home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Koreografer Angkat Bicara Usai Dituding Gunakan Tarian Grup Lain untuk aespa

Rabu, 06 Oktober 2021 15:00 by rizaluthfiah | 905 hits
Koreografer Angkat Bicara Usai Dituding Gunakan Tarian Grup Lain untuk aespa
Dreamers.id

DREAMERS.ID - aespa baru saja resmi comeback dengan merilis album dan lagu Savage. Koreografinya menjadi sorotan penggemar karena dianggap mirip dengan girl group lain, sehingga si pencipta gerakan terkena protes.

Penggemar melihat jika gerakan tari bagian tangan aespa saat memakai outfit serba putih mirip dengan gerakan BLACKPINK 'How You Like That' dan ITZY 'Not Shy'. Fyi, koregrafi tiga lagu tersebut dibuat oleh koreografer terkenal, yaitu Kiel Tutin.

Oleh karena itu, para penggemar menunjukkan ketidak puasan mereka dan mencurigai Kiel Tutin memberikan aespa gerakan "daur ulang" dari gerakan tarian sebelumnya. Fans bahkan meminta Kiel untuk jangan mengulangi hal tersebut.

Tak lama setelahnya, Kiel Tutin angkat bicara terkait kritik gerakan tari aespa Savage melalui Instagram Story-nya. Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak mungkin secara sengaja memasukan gerakan tarian yang sama untuk lagu girl group populer.

Baca juga: aespa Dinobatkan Sebagai Salah Satu 'Next Generation Leaders 2022' oleh Majalah TIME

Bahkan, ia meyakinkan para penggemar untuk menanyakan hal ini langsung kepada para dancer di bawah naungannya. Koreografer Keil Tutin menuliskan penjelasan panjang untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah dalam insiden ini.

Kiel Tutin mengatakan, "Aku benar-benar menggandakan waktuku di studio untuk memastikan bahwa TIDAK ADA (gerakan) yang serupa sama sekali. Aku membuat banyak konsep dan mengubah apa pun yang mungkin. Kalian dapat bertanya kepada penariku (jangan, karena mereka tidak perlu membuang waktu untuk pertanyaan bodoh)."

"Aku menggunakan gerakan ini (dari lagu Savage - aespa) untuk Not Shy, bukan yang lain. Silahkan liat proses koreografi How You Like That di channel YouTube pribadiku. Aku tidak memiliki kontrol atas koreografi final kpop," lanjutnya.

Kemudian ia menutup penjelasan dengan mengatakan, "Tarian punya jumlah gerakan yang terbatas, dan ketika mereka mempekerjakan koreografer yang mencoba memuaskan mesin kpop, ada gerakan yang akan tumpang tindih, cari angle baru, atau jangan peduli."

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE dipastikan tampil di ‘The Late Show with Stephen Colbert’! Ini akan menjadi penampilan pertama mereka secara langsung dengan mengunjungi studio talk show....
  • HOT !
    iKON resmi comeback dengan merilis mini album baru bertajuk FLASHBACK pada 3 Mei secara digital. Kemudian versi fisik dari album tersebut dipasarkan mulai tanggal 10 Mei 2022....
  • HOT !
    Kourtney Kardashian dan Travis Barker resmi sah secara hokum menjadi pasangan suami istri, sekarang mereka dengan bahagia membagikan foto yang mereka ambil setelah mereka menikah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)