home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Top Social Artist #BBMAs, ‘Penghargaan Kertas’ yang Kini Jadi Incaran Banyak Fans K-Pop

Rabu, 08 Juli 2020 21:00 by zia92 | 789 hits
Top Social Artist #BBMAs, ‘Penghargaan Kertas’ yang Kini Jadi Incaran Banyak Fans K-Pop
Image source: OSEN

DREAMERS.ID - Tahun 2017 lalu, BTS mencatatkan sejarah sebagai artis Korea pertama yang menghadiri dan mendapatkan penghargaan di Billboard Music Awards (BBMA). Di malam penghargaan, grup diumumkan sebagai pemenang Top Social Artist.

Pada saat itu, BTS harus bersaing dengan nama-nama bintang pop dunia seperti Justin Bieber, Selena Gomez, Ariana Grande, dan Shawn Mendes. Selain karena musiknya yang semakin dikenal secara internasional, BTS juga bisa masuk sebagai nominator berkat performanya di chart Billboard Social 50.

Top Social Artist sendiri merupakan salah satu dari dua penghargaan di BBMA yang ditentukan oleh voting penggemar. Sejak pertama kali dihadirkan pada tahun 2011 lalu, Justin Bieber adalah pemenang langganan kategori ini, di mana ia sudah memenangkannya sebanyak enam kali hingga tahun 2016. Hingga akhirnya gelar Top Social Artist berhasil direbut BTS selama tiga tahun berturut-turut pada 2017, 2018, dan 2019.

Baca juga: Harry Styles Perdana Rajai Tangga Lagu Billboard

Banyak yang mengapresiasi dan bangga akan pencapaian BTS tersebut, namun tak sedikit juga pihak yang meremehkannya. Pada 2017 saat BTS pertama kali memenangkannya, banyak yang menganggap Top Social Artist bukanlah penghargaan yang bergengsi, bahkan menyebutnya sebagai ‘paper awards’ alias penghargaan kertas karena pada saat itu penghargaan dipersembahkan dalam bentuk kartu pop-out 3D.

Namun dengan K-Pop yang semakin mengglobal, artis Korea mulai mendominasi chart Billboard Social 50. Dalam chart terbarunya pada 4 Juli 2020, posisi Top 5 ditempati oleh grup K-Pop. Selain itu, pada BBMA 2019, untuk pertama kalinya tiga grup K-Pop masuk nominasi Top Social Artist, yaitu BTS, EXO, dan GOT7.

Chart Social 50 dan nominasi Top Social Artist yang awalnya diremehkan kini bagai ‘medan perang’ bagi para fans K-Pop yang berlomba-lomba membuat idolanya semakin diakui. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Boy group ASTRO akan meramaikan perilisan musik di bulan September mendatang. Namun bukan sebagai full group, melainkan sub unit dengan dua member, yaitu Moonbin dan Sanha!...
  • HOT !
    Satu lagi proyek animasi Amerika melirik idola K Pop untuk menjadi pengisi suaranya. Adalah Nichkhun 2PM dan Jae DAY6 yang akan mengisi suara serial Big Hero 6....
  • HOT !
    Pada Kamis (13/08), JYP Entertainment selaku agensi dari girl group TWICE memberikan pengumuman secara resmi terkait penampilan Jeongyeon dalam acara Soribada Best K Music Awards 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)