home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersinar Selama 2021, 5 Penulis Lagu dan Produser K-Pop Ini Dinantikan Karyanya Tahun 2022

Senin, 03 Januari 2022 15:00 by fzhchyn | 425 hits
Bersinar Selama 2021, 5 Penulis Lagu dan Produser K-Pop Ini Dinantikan Karyanya Tahun 2022
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Di balik setiap aksi K-pop yang sukses ada tim kreatif yang membantu menyusun lagu-lagu hit mereka. Meskipun semakin banyak idola K-pop yang terlibat dalam pembuatan musik mereka sendiri, ada beberapa kontributor yang karyanya tidak dapat diabaikan begitu saja.

Untuk merayakan bakat luar biasa dalam industri musik Korea dan menutup tahun 2021, GRAMMY.com menyoroti lima penulis lagu dan produser K-pop yang membuat jejak mereka di seluruh dunia tahun ini, dan dinantikan karya-karyanya di tahun 2022.

1. Sumin

Memproduksi terlalu sering didominasi oleh pria, tetapi Sumin adalah seorang wanita yang melakukan pekerjaan luar biasa ini. Fleksibilitas Sumin telah membuatnya dengan ahli bergerak baik di dunia musik underground maupun populer di Korea.

Selain musiknya sendiri, di mana ia merilis sebuah mini album ‘XX’ pada tahun 2020, sang komposer telah menghiasi pujian dari beragam artis Korea selama bertahun-tahun.

Beberapa lagu paling populer yang dia bantu menulis termasuk BTS ‘Lie’, Red Velvet ‘Look’ dan ‘Eyes Locked, Hands Locked’, serta Woodz ‘Pool’. Credit terbarunya termasuk IU ‘Epilog’ dan Chungha ‘Bother Me’.

2. Teddy

Penggemar artis YG Entertainment pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Teddy Park. Produser utama di agensi tersebut dikreditkan untuk lagu debut solo member BLACKPINK Rosé ‘On the Ground’ dan ‘Gone’, dan dia juga memiliki hubungan kerja yang erat dengan grup.

Teddy juga dikreditkan pada hit besar, seperti BLACKPINK ‘Ice Cream’ yang menampilkan Selena Gomez serta kolaborasi grup dengan Lady Gaga, ‘Sour Candy’. Dia juga menghasilkan sebagian besar lagu di album 2020 BLACKPINK ‘THE ALBUM’, dan lagu hit 2018 ‘Ddu-Du Ddu-Du’.

Selain BLACKPINK, Teddy bekerja dengan artis K-pop besar lainnya dan telah membantu menulis dan menyusun lagu-lagu hit seperti BIGBANG ‘Fxxk It’ dan ‘BANG BANG BANG’, PSY ‘Daddy’ ft CL, serta Sunmi ‘Gashina’, selain mengerjakan sebagian besar diskografi 2NE1.

3. Adora

Adora atau Park Soohyun, telah lama menjadi perhatian penggemar BTS, ARMY. Vokal malaikatnya menghiasi banyak lagu BTS, termasuk ‘Trivia: Seesaw’, ‘The Truth Untold’, ‘Serendipity’, dan ‘Euphoria’, yang juga dia bantu tulis.

Sebagai satu-satunya wanita di tim produksi pada saat itu, kehadiran Adora di trek memberikan lapisan dan perspektif ekstra yang membantu melengkapi mereka. Kontribusinya pada diskografi BTS sangat luas. Dia menulis lirik untuk favorit penggemar seperti ‘Spring Day’, ‘Love Maze’, dan V ‘Sweet Night’.

Sebelum meninggalkan Big Hit dan debut solo, Adora bekerja bersama J-Hope di ‘Blue Side’, bernyanyi di ‘Telepathy’, dan berkontribusi secara vokal dan lirik untuk album TXT ‘minisode1: Blue Hour’.

Baca juga: Suga Bicara Soal Proses Musikalitas BTS dalam Video 'Proof of Inspiration'

Karya menonjol lainnya termasuk GFRIEND ‘Labyrinth’ serta produksi proyek solo dari member BTS, seperti RM ‘forever rain’ dan J-Hope ‘Daydream’

4. RM

Selain dikenal sebagai leader BTS, RM memiliki bakat yang melampaui batas. Karya penulisan lagu dan produksinya layak mendapatkan pengakuan yang sama besarnya dengan kemampuan kepemimpinan dan keterampilan rapnya.

