home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Termasuk YG, 13 Label Musik dan Agensi Korea Tuntut Situs MelOn Atas Pembagian Royalti

Kamis, 30 Januari 2020 13:45 by muthiasp | 1709 hits
Termasuk YG, 13 Label Musik dan Agensi Korea Tuntut Situs MelOn Atas Pembagian Royalti
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Salah satu situs musik terbesar di Korea Selatan, MelOn, tengah diselidiki atas kasus dugaan tidak membagikan royalti kepada sejumlah artis dan label maupun agensi. Hal itu membuat 13 label musik termasuk agensi mengajukan tuntutan ganti rugi.

Berdasarkan laporan dari outlet media lokal Korea, Edaily, 13 perusahaan yang terlibat dalam distribusi musik telah mengajukan tuntutan kepada Kakao, perusahaan yang menangani MelOn saat ini, dan CEO Shin dari LOEN Entertainment, ke Pengadilan Negeri Seoul pada 31 Desember 2019.

Mereka mengajukan tuntutan ganti rugi senilai 5 miliar won atau sekitar Rp 57,4 miliar, atas royalti yang belum dibayarkan. Sembilan dari 13 perusahaan yang menuntut MelOn diantaranya adalah Sony Music Entertainment Korea, Warner Music Korea, Danal Entertainment, Digital Record, NHN Bugs, Yejeon Media, YG Entertainment, YG Plus, dan Universal Music.

Baca juga: Lagu Baru BLACKPINK ‘How You Like That’ Catat Rekor Baru di Chart Melon hingga iTunes

Pengacara yang mewakili mereka, Lee Dong Geun, mengatakan, “Terdakwa (MelOn) secara sewenang-wenang mengubah metode penyelesaian atau menciptakan perusahaan virtual untuk memperoleh royalti yang semula dimaksudkan untuk didistribusikan ke Sony Music dan perusahaan terkait musik lainnya”.

Perusahaan yang tidak disebutkan namanya dalam gugatan itu juga menjelaskan mengapa mereka mengajukan keberatan terhadap MelOn, “Sisi MelOn telah mengatakan mereka akan memberikan kompensasi, tetapi harus ada dasar untuk kompensasi, Kami mengajukan gugatan untuk mengklarifikasi kasus ini, untuk membuat tuntutan kami lebih spesifik”.

Kakao, yang saat ini merupakan perusahaan induk Melon, menyatakan bahwa mereka telah memulai investigasi internal mengenai kompensasi atas perusahaan yang terkena dampak, dan akan terus berkonsultasi dengan perusahaan yang terkena dampak untuk mengkonfirmasi rincian sebelum mengambil langkah lebih lanjut.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Shin Min Ah melakukan wawancara mendalam dengan Marie Claire terkait film barunya ‘Diva’. Dalam film ini, ia berperan sebagai Lee Young, yang dijuluki “diva dunia selam”. Namun setelah kecelakaan mobil, hal hal gila menimpanya saat ia berjuang dengan amnesia dan sahabatnya, Soo Jin (Lee Yoo Young) menghilang....
  • HOT !
    Chris Hemsworth kembali membintangi film Netflix. Kali ini dia akan bermain dalam film berjudul Spiderhead setelah dinilai sukses di film Extraction....
  • HOT !
    BLACKPINK masih terus berjaya di platform YouTube. Jumlah subscribers atau pelanggan di channel YouTube mereka terus naik dan kini telah menjadikan BLACKPINK sebagai artis kedua dengan jumlah subscribers terbanyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)