home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Racket Boys 'Sindir' Indonesia, Inilah 10 Drama Korea Kontroversial Tahun 2021

Sabtu, 25 Desember 2021 14:00 by bellaevania | 1443 hits
Racket Boys 'Sindir' Indonesia, Inilah 10 Drama Korea Kontroversial Tahun 2021
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sepanjang 2021, begitu banyak drama Korea baru yang dirilis. Ada yang mendapat respon positif, begitu pun sebaliknya. Beberapa drama juga dikritik karena plot cerita hingga pemainnya. Berikut 6 drama Korea yang tersandung kontroversi:

1. River Where The Moon Rises

Aktor Ji Soo yang merupakan pemeran utama dalam drama sageuk KBS River Where The Moon Rises tersandung kontroversi bullying semasa sekolah dan pelecehan seksual. Hal ini berdampak pada drama yang akhirnya melakukan syuting ulang dari episode pertama dengan aktor baru yang menggantikan Ji Soo yakni Na In Woo.

2. Joseon Exorcist

Drama SBS Joseon Exorcist tersandung kontroversi karena distorsi sejarah dan budaya China yang menyebabkan drama ini dihentikan setelah penyangan dua episode saja.

Padahal para pemain diketahui telah melakukan syuting hingga 14 episode. Drama ini juga mengalami kerugian produksi yang dilaporkan sebesar 32 miliar won (sekitar Rp 407,8 miliar).

3. Mr Queen

Drama tvN Mr. Queen merupakan drama komedi fantasi sejarah tentang seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh seorang ratu dari dinasti Joseon.

Mr. Queen diadaptasi dari web drama Tiongkok berjudul 'Go Princess Go', yang diangkat dari sebuah novel seorang penulis yang telah membuat komentar negatif tentang Korea dalam karya lain.

Drama ini dinilai berlebihan dan menodai sejarah Korea karena situasi komedi dalam drama yang melewati batas karena karakternya didasarkan pada tokoh sungguhan. Ada pula potongan dialog yang dinilai merendahkan Catatan Sejarah Dinasti Joseon, yang masuk dalam daftar Memori Dunia UNESCO.

4. Young Lady and Gentleman

Setting karakter drama KBS2 Young Lady and Gentleman sempat diprotes netizen Korea. Drama ini menceritakan percintaan wanita usia 20-an dengan seorang ayah tunggal di usia 40 tahun.

Ketika plot diumumkan, drama ini dikritisi karena mewajarkan hubungan dengan perbedaan usia yang sangat jauh. Dibalik kontroversinya, drama dengan 50 episode ini tetap meraih rating tinggi yang selalu mencapai dua digit.

5. Snowdrop

Sejak plot drama diumumkan, drama JTBC Snowdrop telah mengundang kontroversi karena dinilai berpotensi distorsi sejarah. Nama karakter yang diperankan Jisoo BLACKPINK pun telah diganti untuk menghindari hal yang tak di inginkan.

Namun setelah tayang, isu distorsi sejarah kembali terangkat dan dramanya didesak agar segera berhenti ditayangkan.

6. Dear M

Dear M yang merupakan spin-off dari web drama Love Playlist seharusnya dijadwalkan tayang di KBS pada awal tahun ini. Namun lantaran adanya skandal bullying yang menimpa Park Hye Soo, aktris utama, sehingga drama ini belum jelas nasibnya hingga sekarang. Sekaligus membatalkan debut akting Jaehyun NCT.

7. Hometown

Seminggu setelah ditayangkan, drama Hometown menghapus penulis Cho Hyun Hoon dari kredit resminya. Rupanya, dia telah menggunakan nama pena Joo Jin. Ia diketahui merupakan sutradara yang pernah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang sutradara wanita pada tahun 2013.

Cho Hyun Hoon mengakui hal ini pada tahun 2018 dan dia meminta maaf atas perilaku buruknya. Akibatnya, rating Hometown langsung anjlok dari yang semula bagus di episode awal.

8. Vincenzo

Vincenzo adalah drama yang banyak diperbincangkan tahun ini karena menghibur dan tetap menyajikan adegan aksi yang seru. Tetapi, drama Song Joong Ki ini sempat menuai kontroversi lantaran penempatan iklan makanan khas Korea produksi merek asal Tiongkok.

9. Penthouse 3

Musim ketiga drama The Penthouse menuai kontroversi selama dua kali. Pertama, karakter Alex yang berpenampilan rambut gimbal, tato wajah, gigi emas, dan berbicata dengan aksen Afrika-Amerika dituduh melakukan perampasan budaya dan rasis.

Isu kedua saat Penthouse 3 menampilkan klip berita dari gempa bumi Pohang 2017 serta kecelakaan gedung Gwangju tahun 2021. SBS mengaku menggunakan video yang tidak pantas dan mereka meminta maaf kepada para korban dan anggota keluarga dari bencana tersebut. Mereka juga menghapus adegan tersebut dari siaran ulangnya.

10. Racket Boys

Meski dipuji karena keseruan dan keunikan ceritanya yang mengangkat kisah atlit bulu tangkis, drama Racket Boys tidak luput dari kontroversi. Terdapat adegan di mana tim Korea Selatan diceritakan bertandang ke Indonesia. Dan para karakter mengeluh atas fasilitas yang diberikan. Hal itu memicu amarah netizen tanah air hingga SBS meminta maaf.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Dua agensi Korea Selatan SM Entertainment dan Mystic Story saat ini telah mengambil tindakan lebih lanjut dengan memberikan klarifikasi mengenai rumor pernikahan yang melibatkan Kangta dan Jung Yu Mi....
  • HOT !
    Kim Himchan atau yang dikenal sebagai Himchan dari mantan boy group B.A.P, kembali dalam penyelidikan polisi atas dugaan pelecehan seksual. Saat ini, Himchan masih dalam kasus untuk tuduhan yang sama yang diajukan pada Juli 2018....
  • HOT !
    Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan. Aktor senior Lee Eol yang telah membintangi banyak drama dan film populer dinyatakan meninggal dunia akibat kanker....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)