home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

NewJeans Bantah Tuduhan Plagiarisme, Rilis Hasil Analisa Ahli Musik Luar Negeri

Selasa, 23 Juli 2024 13:30 by muthiasp | 189 hits
NewJeans Bantah Tuduhan Plagiarisme, Rilis Hasil Analisa Ahli Musik Luar Negeri
Image source: ADOR

DREAMERS.ID - ADOR kembali membantah tuduhan plagiarisme terhadap lagu Bubble Gum milik NewJeans, dengan menyertakan kronologi dan hasil analisa dua ahli musik dari luar negeri.

Melalui rilis resminya pada Selasa (23/7), ADOR membeberkan fakta seputar klaim plagiarisme di Bubble Gum, sebagai berikut:

1. Video musik untuk Bubble Gum dirilis pada tanggal 26 April. Pada tanggal 20 Mei, ADOR menerima, melalui HYBE, email yang mengklaim ada kesamaan antara video tersebut dan lagu dari band Shakatak, yang dikelola oleh penerbit musik Inggris Wise Music Group, yang selanjutnya diwakili oleh Edition Korea yang mengirimkan email tersebut.

2. Pada tanggal 21 Mei, penulis lagu yang menulis musik untuk Bubble Gum menjawab bahwa mereka belum pernah mendengar lagu Easier Said Than Done sebelum keluhan diajukan, dan oleh karena itu mereka tidak dapat menggunakan musik Shakatak tanpa izin.

3. Mengingat fakta bahwa masalah ini diangkat oleh media pada tanggal 13 Mei, yang bertepatan dengan perselisihan kami yang sedang berlangsung dengan HYBE, dan oleh karena itu mengantisipasi potensi munculnya wacana yang kacau, ADOR terlebih dahulu menugaskan analisis profesional dari dua ahli musik terkenal dari luar negeri.

4. Selanjutnya, pada tanggal 17 Juni, ADOR menerima pemberitahuan melalui surat resmi dari perwakilan hukum Shakatak di Korea, dan ADOR memberikan tanggapan resmi pada tanggal 21 Juni, dengan mengatakan, "Kami tidak menggunakan komposisinya tanpa izin, dan meminta agar mereka memberikan laporan yang kredibel yang membuktikan adanya penggunaan yang tidak sah."

ADOR kemudian memberikan hasil analisa musik Bubble Gum dan Easier Said Than Done, di mana terdapat berbeda dalam progresi akordnya (yang pertama adalah D Major9 x2 - C# minor7 - F# minor7), bpmnya, serta suasana dan pergerakannya secara keseluruhan.

Baca juga: Member NewJeans Buka Suara Setelah Pemecatan Min Hee Jin

"Menariknya, klaim penggunaan tanpa izin berbeda dari kebenaran karena klaim tersebut menyangkut sesuatu yang sederhana seperti melodi yang terdengar mirip," bunyi pernyataan ADOR.

"Namun, sulit juga untuk mengatakan bahwa melodi khusus ini unik untuk Easier Said Than Done karena melodi ini umum digunakan dalam lagu-lagu pop dari semua subgenre sebelum Easier Said Than Done, dan melodi yang masih umum digunakan hingga saat ini," jelas mereka.

ADOR dengan tegas menolak klaim yang dituduhkan dan meminta penggugat memberikan analisis yang kredibel jika mereka ingin melanjutkan permasalahan ini.

"Ketika kecurigaan adanya plagiarisme dalam sebuah lagu muncul—yaitu, ketika mungkin ada kesamaan antara dua lagu—adalah prosedur yang sangat umum dan diharapkan untuk memberikan atau meminta laporan semacam itu," kata ADOR.

ADOR menyatakan bahwa tidak ada yang disembunyikan, dan menambahkan, "Maka lebih masuk akal jika kami melakukan proses klarifikasi secara terbuka dibandingkan mencoba menutup-nutupi atau menyembunyikan semuanya dengan penyelesaian."

"Ini adalah prosedur formal untuk menanggapi tuduhan tersebut. Meskipun ini jelas merupakan proses yang diharapkan, sulit untuk memahami mengapa ADOR menghadapi penolakan di setiap kesempatan."

 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tzuyu TWICE resmi debut solo dengan merilis mini album pertama abouTZU pada Jumat, 6 September 2024....
  • HOT !
    Perilisan album solo perdana Tzuyu TWICE, 'abouTZU', dirayakan dengan konferensi pers yang diadakan pada 5 September. Album tersebut akan resmi dirilis pada 6 September pukul 13:00 KST....
  • HOT !
    Heo Young Ji KARA resmi mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan DSP Media. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh agensi pada Kamis (5/9)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)