home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menilik Faktor Kesuksesan Jungkook BTS dengan 'GOLDEN', Disebut King of Pop Baru

Kamis, 16 November 2023 13:00 by fzhchyn | 274 hits
Menilik Faktor Kesuksesan Jungkook BTS dengan 'GOLDEN', Disebut King of Pop Baru
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jungkook menciptakan "Jungkook Syndrome" di pasar musik pop global dengan lagu-lagu yang termasuk dalam album solonya 'GOLDEN'. Sejak perilisannya pada 3 November lalu, baik album maupun lagu-lagu di dalamnya telah menetapkan dan memecahkan rekor baru di berbagai chart musik gloal.

Lagu utama 'Standing Next to You' memasuki peringkat ke-5 di chart Billboard Hot 100 serta No. 1 di chart Global 200 dan Global Excl. U.S. minggu ini. Di chart Daily Top Song Global Spotify di chart, lagu tersebut menempati posisi No. 3, sementara tujuh lagu lain di album barunya, termasuk 'Hate You', 'Yes or No', dan 'Please Don't Change (feat. DJ Snake)', juga berhasil masuk chart.

Artinya bahwa pasar musik mainstream global bereaksi terhadap album baru itu sendiri. 'GOLDEN' menempati peringkat kedua di chart album utama Billboard 200 dan memasuki posisi ketiga di chart UK Official.

Pakar musik mengutip fakta bahwa Jungkook mengisi seluruh album dalam bahasa Inggris sebagai alasan pertama ia mampu menembus pasar musik AS. Faktanya, Jungkook mengatakan dalam sebuah wawancara, "Saat kami bersiap untuk pasar musik luar negeri, kami menyertakan semua lagu berbahasa Inggris di album ini."

Kesuksesan 'GOLDEN' juga merupakan komposisi seperti "Pop Music Department Store". Album ini diisi dengan 11 track dengan beragam genre, antara lain UK Garage, Afropop, pop akustik, dan electronic dance. Dengan kata lain, tidak ada hambatan genre dalam album ini.

USA Today mengatakan, "Jungkook berhasil melebur berbagai genre seperti R&B, EDM, disco funk, dan pop ballad menjadi 'GOLDEN'."

Baca juga: Film Dokumenter Jungkook BTS 'I AM STILL' Menjadi Sinema Musik Terlaris Tahun 2024

"Dia tahu cara menggunakan suaranya, 'instrumen' terhebat, " kata media musik Amerika Consequence of Sound, memuji bakatnya dalam memanfaatkan karakteristik setiap genre dengan sempurna.

Jungkook merekam empat hingga lima lagu di 'GOLDEN' dalam seminggu. Hal ini dimungkinkan karena interpretasi lagu yang sempurna, kontrol suara yang sesuai genre, dan fleksibilitas untuk mencerminkan umpan balik langsung. Kru produksi berkata, "Bakat alami Jungkook dan kecenderungan perfeksionis telah meningkatkan kelengkapan 'GOLDEN'."

Musik berkualitas tinggi dan trendi mendekati pendengar dengan selera yang beragam tanpa adanya perbedaan, dan lagu lagu-lagu di 'GOLDEN' diputar sebanyak 39.653.740 kali pada hari perilisannya di Spotify, mencetak rekor streaming baru pada hari peluncurannya untuk artis solo Korea.

NME mengatakan, "Ada 'King of Pop' setiap 10 tahun, namun belum ada bintang solo pria besar di tahun 2020-an. Jungkook membuktikan dirinya lebih dari mampu melakukan tugas tersebut dengan 'GOLDEN'."

Tahun 2020-an akhirnya menemukan 'King of Pop' dan 'GOLDEN' akan lebih dari sekedar menjamin dia naik takhta, katanya, memperkenalkan Jungkook sebagai 'King of Pop' baru yang merujuk pada Justin Timberlake, yang mendominasi tahun 2000an, dan Justin Bieber, yang mewakili tahun 2010an.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain memukau penggemar dengan aksi panggung saat membawakan lagu upbeat, ZEROBASEONE juga memanjakan dengan suara merdu mereka ketika memberikan lagu kejutan untuk ZEROSE Indonesia....
  • HOT !
    Kim Wooseok dan Kang Na Eon telah mengkonfirmasi hubungan asmara mereka! Kedua bintang muda ini terlibat cinta lokasi saat syuting 'Social Savvy Class 101'....
  • HOT !
    Choi Minhwan langsung menghentikan semua kegiatannya dari dunia hiburan, termasuk FTISLAND dan program televisi KBS2 The Return of Superman....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Chanyeol Park, OC, Byun Baekhyun, EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)