home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

TXT dan ITZY, Bakal Teruskan Kejayaan Idola K-Pop Gen 3 atau Dimulainya Awal Gen 4?

Rabu, 30 Januari 2019 12:00 by fzhchyn | 10093 hits
TXT dan ITZY, Bakal Teruskan Kejayaan Idola K-Pop Gen 3 atau Dimulainya Awal Gen 4?
Image source: Big Hit/JYP

DREAMERS.ID - Tahun 2019 dipastikan akan menjadi tahun di mana banyaknya grup rookie bermunculan, termasuk TXT dan ITZY, yang sudah menarik perhatian publik dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini membuat netizen bertanya-tanya apakah mereka akan memulai generasi idola K-Pop ke-4 atau akan terus melanjutkan masa kejayaan generasi ke-3.

Naik turunnya idola K-Pop selalu menjadi bahan yang kontroversial di kalangan fans selama bertahun-tahun. Hal ini karena tidak ada seorang pun atau dokumen resmi yang mengatur ‘masa’ dari sebuah generasi. Tiga generasi pertama dari idola K-Pop berlangsung selama 7 tahun, di mana Gen 1 (1996-2003), Gen 2 (2004- 2011), dan Gen 3 (2012-sekarang).

Jika melihat ‘aturan tak tertulis’ yang ditemukan para fans tersebut, dapatkah grup rookie yang debut di tahun 2019 memulai idola K-Pop Gen 4? Sebelumnya, kita lihat dulu bagaimana perkembangan K-Pop dari beberapa generasi ini.

Gen 1

Idola generasi pertama Korea muncul bersamaan dengan perubahan gaya dan materi musik dari tradisional ke trendi pada waktu itu di AS. Pelopor dalam gaya ini adalah Seo Taiji and Boys. Setelah mereka muncul sebagai sebuah fenomena, banyak grup dari perusahaan hiburan lain ‘mempelajari’ gaya ini. Pertarungan fandom terbesar pada waktu itu adalah antara fans grup musik legendaris SM Entertainment, H.O.T dan legenda lain dari DSP Media, SECHSKIES.

Gen 2

Dapat dikatakan bahwa Gen 2 dari K-Pop adalah generasi yang telah berkontribusi pada penyebaran Hallyu Wave ke seluruh Asia secara khusus dan dunia secara umum. Di saat yang sama, ini juga menjadi generasi yang membentuk budaya ‘fandom’. Dibandingkan dengan generasi pertama, artis Gen 2 mungkin akan lebih akrab dengan fans karena banyak grup yang masih mempertahankan aktivitas mereka. Untuk grup pria, kita memiliki Super Junior dari SM Entertainment, sementara untuk girl group juga punya banyak nama yang menonjol.

Gen 3

Baca juga: TXT Catat Rekor Baru di Billboard 200 dengan Debut 'minisode 3: TOMORROW'

Grup dari Gen 2 saat ini lebih banyak fokus pada kegitatan individu, membuat lahan K-Pop saat ini dikuasai idola K-Pop Gen 3, yang diawali dengan EXO. Namun jika berbicara tentang grup yang paling terkenal dan sukses dari gen 3, kebanyak sepakat untuk menyebut nama BTS, grup yang bukan datang dari agensi BIG 3 (SM, YG, JYP).

Selain itu, Wanna One, yang meskipun hanya menjadi proyek grup selama 18 bulan, juga telah meninggalkan jejak tertentu di industri K-Pop. Sedangkan untuk girl group, kenaikan yang mengesankan dari TWICE telah membantu mereka selangkah demi selangkah menjadi girl group nasional seperti SNSD, di mana mereka juga menghidupkan kembali JYP yang berada di ambang krisis pada tahun 2015. BLACKPINK dan Red Velvet adalah dua nama yang bisa disandingkan dengan TWICE.

Gen 4?

Fans juga membuat prediksi bahwa dengan banyak grup rookie bermunculan, 2019 mungkin akan menjadi awal dari idola Gen 4 dengan dua grup TXT dan ITZY. Namun, dengan grup Gen 3 seperti BTS, TWICE, dan BLACKPINK yang masih berada di puncak karir mereka dan diperkirakan akan melanjutkan masa keemasan selama beberapa tahun lagi, mungkin belum layak bagi Gen 4 untuk memulai masanya.

Dalam kasus ITZY, rookie JYP ini hanya berbeda 4 tahun dengan TWICE, jarak yang relatif pendek dari saat TWICE memulai debutnya setelah Wonder Girls, yaitu 9 tahun. Karena itu TWICE masih akan terus berpromosi secara positif meski ITZY akan debut tahun ini.

Selama dinding Gen 3 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, mungkin grup rookie seperti TXT atau ITZY akan menjadi elemen baru yang menambah palet warna Gen 3. Selain itu, Banyak rookie lainnya yang akan membuat kompetisi di tahun 2019 lebih intens dari sebelumnya, termasuk boy group baru YG, Treasure.

Kalau menurutmu bagaimana, Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)