home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

Senin, 27 September 2021 16:30 by rizaluthfiah | 6162 hits
Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone
Image Source: VOI

DREAMERS.ID - Banyak aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan mental diluncurkan belakangan ini. Melihat tren tersebut, Apple juga telah memberikan pembaruan pada fitur kesehatannya, dengan target terbaru di iPhone.

Sebelumnya, Apple telah mengembangkan banyak fitur kesehatan yang terdapat di Apple Watch. Kini mereka tengah menyiapkan fitur kesehatan mental untuk iPhone.

Melansir laman CNN  Indonesia, peneliti berencana untuk menggunakan sejumlah sensor guna mendapatkan informasi mengenali mobilitas, aktivitas fisik, pola tidur, perilaku mengetik dan semacamnya. Ini digunakan untuk membuat algoritma agar bisa memprediksi kondisi mental yang akuran.

Ada dua proyek yang dilaporkan dilakukan Apple untuk mewujudkan pendeteksi depresi. Untuk yang pertama dengan nama kode 'Seabreeze', Apple bermitra dengan University of California, Los Angeles (UCLA) untuk menangani depresi dan kecemasan.

Sementara proyek 'Pi' membuat Apple bekerja dengan perusahaan farmasi Biogen untuk fokus pada penurunan kognitif. Proyek UCLA ini dilaporkan memantau input dari iPhone dan Apple Watch.

Mereka akan mempertimbangkan semua hal mulai dari pola berjalan, ekspresi wajah, hingga kecepatan mengetik dan data kesehatan tidak berbahaya lainnya. Hal ini diperlukan agar teknologi selanjutnya dapat mendeteksi depresi, kecemasan, dan penurunan kognitif. 

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Semua itu dibandingkan dengan survei yang diajukan subjek tentang emosi dan residu hormonal dalam sampel biologis seperti hormon stres kortisol pada rambut. Proyek Biogen mempertimbangkan metrik kesehatan yang serupa.

Lebih lanjut dikutip dari CNN Indonesia, UCLA melacak 3000 data dari iPhone dan Apple Watch milik relawan untuk mempelajari depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya. Mereka kemudian akan meminta peserta untuk mengisi kuesioner tentang bagaimana perasaan mereka dan mencocokkan data dengan yang mereka dapatkan dari perangkat Apple.

Jika ini berjalan sesuai yang diharapkan, Apple akan menghadirkan fitur iPhone di masa depan yang akan memperingkatkan pengguna tentang kemungkinan menderita kondisi mental, seperti dilansir dari MySmartPrice.

Menurut laporan tersebut, peneliti UCLA juga menganalisis ekspresi wajah, pola suara, dan kelancaran menggunakan kamera pada perangkat. Penelitian ini juga akan memperhitungkan perilaku mengetik yang akan mencakup kecepatan mengetik, jumlah kesalahan ketik dan semacamnya.

Para peneliti akan menggunakan semua informasi tersebut untuk memahami keadaan pikiran pengguna, emosi mereka, tingkat energi, dan banyak lagi. Namun, hal ini dinilai bisa menjadi perhatian utama untuk masalah privasi.

Untuk mengatasi hal itu, Apple bertujuan untuk menyimpan semua data yang disimpan secara lokal di perangkat. Namun, proyek ini masih dalam tahap awal sehingga akan memakan waktu beberapa tahun sebelum hasilnya jelas.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)