home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suka Nonton K-Pop Pakai ‘Link Haram’? Awas Dampak Buruknya Bagi Idolamu

Minggu, 10 Januari 2021 16:20 by fzhchyn | 1515 hits
Suka Nonton K-Pop Pakai ‘Link Haram’? Awas Dampak Buruknya Bagi Idolamu
Image source: usnews

DREAMERS.ID - Memang tak semua konten idola kesayangan bisa diakses secara mudah dan gratis. Karena itu, para fans K-Pop ini biasanya memanfaatkan ‘link haram’ alias link yang disediakan orang lain untuk menonton acara online atau bahkan siaran langsung dari Korea secara ilegal.

Dengan perkembangan teknologi, fans saat ini dapat dengan mudah menonton siaran langsung acara melalui streaming ilegal dari situs-situs seperti Twitch atau bahkan Periscope yang disiapkan oleh fans yang memiliki akses resmi.

Meskipun hal seperti ini mungkin memudahkan dan menguntungkan bagi sebagian fans, namun praktik ini sebenarnya dianggap sebagai tindakan yang harus dihentikan. Melansir dari Kpopmap, inilah 3 alasan mengapa kamu harus mulai menghindari streaming ilegal karena dapat merugikan komunitas K-Pop dalam jangka panjang.

1. Apresiasi usaha artis dan staf

Siapa sih yang tidak menyukai gratisan? Tapi dalam hal mendukung idola atau grup favorit, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membayar layanan streaming resmi.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa tiket konser atau fanmeeting online terlalu mahal dan bertanya-tanya alasan di balik harga tersebut. Dalam hal mempersiapkan panggung online, banyak yang mungkin telah mengabaikan bagaimana persiapannya mulai dari set panggung, kostum, makeup, styling, staf streaming dan banyak lagi disatukan untuk melakukan satu pertunjukan.

Untuk menunjukkan apresiasi atas usaha keras yang dikerjakan para idola dan stafnya itu, hal terbaik yang bisa fans lakukan hanyalah membeli akses siaran langsung secara resmi.

2. Pihak penyelenggara ragu karena rugi

Ada banyak kejadian ketika fans K-Pop yang tinggal di luar Korea tidak mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara offline sebelum pandemi global terjadi. Untuk beberapa grup, mereka juga menyediakan live streaming melalui VLIVE atau bahkan situs streaming lainnya.

Meski begitu, jika banyak fans yang membagikan streaming link ilegal, mungkin akan membuat pihak penyelenggara acara mempertimbangkan kembali untuk menggelar event online atau tidak di masa depan karena mereka mengalami kerugian. Pada akhirnya, mungkin para fans lah yang akan menanggung akibatnya.

3. Ukuran popularitas grup/artis tidak akurat

Pernahkah kalian melihat situasi di mana ada lebih banyak fans K-Pop menonton melalui link haram dibandingkan melalui link resmi? Nah, jika memikirkannya dalam jangka panjang, penyelenggara event online hanya mengetahui jumlah penonton berdasarkan streaming resmi. Mereka mungkin berasumsi bahwa grup atau artis tersebut mungkin tidak sepopuler yang mereka pikirkan dan bahkan berpikir untuk menahan acara yang akan datang.

Oleh karena itu, terutama untuk grup K-Pop kecil atau yang sedang naik daun, lebih penting lagi untuk menggunakan streaming resmi sehingga agensi mereka memiliki gambaran kasar tentang ukuran fandom mereka dalam perencanaan konten di masa mendatang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)