home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Girl Group K-Pop Tunjukkan Popularitas Global di Tahun 2022

Senin, 10 Oktober 2022 11:40 by fzhchyn | 620 hits
Girl Group K-Pop Tunjukkan Popularitas Global di Tahun 2022
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Daftar negara dengan penikmat musik girl group K-Pop semakin beragam seiring dengan popularitas mereka secara global. Menurut Circle Chart (sebelumnya Gaon Chart), Korea hanya menyumbang 3,7% dari views YouTube BLACKPINK di tahun 2022.

India memiliki pangsa terbesar dengan 10,0%, diikuti oleh Thailand dengan 8,4%, Indonesia dengan 6,9%, Filipina dengan 5,8%, Meksiko dengan 5,5%, dan Vietnam dengan 5,1%. Sementara Brasil 4,5% dan AS 4,1%.

Berdasarkan gambar di atas, views YouTube BLACKPINK di Korea adalah 4,4% pada 2019, tetapi turun 0,7% dalam tiga tahun. Namun hal ini dapat diartikan sebagai perluasan fandom secara global.

Peneliti Circle Chart Kim Jin Woo mengatakan, "Pada 2019, 30,8% pemirsa berasal dari Indonesia dan Thailand, menunjukkan agak bias di negara tertentu," dan menambahkan, "Tetapi pangsa gabungan menurun menjadi hampir setengahnya, 15,3%, tahun ini."

Baca juga: Jungkook BTS Raih Double Million Seller dengan 'GOLDEN'

Thailand adalah negara asal anggota Lisa, dan di sanalah mereka mendapatkan popularitas di tahap awal. Namun seiring dengan meluasnya fandom ke seluruh dunia, BLACKPINK berhasil dicintai oleh berbagai negara selain “kota kelahiran” seperti Korea dan Thailand.

Fenomena serupa juga terlihat pada girl group populer lainnya. Ketika peneliti Kim melihat views  YouTube dari girl group besar di Korea, IVE 24,6%, NewJeans 36,9%, LE SSERAFIM 7,8%, aespa 21,2%, dan TWICE 6,2%.

Dapat dilihat bahwa IVE, NewJeans, dan LE SSERAFIM, grup pendatang baru yang memulai debutnya kurang dari setahun yang lalu dan memiliki aktivitas luar negeri yang relatif sedikit, telah menarik perhatian global.

TWICE di tahun ketujuh debutnya menunjukkan globalisasi fandom yang lebih besar menurut tahun debut mereka, di mana views YouTube mencapai 93,8%. Secara khusus, karena semakin populer di Jepang dengan proporsi penayangan di negara tersebut mencapai 21,8%.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Mantan anggota EXO, Tao, dan Xu Yiyang yang merupakan mantan trainee SM Entertainment telah resmi menikah....
  • HOT !
    Mantan CEO ADOR Min Hee Jin telah mengajukan aduan terhadap wartawan dari Dispatch serta mantan CEO HYBE Park Ji Won dan Chief Public Relation Officer (CPO) Park Tae Hee....
  • HOT !
    Bertepatan dengan ulang tahun debut grup ketiga, Starship Entertainment secara resmi mengumumkan pada Minggu (1/12) bahwa IVE sedang bersiap untuk melakukan comeback pada bulan Januari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)