home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejarah Mnet Asian Music Awards, Ikon Penghargaan Musik Akhir Tahun

Senin, 06 Desember 2021 14:00 by Rie127 | 826 hits
Sejarah Mnet Asian Music Awards, Ikon Penghargaan Musik Akhir Tahun
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Mnet Asian Music Awards atau biasa yang disebut dengan MAMA merupakan acara penghargaan musik di Korea Selatan yang disiarkan untuk pertama kalinya pada 27 November 1999 di Little Angels Arts Center, dan kemudian rutin diadakan setiap tahun.

Acara ini juga telah dihadiri oleh grup K-Pop legendaris seperti, TVXQ, SeeYa, Super Junior, Jam, Big Bang, Girls’ Generation, T-ara, 2NE1, Wonder Girls, 2PM, CSJH The Grace, Miss A, hingga Busker Busker.

MAMA juga disiarkan secara langsung di tiga belas negara di wilayah Asia, seperti Korea, Jepang, Tiongkok, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Amerika, Norwegia, Australia, bahkan Indonesia melalui channel tertentu di setiap negara.

Awalnya, penghargaan tersebut bernama Mnet Video Music Awards, kemudian pada tahun 2000 melakukan pergantian nama menjadi Mnet Music Video Festival hingga pada tahun 2003. Di tahun 2004-2005 berganti nama menjadi KM Music Video Festival, yang berubah lagi di tahun 2006-2008 menjadi Mnet KM Music Festival.

Baca juga: Congrats! Ini Daftar Artis yang Raih Penghargaan di MAMA 2021

Hingga pada akhirnya ditetapkan dengan nama Mnet Asian Music Awards pada tahun 2009 hingga sekarang. Selama 10 tahun pertama, MAMA selalu dilaksanakan di Korea Selatan. Kemudian pada 2010, MAMA beranjak ke luar Korea, tepatnya di Macau, dan juga Singapura pada tahun 2011.

Di tahun 2012-2016, Hongkong ditunjuk sebagai rumah kedua MAMA. Pada tahun 2017 MAMA untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara di tiga negara sekaligus, yaitu Vietnam, Jepang, dan Hong Kong dan selama empat hari.

Salah satu momen yang paling tidak dapat dilupakan dalam sejarah K-Pop khususnya di MAMA adalah di mana G-Dragon melakukan sindiran secara langsung pada saat MAMA 2014 di Hongkong. Saat tampil, member BIGBANG tersebut menyindir MAMA karena dianggap memberikan penghargaan untuk kepentingan pihak tertentu.

MAMA juga menuai berbagai kontroversi sepanjang penayangannya. Meski sempat diragukan, namun MAMA tetap menjadi ikon acara penghargaan musik akhir tahun yang tidak bisa dilewatkan. Bahkan, beberapa musisi Indonesia juga pernah membawa pulang pialanya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Hyun Bin menghadiri sesi jumpa pers film 'Confidential Assignment 2: International' pada Rabu (17/8). Ia memperlihatkan reaksi yang manis ketika disinggung seputar pernikahan dan kehamilan pertama sang istri, Son Ye Jin....
  • HOT !
    Kabar bahagia datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun, aktris Park Han Byul melahirkan anak keduanya. ...
  • HOT !
    Marshanda akan kembali ke layar lebar lewat film komedi romantis berjudul 'Gendut Siapa Takut?!' karya sutradara Pritagita Arianegara dan diproduseri oleh Rajesh Kewalram Jagtiani....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : pawpetclinic
Cast : vaksin anjing mulyosari

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)