home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KOMCA Kecam Mnet karena Tidak Membayar Royalti Musik Sejak 2018

Selasa, 27 Agustus 2024 12:00 by fzhchyn | 245 hits
KOMCA Kecam Mnet karena Tidak Membayar Royalti Musik Sejak 2018
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Korea Music Copyright Association (KOMCA), organisasi pengelola hak cipta musik terbesar di Korea, mengecam keras saluran siaran musik Mnet, yang dioperasikan oleh CJ ENM, karena tidak membayar hak cipta musik yang telah berlangsung selama beberapa tahun.

KOMCA menyatakan, "Mnet, saluran siaran musik domestik terkemuka yang menayangkan berbagai konten musik, dengan sengaja terus tidak membayar biaya hak cipta dengan bersikeras membayar biaya hak cipta secara sepihak dan sewenang-wenang tanpa menandatangani kontrak resmi dengan asosiasi terkait penggunaan musik, dan tidak hanya tidak menyerahkan rincian penggunaan musik yang wajib diserahkan untuk penyelesaian biaya penggunaan musik menurut Pasal 107 Undang-Undang Hak Cipta."

Menurut KOMCA, Mnet belum membayar royalti hak cipta musik sebesar puluhan miliar won sejak 2018, dan akibatnya, kerugian bagi kreator musik yang mencari nafkah dari royalti hak cipta musik terus menumpuk.

Selain itu, terkait riwayat penggunaan musik yang tidak diserahkan selama bertahun-tahun, Mnet tidak mematuhinya, dengan alasan bahwa lingkungan untuk membuat riwayat penggunaan musik belum disiapkan.

CJ ENM, yang mengoperasikan Mnet, telah membangun citra sebagai pemimpin dalam musik dan budaya Korea melalui K-CON, yang telah diselenggarakannya sejak 2012. Seorang pejabat dari KOMCA menunjukkan standar ganda CJ ENM dengan tidak membayar royalti atas musik yang digunakan di Mnet sambil juga menghasilkan keuntungan ekonomi melalui K-CON.

Dia mengatakan, "CJ ENM mempromosikan K-CON sebagai festival budaya Hallyu terbesar di dunia untuk meningkatkan citra mereknya, tetapi tidak membayar biaya hak cipta musik dengan benar. Perilaku yang bertentangan dan tindakan ilegal semacam ini tidak akan pernah bisa ditoleransi."

Lebih lanjut, disebutkan, "Tindakan CJ ENM kemungkinan akan meluas melampaui masalah satu perusahaan dan berkembang menjadi masalah serius yang dapat berdampak negatif pada seluruh industri musik Korea.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kualifikasi CJ ENM sebagai perusahaan platform budaya, dan perlu untuk membahas tidak hanya tanggung jawab hukum mereka, tetapi juga tanggung jawab etika mereka."

KOMCA mengatakan, "CJ ENM harus menyerahkan catatan penggunaan musik sesegera mungkin, menandatangani kontrak penggunaan hak cipta musik yang sah, dan membayar biaya penggunaan yang wajar. Ini adalah tindakan minimum untuk melindungi hak-hak pemegang hak cipta, dan ini adalah kewajiban yang jelas yang tidak dapat ditunda lagi."

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    SBS mengumumkan Park Hyung Sik dan aktor senior Heo Joon Ho sebagai pemain utama drama baru Treasure Island (judul literal). Drama ini telah mulai syuting dan akan tayang perdana pada tahun 2025....
  • HOT !
    Promotor Virgo Entertainment merilis daftar harga tiket dan benefit konser 2024 10CM Asia Tour < 10CM Closer to You > in Jakarta yang akan digelar pada 30 November 2024 di Balai Sarbini....
  • HOT !
    Dalam siaran langsung di YouTube pada Rabu (11/9) malam, anggota girl grup NewJeans mengklaim bahwa HYBE telah memperlakukan mereka dengan buruk "dengan cara yang tidak nyaman dan menakutkan yang tidak masuk akal"....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Chanyeol Park, OC, Byun Baekhyun, EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)