home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Penulis Lagu Jenius di Kalangan Idola K-Pop

Kamis, 07 Januari 2021 14:30 by fzhchyn | 1063 hits
5 Penulis Lagu Jenius di Kalangan Idola K-Pop
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Semakin banyak grup K-Pop yang para membernya bisa menciptakan lagu-lagu untuk mereka sendiri. Mereka adalah “idol composers” atau “idol producers” luar biasa yang mampu mendapatkan royalti besar dari bank lagu mereka. Siapa saja kah para idola berbakat ini?

G-Dragon BIGBANG

Setelah debut bersama BIGBANG dengan single album di tahun 2006, G-Dragon telah menulis sejumlah lagu hits untuk grupnya, termasuk ‘Lies’, ‘Last Farewell’, ‘Haru Haru’, ‘Tonight’, ‘Fantastic Baby’, ‘Loser’, ‘Bae Bae’, ‘Bang Bang Bang’, ‘If You’, ‘Let’s Not Fall In Love’, ‘We Like 2 Party’, ‘FXXK IT’, dan ‘Flower Road’.

Selain itu, G-Dragon juga telah menunjukkan bahwa dia adalah penyanyi-penulis lagu yang jenius ketika menulis musik dan lirik untuk lagu utama ‘Heartbreaker’ dari album solo pertamanya, ‘A Boy’, ‘Crayon’, ‘Crooked’, lagu unit GDXTaeyang ‘Good Boy’, dan banyak lagi.

Zico BLOCK B

Muncul ke publik sebagai bagian dari Block B pada tahun 2011, Zico menulis lagu utama grup ‘Her’, ‘Jackpot’, dan lainnya. Namun, setelah itu, bakat Zico semakin bersinar ketika ia bersolo karier. Setiap lagu yang dia rilis, mulai dari mega-hit ‘Any Song’ di awal tahun 2020 hingga ‘Bermuda Triangle (Feat. Crush, DEAN)’, ‘I Am You, You Are Me’, ‘Eureka’, ‘Boys And Girls’, ‘Tell Me Yes Or No’, dan ‘Okey Dokey’, semuanya menaklukkan tangga musik, membawa penyanyi berbakat ini gelar “raja musik digital”.

Hebatnya, Zico juga menulis musik dan lirik untuk lagu utama ‘I Luv It’ di album vol. 8 penyanyi senior PSY di tahun 2017.

Suga BTS

Baca juga: Melihat Tren 'Silver Spoon' Terjun ke Dunia Hiburan, Sudah Kaya Mau Jadi Idola

Ketika BTS pertama kali debut, mereka mendapatkan popularitas berkat lagu yang ditulis oleh Bang Si Hyuk, produser dan CEO agensi mereka. Namun, partisipasi dan kontribusi para member terhadap album meningkat secara bertahap.

Khususnya Suga, yang memiliki pengalaman menulis lagu sebelum debut  dengan antusias menunjukkan kemampuan musik yang ketika bekerja dengan berbagai artis, seperti Suran ‘Wine’ yang mendapat cinta dan respon lebih dari yang diharapkan dan lagu ‘eight’ di mana ia berkolaborasi dengan IU meroket ke No. 1 chart. Selain itu, Suga juga tampil dalam lagu Epik High dan Lee Sora.

Woozi SEVENTEEN

Sejak debut mereka pada Mei 2015, SEVENTEEN telah dijuluki "idol producers". Mayoritas lagu grup diproduksi oleh para membernya sendiri, dengan Woozi menjadi yang paling menonjol. Lagu khas yang dibuat oleh Woozi antara lain ‘Adore U’, ‘Oh My!’, ‘Clap’, ‘Don't Wanna Cry’, ‘BoomBoom’, ‘Very Nice’, ‘Pretty U’, ‘Mansae’, dan ‘HOME; RUN’.

Selain itu, penyanyi pria tersebut juga menulis musik dan lirik untuk hit ‘Downpour’ oleh girl grup I.O.I. Woozi pernah berbagi dalam sebuah acara radio, "Saya menerima pir Naju dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea. Royalti dari 'Downpour' saja sudah cukup untuk aku syukuri."

Hui PENTAGON

Hui, member PENTAGON yang debut tahun 2016 adalah songwriter-idol dengan masa depan yang menjanjikan. Selama ini, ia sering terlibat dalam produksi lagu-lagu PENTAGON seperti lagu debut ‘Like This’, ‘Shine’, ‘Naughty Boy’, ‘Dr. BeBe’, dan lainnya.

Terutama ‘NEVER’, lagu kompetisi dalam Mnet ‘Produce 101 Season 2’yang tayang pada tahun 2017 dan lagu debut Wanna One ‘Energetic’ dibuat oleh Hui, yang kemudian mengambil alih No 1 di tangga lagu dan menjadi hits. Hui pernah mengenang waktu itu, "Pembuatan 'Energetic' adalah yang paling singkat. Rasanya, dibandingkan mengambil 10.000 won sambil berjalan, saya mengambil sesuatu yang lebih besar, seperti batangan emas, dan memasukkannya ke dalam saku".

(fzh/osen)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)