOT !
    Program survival terbaru bentukan Mnet ‘Produce X 101’ sudah resmi dimulai. Dipandu oleh Lee Dong Wook, para kontestan menyapa penonton dengan membawakan penampilan dari lagu tema terbaru berjudul ‘X1 MA’ pada Kamis (21/03)....
  • HOT !
    Dalam satu hari, dua selebriti pria yang terlibat dalam kasus besar ditetapkan sebagai tersangka. Setelah Jonghoon, kini giliran Seungri yang kembali terbukti melanggar hukum atas operasional ilegal sebuah klub malam, pada Kamis (21/03)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)