DREAMERS.ID - Boy group BTS secara resmi mengubah logo mereka pada 5 Juli 2017 lewat sebuah video motion graphic. Sejak debut 2013, grup asuhan Big Hit Entertainment ini memiliki logo ikonik bergambar rompi anti-peluru atau bulletproof yang selaras dengan arti nama grup mereka.
BTS merupakan akronim dari Bangtan Sonyeondan, yang merupakan pelafalan dari nama mereka dalam bahasa Korea, 방탄소년단. Jika diterjemahkan, Bangtan Sonyeondan memiliki arti Bulletproof Boy Scouts karena itulah grup ini juga dikenal dengan nama Bangtan Boys.
Dengan bergantinya logo, grup pelantun ‘Spring Day’ ini juga mengungkapkan jika kepanjangan ‘BTS’ kini berubah menjadi ‘Beyond The Scene’. Namun di Korea mereka tetap dipanggil 방탄소년단 (Bangtan Sonyeondan).
Baca juga: BTS 'Dynamite' Menjadi Lagu Grup K-Pop Pertama yang Mencapai 2 Miliar Streaming di Spotify
Dilansir dari Osen, arti dari brand baru ini memiliki konsep yang menyatukan masa lalu dan masa depan. Sejak debut, BTS yang diartikan sebagai Bangtan Sonyeondan telah mengekspresikan imej ‘pemuda yang menghalangi penindasan dan prasangka pada remaja'.Dan setelah berganti menjadi Beyond The Scene, maknanya kini menjadi lebih berarti, yaitu ‘pemuda yang tidak puas dengan keadaan mereka saat ini dan terus maju untuk tumbuh berkembang serta berusaha menuju impian mereka tanpa henti’. Untuk memproyeksikan momen masa muda ini divisualisasikan dengan para member yang membuka pintu, dan ARMY ada di sana untuk bertemu mereka.
Dalam pernyataannya, Big Hit Entertainment mengatakan jika Brand Identity (BI) baru ini merupakan hasil dari proses yang panjang, mulai dari perencanaan oleh perusahaan konsultan desain papan atas di Korea dengan staf Big Hit dan member BTS, hingga penelitian dan wawancara grup yang membutuhkan waktu hampir satu tahun.
(fzh)