home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Butuh Persiapan Matang, Berapa Biaya Fantastis yang Dihabiskan Para Trainee Idola K-Pop?

Jumat, 05 Agustus 2016 13:33 by muthiasp | 6805 hits
Butuh Persiapan Matang, Berapa Biaya Fantastis yang Dihabiskan Para Trainee Idola K-Pop?
Image source: Dream Conce

DREAMERS.ID - Sebelum idola K-Pop debut menjadi seperti sekarang, mereka terlebih dahulu melalui proses pelatihan. Sejak masih trainee, seluruh biaya yang mereka butuhkan dibayar oleh agensi. Pernah menebak berapa banyak dana yang dihabiskan agensi untuk mereka?

Menurut ahli industri hiburan Korea, sebanyak 300 grup siap debut setiap tahunnya. Dari jumlah sebanyak itu, hanya 50 grup yang bisa debut. Sayangnya, hanya 1-2 grup saja yang bisa populer dan menarik banyak penggemar.

Dana dengan jumlah paling banyak dihabiskan saat para member masih menjalani pelatihan. Coba bayangkan, walau ia tidak melakukan hal apapun, per trainee bisa menghabiskan dana 30 juta won (354 juta rupiah lebih) per bulan. Uang tersebut digunakan untuk membayar tempat tinggal, makan, pengajaran, dan lain-lain.

Baca juga: Han Seungyeon KARA Cerita Diet Ekstrim Demi Tampil, Minum Pun Tidak Boleh

Untuk agensi besar seperti SM, YG, dan JYP, jumlah traineenya bisa sekitar 20-30 orang. Waktu pelatihan yang rata-rata 6 bulan sampai 1 tahun pun membutuhkan biaya tidak sedikit. Maka itu, sejak masih trainee mereka sudah dikontrak, jika masa kontrak habis maka ada dua pilihan, perpanjang atau keluar.

Untuk itu, tidak sedikit agensi kecil yang akhirnya tutup tidak memiliki investor tetap. Menurut para ahli, ada dua cara agar grup yang baru debut sukses, yakni debut dibawa 3 agensi besar (SM, YG, JYP) atau melalui program televisi, seperti ‘Produce 101’.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Mantan pacar Jung Joon Young, yang mengklaim bahwa dirinya secara ilegal direkam oleh Jung Joon Young telah menulis petisi ke Blue House. 'A' telah mengajukan laporan ke polisi pada September 2016 lalu karena Jung Joon Young merekamnya tanpa izin saat berhubungan seks....
  • HOT !
    Tidak semua group K Pop memiliki member asal Korea Selatan, sejak dahulu banyak member yang berasal dari luar Korea dan berhasil debut sebagai idol K Pop, seperti Tiongkok, Jepang, hingga Thailand....
  • HOT !
    SM Entertainment mengonfirmasi bahwa seorang karyawan yang bertanggung jawab atas artists and repertoire (A&R) dihukum karena memasukkan lirik istrinya ke dalam lagu lagu artis di agensi tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AnnaMarianaaa
Cast : Mariana dan Kwon Ji-yong (G-DRAGON)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)