SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seperti Transaksi Narkoba, Kritikus Musik Jelaskan Mengapa Sajaegi Sulit Diungkap

Selasa, 26 November 2019 17:07 by zia92 | 431 hits
Seperti Transaksi Narkoba, Kritikus Musik Jelaskan Mengapa Sajaegi Sulit Diungkap
Image source: CBS

DREAMERS.ID - Pada 26 November, program radio CBS ‘Kim Hyun Jung’s News Show’ mewawancarai kritikus musik Kim Jak Ga tentang manipulasi chart digital. Topik ini menarik perhatian lagi setelah Park Kyung Block B membuat postingan yang menuduh sejumlah artis melakukan sajaegi.

Penyiar Kim Hyun Jung sebelumnya mewawancarai Kim Jak Ga tentang topik yang sama dua tahun yang lalu, dan ia mengatakan bahwa manipulasi chart itu memang ada. Dalam wawancara baru ini, ia mengatakan, “(Manipulasi chart) telah menjadi luas dan jelas (sejak 2017).” Dan melanjutkan, “Tidak ada contoh dengan bukti hukum atau keputusan. Ini adalah kebenaran yang secara terbuka diketahui oleh orang-orang di industri musik, dan mereka juga menerima penawaran seperti itu.”

Kim Jak Ga kemudian menjelaskan bahwa mereka menerima penawaran, namun masalahnya adalah proses tersebut sangat rahasia seperti halnya transaksi narkoba. Mereka yang menerima penawaran tersebut bahkan tak bertemu langsung dengan si makelar dan manajer pabrik kecuali benar-benar menandatangani kontrak.

Baca juga: 'Unanswered Questions' Kembali Sampaikan Permintaan Maaf Atas Siaran yang Rugikan NU'EST

“Manipulasi chart digital dapat dengan jelas dilihat sebagai kejahatan, tetapi tidak ada cara untuk mengkonfirmasi metode yang dilakukan tanpa terlibat secara pribadi dalam kejahatan juga,” kata Kim Jak Ga. Ia kemudian menjelaskan bahwa penawaran dilakukan oleh makelar dengan memperkenalkan diri sebagai pelaku bisnis viral. Mereka mengatakan bahwa jika sejumlah uang dibayarkan, mereka akan mempertahankan (lagu) di No. 1 pada chart untuk jumlah jam tertentu.

Penyiar Kim Hyun Jung bertanya, “Jika peringkat dinaikkan sekaligus pada larut malam atau dini hari saat jumlah pengguna rendah, peringkat mereka dapat dipertahankan sepanjang hari oleh orang-orang yang melihat mereka di puncak chart dan mendengarkan karena penasaran, kan?” dan Kim Jak Ga membenarkannya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Maia Estianty menjadi salah satu selebriti yang melayat ke rumah duka Ashraf Sinclair di kawasan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan....
  • HOT !
     Parasite terus menorehkan prestasi bersejarah di kancah perfilman internasional. Setelah Oscar, film tersebut baru saja memecahkan sejarah di tangga box office Jepang. Dengan menjadi film Korea pertama berada di peringkat satu setelah 15 tahun....
  • HOT !
    Penampilan perdana Moon Ga Young untuk dram abaru MBC ‘The Way He Remembers’ (judul sementara) akhirnya terungkap. Ia tampil stunning memerankan karakter yang tak jauh dari profesi aslinya, yaitu seorang aktris....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)