Dia dikreditkan sebagai penulis lagu dan komposer pada hit grup yang dinominasikan GRAMMY ‘Butter’ di samping sebagian besar dari keseluruhan diskografi mereka, termasuk ‘Map of the Soul:7’, ‘BE’, ‘Map of the Soul: Persona’, rangkaian album ‘Love Yourself’, mixtape solonya ‘mono.’, dan banyak lagi.

Daftarnya terus bertambah, dan akar hip-hopnya telah membawanya ke kolaborasi solo dengan artis seperti Wale untuk lagu 2017 ‘Change’. RM juga menulis syair ikoniknya di lagu ‘Old Town Road (Seoul Town Road Remix)’ dengan Lil Nas X dan menulis lagu utama TXT ‘0X1=LOVESONG’

Penulisan lirik RM dengan khas menggabungkan permainan kata yang luar biasa dan penguasaan berbagai bahasa yang cekatan, yang memberinya keunggulan unik dan yang dapat didengar pada baris rap terkenalnya di ‘Ddaeng’, ‘Tear’, dan ‘UGH!’.

5. Suga

Suga awalnya bergabung dengan Big Hit sebagai produser. Sebagian besar karyanya di luar BTS terutama dengan artis wanita. Dari menulis bersama dan memproduksi ‘Eight’ milik IU, ‘We Don't Talk Together’ karya Heize, dan ‘Wine’ milik Suran.

Suga sangat bersemangat untuk menciptakan musik yang bermakna dengan artis yang dia hormati. Bersama artis-artis Amerika, ia menulis liriknya di ‘Blueberry Eyes’ milik MAX dan ‘SUGA's Interlude’ di album 2020 Halsey, ‘Manic’.

Terbaru, ia berkolaborasi dengan penyanyi Jepang OMI dan menjadi featuring di lagu mendiang Juice WRLD 'Girl of My Dreams'.

Gaya Suga memiliki pesona introspektif yang mencerminkan kepribadiannya sendiri dengan baik. Dia dikreditkan karena ikut memproduksi lagu-lagu BTS sebelumnya seperti ‘Tomorrow’ dan ‘Let Me Know’, tetapi sejak itu terus bekerja lebih banyak karena suara mereka terus berkembang.

Proyek solonya sendiri, yang dirilis dengan alias Agust D pada musim panas 2020, memberikan pandangan penuh tentang gaya rap diss-track-nya yang keras dan dipadukan dengan lagu-lagu yang lebih mencerminkan diri sendiri.

Di saat member BTS masing-masing memiliki keterlibatan dalam proses pembuatan musik di balik layar, Suga sendiri memiliki lebih dari 100 kredit dalam Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.

Bersama dengan J-Hope, Suga menjadi penulis lirik dan komposer Korea pertama yang mengambil bagian dalam lagu No. 1 di chart Billboard Hot 100 dengan ‘Savage Love (BTS Remix)’.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada 27 Mei, aktris Lee Yoo Mi dikabarkan akan membintangi sekuel drama ‘Strong Woman Do Bong Soon’, yang akan berganti nama menjadi ‘Strong Woman Kang Nam Soon’. Di hari yang sama, dipastikan bahwa Lee Yoo Mi, Ong Seong Wu, Byun Woo Seok, Kim Hae Sook, dan Kim Jung Eun akan membintangi drama tersebut....
  • HOT !
    Ahn Bo Hyun telah memberikan sumbangan yang berarti untuk membantu para wanita dan gadis remaja yang membutuhkan. Donsinya ini diberikan untuk menghormati Menstrual Hygiene Day atau Hari Kebersihan Menstruasi....
  • HOT !
    aespa dan Jung Ho Yeon berhasil masuk dalam daftar ‘30 Under 30 Asia’ Forbes untuk tahun 2022! Setiap tahunnya, majalah tersebut memilih 30 pemimpin, inovator, dan pengusaha muda Asia untuk merayakannya dalam 10 kategori berbeda, salah satunya adalah Hiburan & Olahraga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)